Aneka Resep Ikan Asin

resep ikan asin | menu hidangan indonesia | kuliner rakyat jelata indonesia | seafood | cara mengurangi asin pada ikan asin

Ikan asin adalah bahan makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan banyak garam. Metode pengawetan ini menghasilkan daging ikan yang biasanya membusuk dalam waktu singkat dapat disimpan di suhu kamar untuk jangka waktu berbulan-bulan, walaupun biasanya harus ditutup rapat.

Ikan asin salted fishAh, sebagai orang Indonesia yang cinta produk Indonesia serta bukti nyata sebagai anak negeri bahari.. maka ini dia, postingan kuliner pertama saya; Resep yg bisa bikin hidung dan perut kita kelabakan jika tercium di siang bolong. Resep ini sebenarnya milik seorang sahabat saya yang kini(….entah dimana kau berada sekarang).

Dalam rangka mengenang sahabat saya serta mengabadikan resep biar manfaatnya dapat dimasak di dapur  maka inilah postingan kuliner IKAN ASIN.

Ikan Asin adalah jenis makanan yang berasal dari biota laut dan ikan air tawar yang diawetkan melaui proses penggaraman. Makanan ini sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, baik di kota-kota besar maupun di pelosok pedesaan.

Rasanya yang khas, jenisnya yang variatif tidak pernah membosankan penggemarnya, dan yang lebih penting harganya “murah”. Protein dan gizi yang terkandung di dalamnya tidak kalah dengan makanan pelengkap lainnya seperti daging sapi, daging ayam, telur, dan sebagainya.

CARA MENGURANGI RASA ASIN

  1. Siapkan wadah untuk merendam ikan (baskom /mangkok/dll)
  2. Masukan koran/kardus bekas (seukuran wadah) ke dalam wadah.
  3. Masukan ikan asin ke dalam wadah dan tuanglah air hangat/dingin sampae merendam ikan
  4. Diamkanlah selama 10—15 menit, PERHATIAN!! Semakin lama direndam ikan asin bisa mejadi tawar

———————————————————-

Nah, ini dia resep2 ikan asin yg mengundang selera

  1. Gulai Cumi Sotong
  2. Tumis Cumi Sotong
  3. Sambal Teri Kacang
  4. Sambal Teri Petai/ Jengkol
  5. Tim Peda
  6. Ikan Peda Japu Goreng danPanggang

Bagi anda yg tidak berjiwa ndeso kayak saya, silahkan saja tidak berselera…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>