4 Tool Marketing untuk Blog WordPress

Setelah membaca 4 tulisan terdahulu tentang konten gambar dan SEO di WordPress, saya yakin anda pasti telah memiliki konten yang berkualitas dengan optimasi yang baik agar mesin pencari mendatangi blog/website anda. Cukupkah sampai di situ saja? Konten yang baik belum tentu diketahui banyak orang. SEO yang mumpuni juga tidak serta merta langsung mendatangkan sejumlah pengunjung secara instan dan banyak. Jangan merasa bercukup diri dengan menunggu datangnya pengunjung, datangilah mereka. Lakukan “jemput bola”. Ada 4 perangkat bantu yang bisa para blogger dan admin website untuk secara aktif menggaet visitor menuju halaman dan konten yang telah anda persiapkan. Inilah 4 Tool Marketing untuk blog WordPress.

1. Google Blog search

Google Blog Search ini adalah layanan pencarian dari Google yang ditujukan untuk mencari informasi yang berasal dari blog. Sedemikian istimewakah blogger di mata Google sehingga disediakan layanan pencarian khusus blogger? Ya, karena para blogger-lah yang secara aktif membuat konten yang bertebaran menyebarkan informasi dan Google mendapatkan pemasukan berupa keuntungan finansial dari advertising.

Tool Marketing untuk blog WordPress - Google Blog Search

Layanan pencarian blog ini bisa dimanfaat oleh para blogger untuk mendapatkan blog-blog dengan tema yang serupa dengan blog mereka dan bisa berkomentar di tulisan blogger lain itu sehingga berfungsi sebagai publikasi diri untuk mendatangkan pembaca yang mungkin tertarik dengan kualitas komentar tersebut.

2. Mailchimp

Sebagai seorang blogger, anda mungkin merasakan pentingnya memiliki daftar email dari pembaca anda. Pengunjung yang masuk dan berkomentar di blog kita dalam jumlah berapapun adalah aset pembaca. Seiring dengan waktu dan kontinuitas anda membangun blog dengan baik, komentator akan bertambah. Anda harus menginventarisir daftar pengunjung, terutama alamat email meraka. Memiliki pembaca yang berlangganan dengan blog kita merupakan sebuah kesuksesan tersendiri.

Tool Marketing untuk blog WordPress - Mailchimp

Mailchimp adalah layanan yang bisa anda gunakan untuk berinteraksi secara searah dengan mengirimkan informasi update konten blog kepada para pelanggan blog berupa email. Mailchimp membuat pengaturan mengirimkan email kepada para subscribber menjadi menyenangkan dan menarik. Selain layanan ini menggratiskan layanannya hingga 2000 subscribber, fasilitas template tarik dan taruh membuat layanan ini pantas anda gunakan sebagai solusi yang baik dalam pengiriman email.

3. Slideshare

Apakah anda familiar dengan presentasi? Saya yakin semua pengguna PC terutama WIndows mengenal MS Office dan Ms Powerpoint menjadi alikasi kantoran paling menarik.

Tool Marketing untuk blog WordPress - Slideshare

Apa tidak anda kepikiran untuk menuangkan semua ilustrasi dalam satu posting konten anda menjadi satu judul presentasi? Atau anda bisa membuat presentasi terkait sebuah konten anda? Slidehare adalah layanan berbagi presentasi yang tentu saja gratis. Tahukah anda jika Slideshare memberi kesempatan bagi pembuat prsentasi untuk meninggalkan link di bagian akhir presentasi mereka? nah dari link inilah kita bisa meninggalkan pintu masuk ke konten blog yang berhubungan dengan informasi yang dipresentasikan? Dengan membuat judul, tag-tag dan deskripsi yang tepat, sebuah presentasi Slideshare bisa lebih cepat terindeks di Google. Tentu ini bisa menjadi sebuah teknik SEO off page yang baik.

4. SumoMe

Sumome ini adalah sekumpulan koleksi perangkat-perangkat marketing untuk WordPress. Di Sumome tersedia beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan oleh para blogger untuk membantu melakukan konten marketing dan menggaet pembaca baru sebanyak mungkin. Tool Marketing untuk blog WordPress - Sumome

Di sana akan ada fitur list building, pemetaan hingga tools analisis kontak, form-form kontak dan masih banyak lagi. Tentu saja gratis. Demikianlah pembaca dan rekan blogger, informasi seputar 4 Tool Marketing untuk blog WordPress yang bisa saya bagikan dengan Anda. Selamat blogging.

FacebookTwitterPinterestLinkedInStumbleUponApp.netBlogger PostTumblrDiggXINGShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *