Desain Grafis Inilah 10 sifat warna yang mempengaruhi sales dan marketing

Jika pada beberapa tulisan terakhir saya banyak menulis tentang facebook dan Google, persaingan, perbedaan dan persamaan mereka. Satu hal yang membuat mereka sama adalah sama-sama berkarakter warna biru. Ya, kali ini saya akan menyuguhkan artikel tentang warna. Tentu tulisan ini akan berhubungan dengan banyak dunia desain grafis dan juga desain web.

10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

Ada 10 warna, setidaknya, yang bisa dianggap berpengaruh pada dunia bisnis, terutama sales, penjualan, juga marketing.

Sebagai pekerja grafis, pada setiap karya grafis yang saya kerjakan, saya selalu dituntut untuk menyesuaikan warna dan aneka teknik komposisinya pada corak desain terhadap sebuah publikasi terkait produk sekaligus bisnis dari kustomer.

Tidak saja dalam dunia desain grafis, pada website atau weblog, pemilihan warna juga mempengaruhi tujuan dan target marketing.

Bermain warna bagi saya bukan sesuatu yang asing, saya suka menggambar dan melukis semenjak kecil, namun pada perjalanannya kecenderungan saya lebih kuat pada dunia tulis menulis, bahkan semenjak remaja, karenanya weblog dan website dengan bermacam konten menjadi keasyikan saya sendiri.

Kembali pada warna, sementara ada beberapa kustomer yang menganggap saya cederung pada beberapa warna, sesungguhnya saya selalu beruapa memberikan banyak penyesuaian warna pada objek grafis dan desain terhadap layanan yang diminta.

Semoga bukan dianggap curhat, saya banyak melakukan bongkar pasang tema dan warna pada blog ini, tetapi hampir tidak selalu jauh dari warna hitam membias dan tentu saja, ini yang paling dominan: BIRU. Entah kenapa saya begitu menyukai warna biru. Mungkin nanti pada paragraf lain akan saya ungkapkan sedikit rahasia pada warna biru.

Dari beberapa sumber yang telah saya coba kumpulkan, berikut inilah 10 wrna yang paling berpengaruh pada bisnis, terutama peningkatan sales / marketing.

Warna Hijau pada Web Desain dan Grafis, 10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

1. Warna Hijau

Hijau adalah warna yang fleksibel dan serba guna. Mengandung unsur alam dan kesejukan yang selalu menarik mata, warna hijau adalah warna yang selalu menghadirkan kenyamanan bagi kustomer sebuah produk atau pengunjung bagi sebuah website/weblog. Sehat, keasrian, nyaman, dan kemapanan adalah sifat warna hijau. Mata uang US Dollar juga didominasi warna hijau, konon warna hjau bisa dianggap representasi kemapanan dari sisi ekonomi atau kemakmuran. Menurut anda?

Warna Kuning pada Web Desain dan Grafis, 10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

2. Warna Kuning

Sebagai bagian dari 3 warna utama yaitu Merah Biru Kuning, Kuning merupakan warna yang kuat, meski warna kuning juga merupakan corak yang mewakili sesuatu yang menggemparkan, tapi tergantung bagaimana mengolahnya, tentunya. Dengan komposisi dan perpaduan yang tepat warna kuning bisa anda gunakan untuk mencuri perhatian kustomer atau audiens website/weblog anda, dan tunjukkan kepada mereka bahwa anda percaya diri dan nyaman dalam kemampuan anda.

Warna Merah pada Web Desain dan Grafis, 10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

3. Warna Merah

Tentu merah adalah warna yang sangat kuat, merah adalah simbol kekuatan. Hampir pada banyak elemen di dunia marketing, warna merah selalu mendominasi. Warna merah selalu bisa menarik perhatian dan mempertahankannya. Gunakan warna merah pada desain grafis dan website/ weblog tanpa berlebihan.

Warna Pink pada Web Desain dan Grafis, 10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

4. Warna Pink / Merah Jambu

Warna pink selalu mewakili dunia remaja lebih khusus dunia perempuan. Jika kustomer dan audiens anda secara demografi adalah wanita muda, para gadis dan remaja putri, tidak salah anda utamakan warna ini. Pink adalah representasidari sifat riang, ceria dan benar-benar feminin.

Warna Ungu pada Web Desain dan Grafis, 10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

5. Warna Ungu

Konon ungu adalah warna representasi kerajaan. Gunakan warna ungu untuk menunjukan sentuhan yang elegan dan wibawa terhadap produk/ weblog / website anda.

Warna Orange pada Web Desain dan Grafis, 10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

6. Warna Oranye

Oranye adalah warna yang dominan pada jeruk dan bermacam buah yang bernutrisi / bervitamin tinggi, oranye adalah warna energi. Warna oranye dapat menarik banyak perhatian, menyenangkan dan indah. Oranye dapat menghadirkan sensasi fresh, sehingga seolah berinteraksi dengan produk / tampilan yang berteknologi termutakhir.

Warna Coklat pada Web Desain dan Grafis, 10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

7. Warna Coklat

Coklat adalah warna yang sangat membumi, laiknya tanah yang kita pijak, dan bumi sebagai tempat tinggal. Warna coklat bisa menghadirkan kenyamanan sekaligus perasaan relaksasi terhadap pengunjung sebuah web atau kustomer terhadap sebuah produk.

Warna Hitam pada Web Desain dan Grafis, 10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

8. Warna Hitam

Hitam adalah simbol kekuatan, keperkasaan. Sebagai bagian dari sifat-sifat warna yagn multi guna, hitam bisa saja menghadirkan dan memperkuat kesan modern maupun tradisional dengan segala kenyamanan dan daya tariknya. Dengan perpaduan warna yang kontras selalu bisa menambahkan efek dramatisasi atau perasaan emosional yang dalam dalam mood apa saja. Berani menggunakan warna hitam?

Warna Emas pada Web Desain dan Grafis, 10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

9. Warna Emas

Warna emas selalu menunjukkan sifat elegan dan prestisius. Dengan perpaduan warna ungu atau hijau, warna emas mampu mendatangkan kesan penuh kekuatan yang mewakili simbol kesejahteraan tinggi atau keaslian dan silsilah yang baik.

Warna Biru pada Web Desain dan Grafis, 10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

10. Warna Biru

Seperti yang saya tulis di awal artikel ini, warna biru yang juga digunakan di weblog masbadar.com sebagai warna tema dan dominasi, warna biru konon bisa menghadirkan kepercayaan, keunggulan, kemampuan, kedewasaan, keluasan, kedalaman, ketenangan dan sebagainya. Tentu dengan kombinasi, perpaduan dan komposisi yang apik nan sesuai, warna biru akan bisa mendatangkan efek dan sifat-sifatnya.

Berikut apa yang saya berhasil kumpulkan dari beberapa sumber tentang dominasi warna biru pada produk, jasa, institusi, bisnis maupun logo yang menawarkan makna kepercayaan, keunggulan, kemampuan, kedewasaan, keluasan, kedalaman, ketenangan dan sebagainya.

Blue Brands - Warna Biru pada Web Desain dan Grafis, 10 warna yang mempengaruhi sales dan marketing

Biru merupakan warna versatile / multiguna sebab warna biru bersama merah dan kuning adalah warna utama.

Tahukah anda jika banyak institusi keuangan seperti perbankan yang menggunakan warna biru pada logo dan warna gedung mereka?

Biru merupakan sebuah warna yang dianggap sangat penting dalam menciptakan dan menghidupkan sebuah Brand, dan branding dalam bisnis bisa disebut suatu proses untuk menciptakan nama dan pandangan yg unik pada konsumen mengenai suatu produk dan jasa melalui kampanye iklan dengan tema yang konsisten.

Konon warna biru banyak mempengaruhi persepsi kostumer thdp suatu website karena sifatnya yang friendly dan mudah menampilkan teks secara netral, entah teks wanr hitam maupun putih.

Selain itu pada banyak pemilihan warna bitu terhadap desain website, warna dipilih karena diketahui memberi efek yg menenangkan, sehingga viewer tidak cepat bosan.

Tahukah anda, menurut www.sfgate.com jika warna biru dipilih oleh Mark Zuckerberg sebagai default warna bagi Facebook karena ia memiliki kekurangan pada penglihatannya berupa buta warna merah-hijau?

Weblog yang tengah anda baca ini, masbadar.com, menggunakan tema dengan warna biru. Berikut beberapa daftar website terkenal dengan desain warna biru:

  1. Google Apps
  2. Facebook
  3. Logo Twitter
  4. Linkedin
  5. The White House
  6. Kaskus
  7. Klik BCA
  8. Vimeo
  9. Kompasiana
  10. Dll….

Referensi:

  1. http://www.business2community.com
  2. http://sixrevisions.com
  3. Kaskus.co.id
  4. www.1stwebdesigner.com
  5. www.sfgate.com
  6. http://webdesignledger.com
  7. http://www.webnotwar.ca

Incoming search terms:

  • Design website warna kuning dan biru
  • pemilihan warna text pada desain grafis
  • warna yang menarik mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>