11 Free Plugin Photoshop untuk Desain Web dan Grafis

facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmailby feather

Apakah pekerjaan Anda tidak jauh-jauh dari desain grafis atau desain website? Adalah bukan rahasia lagi jika Adobe Photoshop merupakan sebuah aplikasi pengolah foto yang memiliki segala kelengkapan yang diperlukan dalam proses editing foto desain grafis atau desain website. Pekerjaan menyunting foto sebagai pekerjaan kreatif menjadi semakin menjadi hal mudah dan menyenangkan. Lalu untuk apa plugin-plugin dibuat dan disediakan para pengembang plugin photoshop bagi gratis maupun berbayar? Kehadiran plugin bagi aplikasi photosop justeru membantu memperkaya dan memperluas kemampuan photoshop serta memaksimalkan ketangguhannya sebagai software grafis secara potensial.

Ditambah lagi dengan ketersediaan add-on yang tentu saja akan semakin memudahkan pengguna photoshop untuk melakukan hal-hal rumit dan kompleks agar lebih efisien.

Ada banyak sekali plugin-plugin akan anda temui di banyak website penyedianya. Anda bisa pilih plugin-plugin apa saja yang sesuai dengan kebutuhan kerja grafis anda. Dari mulai yang gratis hingga premium, anda tentu sedikit bingung akan plugin yang mana yang anda butuhkan atau bahkan plugin-plugin yang mana saja yang sudah tidak bisa digunakan dengan pembaruan versi Photoshop.

Berikut inilah 11 free plugin Photoshop untuk desain web dan grafis. yang saya kumpulkan dari beberapa sumber yang bisa anda download dan gunakan untuk kebutuhan pekerjaan grafis anda baik dalam desain website maupun desain grafis secara umum.

1. Free Photoshop Plugins – BlendMe.In

Free Photoshop Plugins-BlendMe.In

Harga: Free | Pengembang: blendme.in | Download

Bagi anda pengguna Photoshop sekaligus menggunakan Adobe Illustrator maka plugin ini akan sangat cocok. Plugin yang jika anda insatll akan berada di panel Phoroshop ini menjadi anda bisa melakukan pencarian ribuan aset-aset desain yang anda perlukan termasuk ikon-ikon terkenal arik dan seret ke dalam kanvas kerjaan anda. Semua ikon hasil pencarian adalah berformat vector sehingga sangat bisa diskala-kan ke dalam ukuran berapapun.

2. Free Photoshop Plugins – Breeezy

Free Photoshop Plugins-Breeezy

Harga: Free | Pengembang: Yaron| Download

Plugin gratis yang ini berfungsi untuk menambahkan kemampuan ekspor multi layer. Dengan penggunaan plugin ini maka pekerjaan mempersiapkan grafis untuk pengembangan aplikasi maupununtuk website akan lebih muidah dan cepat. Plugin ini dilengkapi dengan kemampuan menyimpan transparansi layer ketika melakukan proses ekspo, melewatkan nama-nama layer pada file, dan meng-organisir semua file-file dan aset-aset yang telah diekspor ke dalam satu folder.

3. Free Photoshop Plugins – Composer

Free Photoshop Plugins-Composer

Harga: Free | Pengembang: Jason Foral | Download

Jika anda menginstall plugin ini, plugin tersebut akan terlihat nantinya di bagian dalam panel Photoshop sehingga anda mudah menggunakannya.  Plugin Composer ini memungkinkan anda melakukan pembaruan pada banyak komposisi layer sekaligus di Photoshop dengan sekali klik saja. Itu artinya plugin ini memberi anda efektifitas pekerjaan desain. Plugin ini kompatibel dengan Photoshop CS5 atau yang lebih baru lagi.

Cara penggunaannya adalah anda bisa memilih layer mana saja atau grup mana saja yang ingin anda lakukan perubahan dan gunakan salah satu dari empat perintah guna meng-update layer yang telah anda pilih tersebut. Empat perintah itu adalah: Update Layer Style, Update Position, Update Visibility dan Update All.

4. Free Photoshop Plugins – Cut&Slice Me

Free Photoshop Plugins-Cut&Slice Me

Harga: Free | Pengembang: Daniel Peruho | Download

Plugin ini memungkinkan anda meng-ekspor aset-aset desain anda di photoshop ke berbagai perangkat yang anda miliki dengan cepat. Plugin ini mampu memperbaiki alur pekerjaan grafis anda dengan menyematkan nama-nama pada layer-layer. Dengan plugin gratisan yang satu ini anda bisa melakukan cut dan mengekspor file-file anda ke format PNG, memotong-motong kelebihan piksel ada sesuai dengan keinginan anda.

Pilihan file-file yang didukung oleh ekspor plugin ini di antaranya adalah .xxdpi, .ldpi, .mdpi, .hdpi. Untuk urusan ekspor file-file untuk kepentingan desain web, Photoshop sebenarnya belum ada perubahan signifikan selama bertahun-tahun, akan tetapi dengan plugin ini Anda bisa mendapatkan kemudahannya. Cut&Slice memungkinkan anda melkaukan slice secara tumpang tindih, dan melakukan ekspor pada bagian tertentu dengan detail yang baik.

5. Free Photoshop Plugins – Flaticon

Free Photoshop Plugins-Flaticon

Harga: Free | Pengembang: Freepik | Download

Plugin Flaticon ini adalah proyek gratisan yang dibuat oleh dan untuk para desain dan para pengembang. Flaticon ini adalah tempatnya salah satu database ikon-ikon vector gratis. Semua ikon-ikon berformat vector tersebut tersedia dalam ekstensi SVG, PSD atau PNG. Ikon-ikon tersebut bisa anda konversi menjadi format web font. Ikon-ikon di Flayicon karena berformat vector maka bisa di-skala-kan dan diedit serti diakses ke pembaca screen apa saja.

Dengan plugin ini, pengguna Adobe Photoshop akan memiliki akses cepat kepada lebih dari tiga puluh ribu ikon. Database yang berada dalam plugi ini selau ter-sinkronisasikan, jadi anda tidak perlu takut harus melakukan update secara manual. Plugin ini mendukung Photoshop CS5, CS6, dan CC serta sangat kompatibel dengan WIndows maupun Mac OS X.

6. Free Photoshop Plugins – GuideGuide

Free Photoshop Plugins-GuideGuide

Harga: Free | Pengembang: Cameron McEfee  | Download

Guide atau panduan di photoshop memang bikin pusing. Dengan menggunakan plugin GuideGuide ini anda akan mudah menentukan dengan akurat sesuai piksel; baik dalam panduan kolom, baris, titik tengah dan garis dasar dalam pemilihan dokumen Anda. Guide yang sering anda gunakan nantinya bisa digunakanlagi.

Plugin yang mendukung Photoshop CS5, CS6 dan CC ini sangat mudah digunakan dan dipasang. Juga anda bisa menggunakan plugin GuideGuide ini untuk menentukkan secara pastinya tentang lebar elemen navigasi yang harus sesuai dengan lebar sebuah website, pun dalam membuat grid-gris baseline dan padding element.

7. Free Photoshop Plugins – Layrs Control

Free Photoshop Plugins-Layrs Control

Harga: Free | Pengembang: Vadim | Download

Plugin yang bisa anda download secara gratis ini bisa disebut sebagai gudangnya koleksi skrip-skrip pekerjaan di Photoshop. Layrs Control memiliki lima fungsi utama termasuk editor nama layer dan pilihan menghapus efek-efek yang tidak diperlukan, mem-flat-kan semua efek-efek layer, menghapus layer-layer kosong sehngga mengoptimasi ukuran file desain anda. Juga fungsi terakhir adalah me-rasterkan objek-objek sesuai yang anda inginkan.

8. Free Photoshop Plugins – Renderly

Free Photoshop Plugins-Renderly

Harga: Free | Pengembang: Renderly | Download

Plugin Renderly ini akan memudahkan anda dalam melakukan ekspor screen dan aset-aset desain serta spesifikasi desain yang mendetail secara otomatis dengan technologi pintarnya.  Pada prosesnya hanya elemen-elemen yang telah berubah saja yang akan dieskpor. Anda hanya perlu menambahkan prefix yang sesuai dan plugin ini akan melakukan semuanya untuk anda.

Untuk mempertahankan ikon-ikon anda sebagai vector, tambahkan saja prefix “ico”. Untuk tombol-tombol, gunakan sebagai nama grup dengan prefik “btn” dan buatlah sebuah state semisal “:hover” pada akhir nama dalam grup tersebut. UNtuk melakukan ekspor gambar, tambahkan prefik “img” dan gambarpun akan diekspor dalam format raster. Pada bagian dalam grup anda, setiap varian musti memiliki sebuah tanda plus (+) pada bagian depan setiap layer dan plugin Renderly ini akan meng-ekspor secara otomatis sebanyak mungkin screen-screen atau varian-varian yang anda butuhkan. Pada setiap grup level teratas, maka masing-masing akan dikumpulkan sebagai screen yang terpisah sehingga anda bisa mendesain seluruh aplikasi atau website anda hanya dalam 1 file PSD saja.

9. Free Photoshop Plugins – Save Panel

Free Photoshop Plugins-Save Panel

Harga: Free | Pengembang: Reimund Trost | Download

Butuh efisiensi dalam proses saving di Adobe Photoshop? Plugin adalah jawabannya. Plugin Save Panel ini bisa mengoptimasi proses penyimpanan file-file desain anda dengan memberikan anda keleluasaan mengkonfigurasi tombol-tombol tertentu ketika menyimpan dokumen. Plugin ini memiliki kelengkapan berupa kemampuan untuk menyesuaikan folder-folder tujuan penyimpanan, ukuran gambar, jenis file, dan nama-nama file. Dengan menggunakan plugin SavePanel ini dengan layanan-layanan Cloud seperti Dropbox akan memungkinkan anda melakukan sharing gambar-gambar secara efektif dengan orang lain secara langsung dari Photoshop.

10. Free Photoshop Plugins – SocialKit

Free Photoshop Plugins-SocialKit

Harga: Free | Pengembang: Made by Source | Download

Plugin Adobe Photoshop bernama Social Kit ini menyediakan template-template yang bisa anda sesuaikan untuk kebutuhan ketersinambungan pekerjaan grafis anda dengan empat (4)  jaringan social network terpopuler saat ini yakni Facebook, Twitter, Google+, dan Youtube. Plugin yang dilengkapi dengan banyak pilihan tombol-tombol media sosial ini pada masing-masing template dapat anda sesuai dan telah ter-slice. Tentang update, jangan khawatir sebab ada fasilitas update otomatis jika memang diperlukan terkait perubahan tertentu pada desain website. Secara real time anda bisa melihat perubahan desain Anda dan anda pun bisa menambahkan beberapa kontributor pada proyek pekerjaan anda jika dibutuhkan.

11. Free Photoshop Plugins – WebFont

Free Photoshop Plugins-WebFont

Harga: Free | Pengembang: Extensis | Download

Inilah plugin yang akan membuat anda bisa menggunakan font-font website langsung dari dalam Photoshop. Plugin ini akan menyediakan akses kepada ribuan font-font website yang tersedia di luaran sana. Plugin ini bekerja dengan kombinasi manajer font profesional bernama Suitcase Fusion 5 dan layanan font web WebINK.

Preview bisa anda lakukan terhadap font apa saja ketika anda sedang mendesain, itu dilakukan tanpa harus men-download atau menginstall font secara satu persatu ke dalam Photoshop. Jika anda memilik sebuah font dari WebINK, anda hanya diwajibkan membayar pada font yang anda gunakan secara final saja pada web anda. Mohon dicatat bahwasannya font yang anda beli dari WebINK tidak bisa anda gunakan pada banyak pekerjaan, satu jenis font untuk satu pekerjaan desain.

Nah Demikianlah sedikit informasi dan penjelasan tentang 11 free plugin Photoshop untuk desain web dan grafis. Semoga bisa sedikit menjadi referensi sebelum anda mendownload dan  menggunakan plugin-plugin Photoshop pada pekerjaan-pekerjaan web dan grafis Anda.

 

facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmailby feather