Cara Mengamankan Privasi Anda di Facebook

Cara Mengamankan Privasi Anda di Facebook. Facebook memang sudah bak sebuah lemari pribadi. Semua data personal anda, bisa saja lengkap dan detail tersimpan di sana. Ada foto-foto masa lalu yang tentu tidak semua orang harus tahu, ada juga mungkin satu dua patah status yang menyinggung orang lain atau bahkan mengkritisi pemerintah, atau kadang status anda yg bisa saja dianggap ngawur oleh orang lain, atau bahkan anda sendiri di lain saat ketika menyadarinya.

Semua data-data itu bisa digunakan oleh pihak yang berwenang seperti kepolisian, oleh rekan-rekan anda, oleh agensi pencari kerja, bahkan oleh para pemburu data untuk keperluan bisnis seperti marketing untuk bisnis periklanan.

logo facebook dan tips menjaga privasi di facebook

Yang terbaru dari fasilitas facebook adalah adanya perangkat pencarian atau search tool. Di manapun perangkat pecanrian akan mengindeks aneka data anda dan walhasil siapapun yang tidak anda kenal akan dapat mengetahui siapa sesungguhnya anda dari tabiat status anda, kesukaan anda dan kemana anda pergi dan di mana anda berada. Silahkan nilai sendiri tingkat bahayanya jika anda mudah dilacak.

Memang di facebook sendiri anda bisa memilih keternampakan status anda bagi orang lain, anda bisa tentukan siapa saja yang anda perbolehkan melihat update status anda dan siapa yang tidak. Meski demikian secara keseluruhan anda tidak bisa melakukannya pada fasilitas pencarian di facebook.

Berikut ini beberapa hal yg mungkin bisa membantu mengendalikan facebook agar tidak mengekspos habis data-data privasi anda.

1.  Kendalikan cara mesin pencari menemukan data anda

Beralihlah pada “who can see my stuff” pada bagian atas kanan halaman Facebook anda. Klik “see more settings.” Secara default, search engines atau mesin pencarai dapat membaut tautan / me- link kepada timeline anda. Di sana anda bisa mematikannya.

Mengarahlah pada “activity log.” Di sana anda dapat menentukan siapa saja yang bisa melihat tulisan, update status, foto, video, dan kesukaan anda. Anda bisa meliha pada pengaturan original privacy pada original post.

2. Batasi cara mesin pencari mengetahui profil anda

Silahkan menuju halaman profil dan klik “About me”. Tentukan mana saja yang anda anggap pantas dunia mengetahui tentang keluarga anda atau tanggal lahir anda. Tanggal lahir kadang bagi oknum hakcer dianggap penting untuk suatu saat dieksploitasi.

Jika anda jeli, sesungguhnya banyak sekali bermacam aplikasi pendulang data dari facebook untuk bermacam tujuan; mulai dari sekedar berburu calon kustomer untuk asuransi, pemasaran sekolah, rumah, hingga narkoba. mungkin saja ada aplikasi yang mengintip data profil guna tujuan penjualan Narkoba!

3. Awasi pengiklan di Facebook

Facebook seolah memiliki banyak mata dari berbagai jaringan. Huruf “F” bertebaran di banyak website, termasuk di website masbadar.com ini. Ketika anda mengklik “F” tersebut atau disebut juga anda me”likes” sebuah tulisan / artikel tersebut, teknologi facebook akan mengkonversikannya sebagai sebuah data berupa minat seorang pengguna facebook terhadap sebuah trend atau opini, nantinya data inilah yang akan disesuaikan dengan target periklanan pada facebook. Anda bisa mengendalikannya dengan meng-close iklan yang muncul begitu saja di halaman facebook anda, atau menyembunyikannya.

4. Kendalikan pertemanan anda

Dengan siapa saja anda menerima dan meminta pertemanan, pertimbangkanlah selalu. Beberapa kali terjadi kasus seorang pegawai dipecat oleh bosnya gara statusnya di facebook, bos kok dijadikan teman. Kasus rumah tangga yang berujung perceraian karena terkait pertemanan dengan teman dari masa lalu, munculnya Cinta Lama Bersemi Kembali dan lain-lain. Atau anda menerima pertemanan dari orang yang tidak jelas, dan anda berbagi semua rahasia hidup anda dengan “teman” tersebut. Teman adalah teman nyata anda di dunia nyata, itulah tempat bijak anda berbagi curhatan, bukan “teman” ala facebook.

Incoming search terms:

  • cara mengamankan data foto di facebook