19 plugin terbaik 2014 untuk Photoshop

 

Pembaca masbadar.com, berikut ini adalah seputar plugin / perangkat tambahan berupa 19 plugin terbaik 2014 untuk Photoshop. Tulisan ini akan sedikit membahas beberapa plugin bagi software/aplikasi pengolah grafis dan fotografi paling populer keluaran Adobe, yaitu Photoshop. Siapa tak kenal Photoshop, bisa dibilang software desktop publishing ini tidak memiliki kompetitor berarti di kelasnya, jauh di atas Corel Photopaint, dengan fungsi serupa. Ketersediaan plugin yang banyak dari kelas premium hingga gratisan semakin memperkaya kemampuan software ini sebagai perangkat ajaib pengolah grafis dan fotografi digital. Saya sama sekali tidak mahir menggunakan Photoshop, akan tetapi karena pekerjaan grafis menghendaki skill yang musti selalu berevolusi, beberapa catatan pribadi ini semoga juga menjadi sedikit info tambahan bagi rekan-rekan didunia grafis.

1. 3D Invigorator

3D-Invigorator

Plugin Photoshop kali ini adalah buatan Digital Anarchy. Plugin ini mampu menyederhanakan proses 3D yang rumit dan kompleks. Aplikasi grafis Photoshop sendiri sebenarnya telah dilengkapi dengan teknologi mesin 3D dan rendering, namun demikian kehaditan plugin ini selalu membuka peluang bagi tangan-tangan kreatif untuk selalu berkarya dengan efek-efek digital kreatif. Plugin ini dilengkapi dengan editor objek yang cukup sederhana. Sebuah tool mirip pensil tersedia guna membantu menggambar dan mengedit bermacam bentuk objek. Apakah gratis? ya dalam versi trial sebelum anda membelanjakan $199 untuk plugin hebat ini.

2. Blow Up 3

blow-up-plugin-photoshop

Plugin Photoshop yang ditujukan untuk para desaner dan fotografer ini memungkinkan penggunanya membuat pembesaran dalam bentuk pin dari sebuah foto tanpa kehilangan kualitasnya. Kemamuan serupa mungkin dimiliki Photoshop dengan filter bicubisnya, akan tetapi BlowUp memiliki algoritma sendiri yang lebih maju dari filter bawaan Photoshop sehingga pengguna bisa mendapatkan gambar-gambar akurat tanpa ceceran-ceceran kekurangan di sana-sini. Plugin ini bisa disebut sebagai perangkat luar biasa bagi para desainer yang biasanya mengeluh soal kualitas gambar buruk dari klien. Plugin buatan Alien Skin ini ditawarkan seharga 199 US Dollar. Namun jangan khawatir, anda bisa mencobanya sebelum membelinya, sebab tersedia versi free trial, alias coba-coba gratisannya.

3. CSS Hat

css-hat-plugin-photoshop

Dengan berslogan “mengubah layer style pada Photoshop menjadi CSS3 secara instan”, plugin keluaran CSS Hat ini ditawarkan cukup tinggi seharga $39.99. Bagi para desainer website tentu tidak asing dengan CSS3, nah kehadiran plugin ini dibuat untuk itu. Cara penggunaannya? Anda pengguna hanya perlu melakukan klik pada sebuah layer yang telah didesain dengan bebera style, sebuah markup akan segera muncul, nah tinggal copy sajalah itu.

4. CSS3PS

CSS3PS-plugin-photoshop

Ini adalah plugin gratisan dari CSS3PS yang diperuntukan bagi para pengguna photoshop yang berkiprahdi dunia desain website. Menurut pembuatnya, plugin ini akan memudahkan pengguna photoshop mengkonversi layer-layer pada pekerjaan grafis mereka menjadi layer-layer CSS3. Cara kerja plugin ini adalah menggunakan metode cloud untuk melakukan kalkulasi yang dibutuhkan untuk mengkonversi layer-layer pekerjaan grafis phoroshop anda menjadi layer-layer CSS3. Plugin Photoshop CSS3PS ini dilengkapi dengan kemampuan efek render yang hidup. Silahkan gunakan plugin ini dan lihat bagaimana drop-shadows, strokes, outer glows, teks dan rounded corner semuanya terkonversimenjadi CSS3 secara otomatis. Daripada menghabiskan banyak wutu buat coding, plugin ini akan menghemat segalanya.

5. Dream Suite Ultimate

Auto-Effex-Software-Plugin-Photoshop

Plugin ini menyediakan hampir semua kebutuhan pembuatan effek-effek tekstur dan 3 Dimensi, koreksi tone warna dan juga efek-efek border. Memang tidak murah, $199 ditawarkan oleh Auto FX Software bagi para fotografer pengguna Photoshop. Sesuai harganya, cakupan effek yang luas akan membuat anda bebas bereksperimen dengan bermacam efek yang anda inginkan.

6. Fluid Mask 3

Fluid-Mask-3-Photoshop-Plugin

Ini adalah plugin photoshop untuk mempermudah proses masking dari pengembang plugin photoshop Vertus. Editing image apa saja pada software desain grafis apapuun, tidak lepas dari proses dan teknik masking. Demikian juga pada photoshop, masking seolah menjadi seni tersendiri. Meski Photoshop telah diperkaya dengan tool masking bawaan pada versi CS5 dan CS6, tetap saja masih banyak ruang guna menambahkan perangkat-perangkat tambahan guna memperkaya dan meningkatkan efektifitas pekerjaan. Masking pada bagian objek rambut biasanya selalu rumit. Nah, pada bagian masking inilah, keberadaan plugin yang dibanderol dengan harga $149 ini sangat membantu. Fluid Mask menjadikan proses masking pada area-area rumit menjadi cepat, efisien dan relatif lebih mudah. Coba dulu versi trialnya yang gratis sebelum membeli. He..he.

7. Fractalius

Fractalius-Plugin-Photoshop

Apakah anda pengguna aplikasi Photoshop pecinta model gambar sketsa? Jika iya pasti anda pernah dong bermain-main dengan efek-efek yang menghadirkan gambar-gambar menjadi seolah sketsa. Bagi para desainer dan seniman pengguna Photoshop, RedField menghadirkan plugin ini yang mampu memaksimalkan penggunaan pattern-pattern fraktal sehingga menghasilkan karya digital bagai sketsa sebuah pensil saja. Oh ya, plugin ini dikemas dengan harga $39.90.

8. Machine Wash Deluxe

Machine-Wash-Deluxe-plugin-Photoshop

Object apapun akan mengalami perubahan warna karena banyak faktor, misalkan cuaca. Perubahan cuaca akan menyebabkan tekstur kayu berubah warna, juga warna cat dinding rumah anda. Plugin serharga 99 US Dollar ini diklaim oleh Mister Retro, sebagai plugin yang akan menghasilkan filter tekstur-tekstur efek akibat perubahan cuaca secara mendetail pada gambar dan foto-foto digital anda, juga efek penuaan dan efek goresan-goresan yang terlihat nyata.

9. Noiseware

Noiseware-Plugin-Photoshop

Noise pada sebuah gambar digital adalah masalah siapa saja yang bekerja pada dunia desain grafis desktop publishing. Noise atau blur pada pixel warna akibat faktor pencahayaan serta zooming dari kamera pengambil foto bisa diminimalisir dengan plugin seharga 79.95 US Dollar ini. Menurut Imagenomic, Noiseware merupakan perangkat yang bisa meminimalisir noise dan mempertajam gambar dalam waktu yang bersamaan.

10. Perfect Effects 3 FREE

Perfect-Effects-3-FREE-Plugin-Photoshop

Plugin ini dirilis oleh onOne Software. Ditujukan untuk para fotografer dan desainer, dan digratiskan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserkan pun untuk mendapatkan fungsi efel-efek cepat pada sebuah gambar digital. Apa saja efek-efek tersebut? Colour treatment, efek texture dan noise yang lengkap serta pembuatan border. Selain itu plugin ini juga dilengkapi dengan sebuah librari efek yang sedikit mirip dengan galeri filter bawaan Photoshop sehingga anda bisa bereksperimen dengan bermacam efek guna menghasilkan karya-karya digital baru.

11. Perspective Mockups

Perspective-Mockups-Plugin-Photoshop

Plugin Photoshop apa pula ini? Jika dan seorang desainer website, anda bisa melihat-lihat website si pembuat plugin ini ( perspectivemockups ). Mungkin sekedar ingin menekankan betapa dahsyatnya keindahan hasil sentuhan plugin ini, beberapa ucapan kasar banyak digunakan di website tersebut. Bukan itu yang saya maksud, tapi hasil olahan plugin Perspective Mockups inilah fokus website tersebut. Dibanderol sebesar $19, plugin Photoshop ini sepertinya hanya dikhususkan buat para desainer website saja. Penggunaan plugin ini akan menghasilkan efek perspektif mockup dengan tranformasi CSS 3D. Jika telah terinstal pada aplikasi Photoshop anda, plugi terlihat pada tool-tool palette. Plugin ini menyertakan delapan layout yang berbeda-beda yang bisa dipilih dan digunakan oleh desainer grafis pengguna aplikasi grafis Photoshop.

12. Photomatix Pro

Photomatix-Pro-Plugin-Photoshop

Photomatix Pro adalah sebuah plugin unbtuk proses HDR (High Dynamic Range) sekaligus tool bagi pengaturan tonasi warna yang terintegrasi dengan Phoroshop. Plugin ini juga bisa digunakan sebagai aplikasi terpisah, bukan sebagai plugin jika diperlukan. HDR Soft membandrol plugin ini dengan harga 79 US Dollar, meski tersedia versi trial gratisan. Perangkat plugin ini berfungsi pada proses HDR yang sudah ada pada Photoshop, namun plugin ini bekerja lebih spesifik pada aspek tonasi. Plugin ini juga memungkinkan pembuatan gambar-gambar HDR dalam ukuran ekstrem dengan relatif lebih mudah

13. Pixel Dropr

Pixel-Dropr-Plugin-Photoshop

Fungsi plugin Photoshop Pixel Dropr yang satu ini adalah membantu para pengguna Photoshop dalam membuat dan memanage, mengimport koleksi gambar-gambar ikon. Plugin besutan UI Parade ini dihargai $19, cocok untuk desainer grafis dan desainer web. Silahkan coba dan tingkatkan produktivitas pekerjaan grafis bahkan pada pekerjaan-pekerjaan grafis multi proyek. Aset-aset desain berupa bermacam ikon dan aneka tombol atau photo bisa dengan mudah anda gunakan dengan plugin ini.

14. Portraiture

Portraiture-Plugin-Photoshop

Nah apalagi ini? Plugin ini lebih spesifik kepada proses penghalusan atau softening. Jika anda biasa melakukan softenning pada area image secara manual per area, dengan plugin photoshop keluaran Imagenomic seharga $199.95, anda yang hobi dengan pekerjaan-pekerjaan editing fotografi akan dengan mudah secara otomatis. Plugin Portrature ini sebenarnya sebuah plugin kombinasi bagi Phoroshop yang terdiri dari Lightroom dan Aperture yang akan melakukan proses secara automasi pada proses retouching sebuah objek foto, khusus pada foto wajah akan menghasilkan warna kulit yang lebih sempurna. Plugin POrtraiture ini secara otomatis akan membuat tampilan kulit menjadi lebih terlihat lembut, membuang bercak-bercak noda yang biasanya muncul dengan tanpa merusak detail area dan teksture image tersebut.

15. Renamy

Renamy-plugin-photoshop

Sesuai dengan namanya, plugin photoshop ini berguna untuk mengganti nama-nama layer secara massal pada aplikasi PhotoShop. Plugin buatan Renamy ini sangat membantu pemberian nama setiap layer di aplikasi Photoshop. Menamai layer di photoshop merupakan aturan pertama dalam dunia Photoshop, konon etikanya begitu. Kadang menamai setiap layer menjadi pekerjaan yang merpotkan, karenanya dengan plugin ini, pengguna Photoshop akan dengan mudah memberi nama-nama pada setiap layer dengan modus fungsi auto-completion. Hemat waktu tentu saja dan tidak akan merpotkan anda lagi. Anda tertarik untuk mencobanya? tersedia versi demo yang bisa anda cicipi sebelum membeli dan menggunakan plugin ini dengan bebas. Dibanderol dengan harga $9.99, plugin ini sangat cocok untuk para fotografer, desainer grafis dan juga desainer website.

16. Silver EFEX pro 2

Silver-EFEX-pro-2-plugin-photoshop

Hitam putih dalam dunia fotografi adalah seni yang berbeda, lebih klasik dan lebih rumit untuk menghadirkan keindahan dalam dimensi 2 warna. Adalah Nik Software, menawarkan harga cukup mahal untuk sebuah plugin guna menghasilkan sentuhan hitam putih semata, $199.95!. Bagi para fotografer pengguna Photoshop, anda bisa mencobanya dulu dalam versi trial gratis, sebelum membeli plugin tersebut. Plugin ini konon dapat menghadirkan kekaguman. Ada banyak pilihan effek yang ditawarkan oleh plugin ini guna menghasilkan olahan foto anda menjadi foto hitam putih bercita rasa seni yang tinggi. Coba saja.

17. Subtle Patterns

Subtle-Patterns-plugin-photoshop

Plugin photoshop ini sangat baik untuk menghasilkan effek teksture bebas pada teks. Plugin buatan Atle Mo yang satu ini sangat membantu penggunaan librari pada photohop. Dibanderol dengan harga $11.99, plugin ini sangat cocok untuk desainer grafis dan juga desainer website. Subtle Pattern cukup berkualitas sebagai librari motif-motif teks-teks bertekstur bebas. Plugin ini menyediakan tekstur-tekstur apik langsung di panel photoshop. Pengguna Photoshop hanya tinggal meng-klik thumbnail pattern yang diinginkan dan teksture kemudian akan langsung jadi pada layer yang sedang anda kerjakan. Cukup menghemat waktu, demikian menurut pembuatnya.

18. Texture Anarchy

Texture-Anarchy-Plugin-Photoshop

Texture Anarchy adalah sebuah plugin keluaran Digital Anarchy. Sebelum merogoh kocek seharga $129, para desainer disarankan mencoba versi trialnya terlebi dahulu. Plugin photoshop ini merupakan kombinasi dari tiga filter Photoshop yang berbeda-beda. Masing-masing filter menyediakan banyak sekali tekstur guna anda terapkan pada desain anda. Gunakan plugin ini dan anda akan menemukan beberapa kejutan. Anda akan terkesima bagaimana plugin ini menghasilkan fraktal-fraktal guna memperindah karya di Photoshop.

19. virtualPhotograper

virtualPhotograper-Plugin-Photoshop

Mengedit foto? Itu sih memang fungsi dasar Photoshop. Tetapi rutinitas mengedit foto bahkan untuk hal sederhana kadang pada photoshop memerlukan beberapa langkah merepotkan. Nah, Optik Verve Labs, pembuat plugin ini dengan baik hati akan membantu anda. Gratis loh, alias plugin ini adalah Free. Jika anda terburu-buru dengan sebuah pekerjaan editing foto, atau anda sedang kurang nyaman membuat gambar-gambar ber-style, gunakan plugin ini saja dan dapatkan hasil tampilan yang memuaskan, tentu saja dengan cara instan. Gratis kok.

Demikianlah 19 plugin terbaik 2014 untuk Photoshop. Ada yang mau menambahkan? Silahkan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *