Aplikasi Waris ala Facebook jika Anda Mati

Untuk masalah urusan pewarisan akun dan data pribadi, mesin pencari Google lebih dulu mengambil langkah dengan menjadi perusahaan Internet pertama didunia yang mempersilahkan penggunanya memilih pewaris digital Gmail, penyimpanan awan, dan layanan lain. Fitur itu dinamai “Inactive Account Managers” yang telah meluncur 2013 silam.

Media sosial kelas wahid, Facebook pun membuat fitur yang sama tapi fitur pewaris ala facebook ini mewariskan akun dan privasi dari mendiang yang telah meninggal.

Pemegang hak waris akun Facebook bisa mengubah akun yang telah berpulang, dan itu disebut data nisan digital. Pewaris dapat menuliskan status di bagian atas laman profil mendiang, merubah foto profil, maupun menerima permintaan pertemanan.

Bila mendapatkan hak kewenangan lebih jauh dari almarhum, pewaris dapat mengunduh arsip dan status atau foto dari akun mendiang. Meski begitu, isi pesan pribadi tak bisa diakses.

Fasilitas pewarisan Facebook tersebut bersifat opsional. Bila tidak ada langkah yang diambil, dan pihak Facebook mengetahui pemilik akun telah bergelar mendiang, maka Facebook akan membekukan akun. Facebook tidak akan mengutak-atik pengaturan awal dan data privasi almarhum akan di abadikan di server khusus. Facebook mengklaim telah ada ratusan ribu akun telah mendapatkan perlakuan tersebut.

Meskipun begitu, pewaris akun tidak begitu mudah mengubah tampilan akun mendiang. Pewaris tidak dapat menyunting konten yang diunggah mendiang maupun teman-temannya. Pewaris juga tidak memiliki hak dan tidak dapat menghapus akun mendiang.

Batas-batasan tersebut biasa saja akan membuat orang-orang yang menjadi pewaris tak gegabah dalam melakukan wasiat mendiang. Di lain sisi, Facebook sangat meng khawatirkan bila pewaris mendapatkan kewenangan berlebihan akan menambah duka bagi pihak-pihak yang ditinggalkan dan membuat amarah kalangan sanak karabat dan keluarga

Sebagai informasi Facebook hanya mampu memberi izin satu orang untuk menjadi pewaris, dan tanggung jawab tersebut tak dapat dipindah tangankan. Demikianlah info tentang aplikasi waris ala Facebook jika Anda mati.

Indra/dari berbagai sumber.

FacebookTwitterLinkedInStumbleUponBlogger PostDeliciousDiggTumblrApp.netShare