Blogging Tips; 5 Solusi dan Introspeksi bagi Blog Sepi Pengunjung

facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmailby feather

Kemarin saya mengupas cara memanfaatkan Google Plus Communities untuk SEO, terutama SEO pada website atau pada blog. Lalu bagaimana jika sebuah blog memiliki traffic yang minim? Blog anda sepi pengunjung, ditinggalkan pembaca, dicuekin, diabaikan? Mengapa? Kok Bisa? Apa dong solusinya agar blog tidak sepi?

Blogging-Tips5-Solusi-dan-Intropeksi-bagi-Blog-Sepi-Pengunjung-artikel-tentang-blog-masbadar.com_

Internet pada kini banyak dihiasi oleh blog-blog yang bertebaran dengan aneka ragam aliran / genre. Tidak saja bertebaran namun juga berserakan bagai sampah sebab banyak blog-blog yang ada selain berisi informasi yang terduplikasi, banyak juga blog yang berisi artikel basi alias tidak lagi up to date dan tidak relevan dengan tren terkini, pun tidak sedikit blog-blog tidak jelas dan nggak karuan dengan konten-konten otomatis hasil buatan skrip program semacam robot blog.

Blog sampah-blog sampah dan sampah di mana-mana. Saya tidak akan bicara blog sampah dan berbagai jenis blog robot, sebab saya pernah membahasnya dulu, dulu sekali, di sini.

Jika anda blogger, pemilik dan admin sebuah blog, lalu kini anda tengah sedikit frustasi karena blog anda sepi pengunjung, sepi pembaca, sepi komentar, pokoknya sepi, seolah anda memasang majalah dinding di tengah kuburan.

5 langkah introspeksi ala saya berikut ini bisa jadi akan membantu anda.

1. Kreatiflah

Indikasi kurang kreatif adalah mengulang topik yang sama, parahnya dengan gaya bahasa yang sama. Bejibun blog lahir setiap harinya hampir dengan beberapa tema yang sama, silahkan posisikan anda sebagai pembaca dengan segala kejenuhan karena disuguhi info-info yang sama dan mirip setiap harinya. Keunikan menjadi kunci utama agar blog anda bisa keluar dari kuburan kejenuhan pembaca.

2. Detail dan Jelas

Info dengan sifat umum dan mendasar tentu penting, sayangnya terlalu banyak blog dengan sajian info yang umum-umum saja, datar-datar saja, dan membahas kulitnya saja. Kurang mendetail, kurang spesifik, kurang mengena, kurang solutif pada akhirnya kurang bagus. Semakin mendetail dan spesifik, setidaknya memberi info yang jelas dan tidak remang-remang dan menyesatkan pembaca blog anda. Blog masbadar.com selalu berusaha memberikan artikel dengan sentuhan-sentuhan mendetail, meski masih jauh dari sempurna, blog masbadar.com akan  menyajikan link referensi tambahan, bahkan kontak telepon untuk konten-konten tertentu.

3. Jangan cuma jualan dan bisnis iklan

Beberapa blog dengan pengunjung membludak dan komentar bagai air bah yang saya jumpai biasanya milik para profesional. Jamaknya blogger seperti mereka adalah blogger mapan di dunia offline, iklan dan sponsor biasanya minim menghiasi laman blog mereka, atau malah tidak ada sama sekali, yang ada adalah diskusi dan diskusi.

Sisi lain blogging adalah monetasi alias menghasilkan pendapatan dari ngeblog, menyeimbangkan konten yang menarik dan jumlah sponsor yang ideal tentu tidak menganggap pembaca hanyalah sekumpulan calon pembeli saja. Setidaknya pembaca biasanya melakukan transaksi dengan anda setelah 7 kali membaca artikel anda atau lebih. Begitu pula iklan, tidak serta merta pembaca mengklik tautan sponsor anda setelah membaca artikel anda. Blog dengan iklan pada sekujur halaman akan langsung diabaikan pembaca begitu pertama kali tampil, percayalah.

4. Update dan beri pembaca anda pembaruan informasi

Silahkan anda membuka halaman statistik blog anda, mungkin saja bulan lalu pengunjung mencapai angka statistik tertentu, dan kini anda mendapatkan pengunjung anda tidak kembali? Apa yang salah? Anda tidak melakukan pembaruan konten blog anda. Bisa jadi blog anda dianggap blog yang ditelantarkan, apa yg bisa dimanfaatkan dari blog semacam ini? Kecuali anda membuat konten dengan masa expires yang panjang seperti resep masakan, tips atau konsultasi religi, anda bisa mengandalkan hasil pencarian dari mesin pencari untuk mempertahankan statistik pembaca anda.

5. Pahami pembaca anda

Banyak sekali blogger yang mengabaikan respon pembacanya. Semoga saya dengan blog masbadar.com ini tidak termasuk. Saya berusaha menjawab pertanyaan dan merespons diskusi via komentar, facebook, google plus, SMS bahkan telepon.

Demikianlah sekurang-kurangnya 5 hal yang bisa saya bagi dengan anda. Merasa ngeblog di kuburan semoga berakhir setelah membaca 5 tips ini. Ada yang bisa menambahkan? Silahkan.

facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmailby feather