Cara Optimasi Bisnis melalui Google Search dan Google Plus Communities

Cara Optimasi Bisnis melalui Google Search dan Google Plus Communities. Ketika kebanyakan pelaku bisnis memanfaatkan halaman Facebook (facebook page) untuk mendapatkan kustomer, sesungguhnya Google Plus telah menyediakan bagi dunia bisnis sebuah fitur yang tidak kalah canggih.

Jika pengguna bisa memanfaatkannya dengan cerdas, fitur Google Plus ini  akan mendekatkan sebuah brand kepada calon kustomer melalui cara interaksi yang lebih akrab. Fitur ini adalah Google Plus Communities atau Komunitas Google Plus, sebuah fitur dari Google Plus yang diperuntukan bagi pengguna untuk membuat semacam halaman seperti page milik facebook. Jika facebook menawarkan halaman sebagai murni dinding pajangan promosi, maka halaman Komunitas di Google Plus lebih mengedepankan interaksi komunitas, bersosialisasi, bermasyarakat, tanpa meninggalkan fungsi-fungsi utama sebagai tempat publikasi bisnis.

Jika anda pemilik brand untuk produk-produk perangkat otomotive kendaraan bermotor, anda sebagai pengguna Google Plus dapat bergabung dengan komunitas-komunitas pecinta otomotiv yang telah menmanfaatkan fitur ini, atau anda bisa membuatnya dan mempromosikan halaman komunitas itu.

Google-Plus-Communities-dan-Optimasi-bisnis-melalui-Google-Search-artikel-pada-masbadar.com_

Membangun kesigapan terhadap brand dari produk yang anda miliki dan Jasa Layanan yang anda tawarkan bisa dioptimalkan dengan pemanfaatan secara cerdas fasilitas Google Plus Communities. Setiap orang menyukai komunitas, entah offline maupun online. Meningkatnya pengguna Google Plus tentu berdampak positif terciptanya komunitas-komunitas baru .

Google Plus memberikan opsi bagi penggunanya berupa “Public” maupun “Private” ketika membuat sebuah halaman komunitas baru Google Plus Communities. Manakala institusi bisnis hendak bergabung dengan sebuah komunitas yang terkait dengan brand / produk mereka, maka interaksi dan diskusi semestinya menjadi dua hal yang diutamakan. Ketika komunitas tersebut menjadi populer dan keterpercayaan pun terbangun, maka pemilik bisnis yang tergabung bisa mulai memperkenalkan produk dan layanan yang  mereka miliki kepada anggota /follower komunitas tersebut. Inilah tujuan utama bagi industri dalam pemanfaatan Google Plus Communities, bahwa target yang dicapai adalah terciptanya hubungan akrab dengan kustomer, bukan semata memaksakan penjualan.

Di atas telah saya sebutkan tentang pembuatan sebuah laman komunitas baru di Google Plus. Adalah sebuah kebutuhan dan keharusan tatkala  anda tidak menemukan komunitas yang sesuai dengan bisnis atau industri anda untuk menciptakan halaman komunitas yang baru. Membuat halaman komunitas baru di Google Plus Communities sangatlah mudah. Satu hal yang tidak boleh anda tinggalkan adalah memberitahukan kepada khalayak pengguna Google Plus mengenai eksistensi halaman komunitas anda tersebut.

Terbangunnya sebuah komunitas tentu menjadi wajib untuk terbangunnya komunikasi berupa diskusi. Jika anda telah memiliki otoritas dari halaman Google Plus Community anda, maka saatnya anda memelihara kelangsungan diskusi terkait industri dan produk anda. Banyak pelaku industri yang kini memanfaatkan Google Plus, hal ini telah menjadi sebuah alternatif lain bagi masyarakat luas pengguna Google Plus untuk mendapat respon dan jawaban dari pemilik produk atau industri terkait berkenaan dengan keluhan dan pertanyaan mereka. Selanjutnya, menciptakan suasana diskusi yang kondusif dan akrab menjadi keharusan ketika diskusi mengarah kepada topik-topik dan tema-tema yang mengusung industri atau produk anda.

Dan berita baiknya adalah komunitas di Google Plus sangat terindeks di mesin pencari Google (Google Search). Semua diskusi terkait industri, produk dan bisnis anda akan terindeks dengan baik pada Google Search, ini artinya akan mendatangkan calon-calon kustomer baru dari luar komunitas anda terhadap bisnis anda.

Referensi:

  1. http://www.dailydealmedia.com/225-5-ways-google-plus-communities-can-be-used-to-benefit-your-seo/
  2. http://socialmediatoday.com/navneet/1244311/5-reasons-use-google-plus-communities-brand-promotion
  3. http://www.inc.com/christina-desmarais/google-plus-communities-feature-connects-business-users.html
  4. http://www.sociallinkmart.com/blog/2013/02/07/marketing-google-plus-communities/
  5. http://www.forbes.com
  6. Picture from: http://www.dealernewswire.com

Incoming search terms:

  • google plus bisnis
  • komunitas gogle accent
FacebookTwitterLinkedInStumbleUponBlogger PostDeliciousDiggTumblrApp.netShare