14 Hal yang Bikin Sholat Amburadul

Tulisan ini adalah tentang hal-hal pengganggu sholat, hilangnya pahala sholat, ibadah yang buruk, sholat tidak khusyu’, sholat yang berantakan dan amburadul, serta tips sholat khusyu.

To the point aja yah? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa bikin suasana sholat kita amburadul ancur-ancuran gak karuan. Cek aja. Kalo ada yang kurang, tanya ustadz terdekat. Inilah 14 Hal yang Bikin Sholat Amburadul.

1. Tempat sholat yang tidak tepat

Sholat di tempat yang kotor, terlalu ramai, berisik, misalkan sholat di mushola yang bertetanggaan dengan lapangan yang sedang diadakan kampanye parpol besar-besaran, karena biasanya kampanye itu selalu tidak memperdulikan waktu sholat, suara kumandang adzan tenggelam ditelan suara bekoar-koarnya jurkam yang menyeru kepada partai, bener gak? Tanya aja tuh sama yg tukang kampanye..

2. Pakaian sholat yg tidak sesuai

Pake pakaian yang bergambar, bertulisan dan sejenisnya. Selain mengganggu pikiran sendiri, juga mengganggu orang lain yng melihat pakaian kita; mau sholat apa mau pamer fashion sih? Atau promosi t-shirt? Atau pamer baju batik baru?

3. Dekat-dekat makanan enak

Terutama ketika sholat dalam keadaan lapar atau shaum.

4. Kebelet

Pengen sholat gak khusyu’, coba aja ketika sedang kebelet ke belakang, anda sholat, dijamin gak khusyu’ deh. :)

5. Lagi ngantuk berat

Jangan maksain sholat ketika sedang ngantuk, bro & sist! Bisa-bisa ente pade lupa rokaat, lupa jumlah sujud, dan malah lupa sujud syahwinya..

6. Gak lihat Sikon

Misalnya shalat di dekat orang-orang yang pada ngobrol atau pada tidur. Entah yang pada ngobrol /tidur yang tidak tahu kondisi atau ente yang mau sholat yang tidak lihat-lihat tempat :D

7. Sholat sambil sibuk

Entah itu bersihin ingus, ngusapin jenggot, garuk-garuk kuping atau bersih-bersihin debu di tempat sujud serta aneka gerakan yang tidak penting lainnya.

8. Sholat di dekat mereka yang sedang bertilawah

Selain membuat mereka menghentikan tilawah, mereka yang tidak tahu adab dan meneruskan tilawahnya akan mengganggu kita yang sedang sholat.

9. Suka tengak-tengok

Larak lirik kanan kiri, kalo disengaja tentu saja haram, kalo memang sawan alias penyakit, ya harus disembuhkan.

10. Kadang mengarahkan pandangan ke langit

Nah yang ini haromnya parah, dalam suatu hadits ancamannya adalah dirubah kepala kita kelak dengan kepala keledai.

11. Jangan meludah ke depan ketika sedang shalat

Bukan berarti meludah ke arah kiri bawah diperbolehkan dalam semua bentuk sholat.

12. Menguap lebar-lebar ketika sholat

Dalam suatu hadits Rosul menyarankan kita untuk menahan nguap.

13. Berpakaian menjuntai hingga menyentuh tanah

Hal ini adalah kesombongan, sebab tidak panas menyombongkan diri di depan Allah swt, atau jika tidak dengan sombong, pasti kebodohan yang disengaja karena betapa pemborosan menjuntaikan pakaian dan tidak tahu kebersihan dan kesucian, masih juga beralasan bukan pemborosan dan masih terjaga bersih? Berarti wujud penampakan keingkaran dan ketidak taatan terhadap perintah Allah dan Rosulnya.

14. Meniru gerak atau tingkah laku binatang

Tidak ada yg salah dengan penciptaan binatang, yang salah adalah menirunya, apalagi meniru binatang yang allah jadikan ujian bagi manusia semisal anjing, babi dan sebagainya. Dalam sholat banyak sekali di antara kaum muslimin yang bersujud dengan meletakan lengan bawah rata dengan lantai yang seolah terlihat seperti cara berdiamnya seekor anjing, atau sholat dengan cepat-cepat seperti gerakan ayam mematuk sehingga dalam beberapa detik saja sholat dzuhur pun selesai.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, jika hati anda gak merasa tersampaikan, cukup kiranya saya dengan percaya diri telah merasa menyampaikan. Adapun sumber-sumber istidlal (ah, maksud saya berdalil..) senagaj tidak diperjelas, mudah-mudahan emang sudah jelas, atau anda bisa googling aja.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi saya. Bagi anda? Terserah… amal anda kan anda yg bertanggung jawab… :) :D