3 Metode Effektif Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

 

Bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa inggris? Berikut ini adalah 3 Metode Effektif Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan akademis yang didapatkan bahkan sejak usia dini. Sekolah dasar bahkan TK di Indonesia pada umumnya telah mengenalkan dan mengajarkan keterampilan berbahasa asing ini. Belum lagi pendidikan menengah hingga pendidikan lanjutan hingga sekolah tinggi dan universitas pun tetap menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari kurikulum pendidikan.

Kenyataannya adalah berapa prosentasi dari hasil pendidikan sekolah sekolah atau pendidikan-pendidikan formal menghasilkan manusia Indonesia yang mampu berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa Inggris ini? Mengapa? Jawabannya bisa saja sangat sederhana; kurang praktek alias kurang digunakan, jarang dikomunikasikan karena takut salah. Bahasa adalah alat komunikasi, bahasa akan hidup dan berkembang jika digunakan untuk berkomunikasi. Adalah miris jika pada era saat ini di mana komunikasi menjadi atmosfir utama yang didukung oleh hampir dominasi kemajuan teknologi.

Teknologi yang bersifat global tentu saja menggunakan bahasa global sebagai medianya. Dan berbahasa Inggris secara aktiv saat ini disebagian besar masyarakat Indonesia menjadi sesuatu yang mahal. Jika pada tulisan saya terdahulu mengulas beberapa trik ringan agar mendorong pengunaan bahasa Inggris secara aktif tetapi dalam suasana yang nyaman yaitu dengan menyesuaikan hobi sebagai motivasi belajar berhasa Inggris. Adakah metode atau cara lain agar membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris? tentu saja ada dan sangat banyak.

Di antaranya adalah menemukan cara belajar atau metode belajar yang tepat dan effektiv. Jika pertanyaannya adalah mengapa metode belajar yang selama ini digunakan ternyata tidak membantu sama sekali dan malah memperparah kemampuan berbahasa Inggris? Metode dan cara belajar bahasa Inggris yang salah sangat jamak ditemukan di banyak institusi pendidikan baik formal dan nor formal di negeri ini. Metode belajar bahasa Inggris yang tidak membantu semestinya ditinggalkan atau segera diubah. Selain perubahaan metode, juga perlunya memaksimalkan dan mengeffektifkan penggunaan perangkat-perangkat teknologi modern guna meningkatkankan kemampuan berbahasa Inggris.

1. Metode Lingkungan Belajar

Tidak saja hanya menemukan guru yang tepat sebagai sparring partner atau lawan komunikasi seperti pada artikel saya sebelumnya, namun berbaur dengan lingkungan berupa teman-teman atau klub-klub bahasa adalah sebuah keniscayaan agar pembelajaran dalam rangka meraih kemampuan berbahasa Inggris aktiv mendapatkan percepatan. Sesungguhnya dengan adanya lingkungan yang kondusif dan mendukung baik berupa teman belajar, atau sparring partner, hingga klub bahasa, kita dapat saling memotivasi dan mengukur sejauh perkembangan kemampuan berbahasa Inggris.

Meningkatkan intensitas berkumpul untuk membaca buku Inggris seminggu sekali, atau nonton acara TV tanpa subtitle bersama, dan hal sederhana lainnya, jika dilakukan bersama teman belajar, maka akan mempermudah proses belajar. Mendapatkan lingkungan yang baik dan mendukung untuk belajar dan pembelajaran bahasa Inggris sebaiknya menjadi langkah pertama untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita.

2. Metode belajar yang beragam

Apakah anda merasa jika metode belajar yang Anda gunakan selama ini masih selalu sama? Apakah sebagian besar atau bahkan semua aktivitas belajar bahasa Inggris Anda selalu dan masih monoton? Dan anda kehilangan motivasi dan semangat belajar bahasa Inggris?

Metode belajar bahasa Inggris dalam suasana yang monoton dengan tanpa variasi kegiatan tentu sangat berakibat pada terhambatnya motivasi siswa dan proses pembelajaranpun akan menjadi sangat tidak efektif. Metode belajar yang dinamis dan berubah terus menerus sesuai perubahan kultur zaman akan merangsang otak manusia sebab manusia memang menyukai sesuatu yang baru. Perubahan metode belajar menjadi sesuatu yang harus diprioritaskan agar mendapatkan suasana baru yang dapat memicu otak guna menerima kembali dan memompa semangfat dan peneygaran pembelajaran bahasa Inggris.

Variasi rutinitas belajar mengajar dapat membantu kinerja otak menjadi lebih aktif. Beragamnya metode pembejalaran semisal dengan mengoptimalkan media berupa gambar bergerak atau film, malajah, komik hingga novel dan audio.

Demikianlah, pendekatan pembelajaran yang berbeda dalam siklus waktu terntentu akan sangat membantu dan menstimulasi otak dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Hasil pembelajaran sangat mungkin akan jauh lebih signifikan ketimbang kita bertahan menggunakan metode belajar yang lama.

3. Metode Penggunaan media dan perangkat Teknologi Informasi

Kini adalah zaman di mana komunikasi menjadi atmosfir utama yang didukung oleh hampir dominasi kemajuan teknologi. Teknologi komunikasi sangat dimanjakan dengan kehadiran berbagai perangkat canggih seperti tablet, smartphone, dan notebook. Mubazir tentu saja jika kesemua perangkat-perangkat itu tidak mampu membawa manfaat percepatan kemampuan berbahasa Inggris.

Hampir semua perangkat-perangkat komunikasi itu dapat dipergunakan untuk mendukung meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Gunakan semua media-media tersebut dan dapatkan akses cepat kamus elektronik, e-book, film dan acara-acara televisi berbahasa Inggris kapanpun di manapun. Sebagaimana menusia modern menghabiskan waktunya bermain-bermain dengan perangkat komunikasi, kini tidak adalagi alasan keterbatasan waktu untuk belajar dan belajar terus untuk menigkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Relevansi yang baik dan penting dari penggunaan media dan perangkat komunikasi modern adalah tersedianya ragam pilihan materi-materi pembelajaran. Media dan perangkat IT adalah pilihan media pembelajran bahasa Inggris yang lebih menarik, lebih interaktiv, selain kemudahan berupa ketersediaan spase yang luas dalam menampung berbagai macam bahan referensi materi pembelajaran bahasa Inggris.

Tidakkah anda tahu jika kesemua perangkat-perangkat tersebut sangat ringan dan praktis, ketimbang bermacam alat peraga bahasa di masa dulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *