Berburu Batik Berkualitas Butuh 4 Pengetahuan Ini

Jalan-jalan ke kota Pekalongan, Jogjakarta atau solo? Atau anda kolektor amatiran yang ingin mendapatkan batik dengan kualitas terbaik? Berburu batik merupakan wisata fashion berkelas, kualitas juga kelas. Simak 4 tips berikut yang akan menambah pengetahuan anda menjadi kolektor batik yang sejati; Berburu Batik Berkualitas Butuh 4 Pengetahuan Ini.

1. Tentukan jenis batik

Tentukan jenis batik yang akan dibeli, batik cetak atau batik tulis. Biasanya, batik tulis memiliki kualitas yang lebih baik dibanding batik cetak. Harganya pun jauh lebih mahal batik tulis ketimbang batik cetak. Ini karena keterampilan khusus yang dibutuhkan saat pembuatan dan menggunakan alat khusus berupa canting. Selain itu, pencantingan adalah cara pertama pembuatan batik, jadi dianggap lebih tradisional dan bernilai historis tersendiri.

2. Perhatikan jenis bahannya

Saat membeli batik, jangan lupa untuk memilih jenis bahan. Jika batik yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, pilihlah batik berbahan katun. Ini bisa membebaskan Anda dari rasa gerah. Jika batik yang dibeli untuk acara pesta tertentu, pilihlah batik berbahan sutra. Kedua bahan tersebut adalah bahan terbaik untuk dua kegiatan tersebut.

3. Rasakan cetakkan warnanya

Rabalah warna cat yang terdapat pada batik. Pastikan warna yang ada di kain tidak menempel pada tangan Anda. Bila warna cat meninggalkan bekas di tangan, berarti zat warna yang digunakan untuk pewarnaan berkualitas kurang baik. Ini bisa menyebabkan kelunturan yang lambat laun membuat warna kain batik Anda pudar.

4. Bolak-balikan bahan

Cobalah untuk membalik bahan kain batik yang akan Anda beli. Batik dengan kualitas bagus biasanya memiliki cetakan luar dan dalam yang sama. Jadi, ketika Anda membalik kain batik, motif dan warna yang ada di bagian dalam sama dengan bagian luar. Ini menunjukkan batik tersebut melalui proses pembuatan yang detail dan lebih awet ketimbang batik yang bagian luar dalamnya berbeda.

Selamat berwisata fashion tradisional ala batik indonesia.

FacebookTwitterPinterestLinkedInStumbleUponApp.netBlogger PostTumblrDiggXINGShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *