Desain Rumah dengan Software 3D Home Architech Deluxe

Tulisan ini adalah tentang desain rumah dan software rancang bangun menggunakan aplikasi CAD simpel sederhana software 3d paling gampang: 3D home architech deluxe. Tulisan ini juga mengenai cara cepat bikin blue-print rumah dan software arsitek.

Desain Rumah dengan Software 3D Home Architech Deluxe. Sekarang ini banyak software CAD atau computer aided design software yang khusus bikin desain rumah atau perumahan.

Menggunakan auto CAD tentu pilihan bagi para professional, tetapi banyak juga professional yg beralih menggunakan home architect CAD untuk keperluan lebih spesifik; rekayasa bangunan. Bertebaran produk software mulai dari yang simple dan sederhana (seperti keluaran brotherbund atau punchsoftware) hingga yang kompleks seperti archiCAD yang dapat berintegrasi dengan auto CAD dan lain sebagainya.

Saya, meski tidak ahli pada bidangnya; pernah menggunakan auto CAD produk autodesk, lalu yang lebih mudah dan langsung pada point rekayasa bangunan yaitu 3D home architect deluxe, lalu punch, archiCAD dan beberapa software lainnya.

 

Desain Rumah dengan Software 3D Home Architech Deluxe 3d-home-architech-1996-versionSekedar berbagi pengalaman dan ini juga bukan iklan gratis, :) , bagi anda yg ingin nostalgia dgn software brotherbund tempo doeloe yaitu 3dhome architext deluxe versi 3.0 atau 4.0 keluaran tahun 1996; anda bisa download di beberapa server sharing gratisan (saya gak usah cantumin link-nya, nanti dikira nyebarin software bajakan/ software terinfeksi), atau anda bisa membelinya di amazon.

Bagi anda yang ingin memulai belajar home desain, gak ada salah mencobanya.

Salah seorang kakak saya yang kontraktor tradisional sangat berterima kasih pada saya ketika pertama kali saya perkenalkan software ini. Dijalankan pada komputer tua pentium 2 dengan windows 98 yg saya install, ia berhasil mendesain beberapa proyek bangunan dan perumahan, daripada didesain manual katanya. Menggunakan autoCAD kan makan waktu, biaya dan sebagainya, lanjutnya.

Dulu saya pernah menggunakan versi ini untuk pertama kali belajar dan mempergunakannya mendesain beberapa bangunan. Di bawah ini contoh hasil gambar saya menggunakan 3d home architech versi 3.0:

Sederhana kan? Meski begitu, cepat selesai. Jadi, bagi anda yang hendak membangun, merehab rumah secara sederhana, atau sekadar iseng rancang-rancang rumah atau kandang ayam, tidak salahnya anda coba software ini. Jika anda sudah mahir, anda boleh beralih pada versi-versi terbarunya yang sudah sama sekali berbeda namun tetap lebih mudah dan familiar.

Dulu, sambil belajar, yah namaya juga belajar otodidak, hingga perlu 1 tahun bagi saya untuk mahir menggunakannya sebelum akhirnya saya beralih menggunakan archiCAD, saya pernah menterjemahkan file help software ini, berikut terjemahannya:

Berikut terjemahannya:

TEKNIK DASAR
Tentang 3D Home Architect Deluxe

Selamat datang di 3D Home Architect Deluxe! Dengan 3D Home Architect Deluxe, anda bisa membuat rancangbangun sebuah rumah secara utuh, lengkap dengan sebuah peta area lahan. Sekali anda selesaikan rancang bangun, anda dapat membuat tampilan dan penelusuran 3 dimensi yang spectakuler.

3D Home Architect Deluxe menyediakan kelihaian mengolah object, meliputi rancang tembok/dinding, modul cabinet, pintu, jendela dan objek lainnya dalam rancangan anda dalam orientasi yang umum yang berhubungan dengan object yang ada. Program ini juga akan men-check untuk meyakinkan bahwa sebuah objek akan sesuai dengan area yang tersedia sebelum meletakan rencangan objek anda. Program ini juga memungkinkan peletakan berbagai item tambahan seperti pohon, taman, dan berbagai patung hiasan yang di sertakan dengan bentuk gambar bitmap, yang juga dapat terlihat dalam tampilan 3 dimensi. Hal ini akan menambah realistis desain rumah anda.

Begitu anda selesai membuat rancang bangun anda, anda bisa meletakan camera di mana saja untuk membuat tampilan 3 Dimensi. Anda juga dapat menampilkan sebuah kilasan rancangan 3 dimensi yang akan menayangkan keseluruhan rancang bangun dan area lahan dari sebuah sudut pandang keseluruhan. 3D Home Architect Deluxe memungkinkan anda bekerja secara berkesinambungan dalam tampilan plan 2 dimensi dan 3 dimensi dalam satu rancang bangun yang sama dan membuat tampilan keduanya terlihat pada saat yang sama. Anda juga dapat memilih dari berbagai macam material yang digunakan untuk melapisi dinding tembok, lantai, atap dan tanah urug. Material-material ini dapat terlihat dalam tampilan Applied Materaials.

Dalam tampilan camera 3 Dimensi, anda dapat merekam dan menayangkan penelusuran 3 dimensi rancang-bangun anda.

Untuk membantu anda mengingat prosedur-prosedur kode bangunan yang penting, 3D Home Architect Deluxe menyediakan sebuah Plan Check. Fasilitas Plan Check seakan-akan seperi seorang arsitek yang duduk disamping anda, karena ia mampu mereview pekerjaan anda terhadap prosedur-prosedur kode bangunan standar untuk memberi anda feedback yang membantu tentang ebrbagai hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh anda.

Untuk memperoleh perkiraan biaya dari bangunan anda, fasilitas Material List memungkinkan anda untuk menyeimbangkan biaya material secara pribadi dan menghitung total keseluruhan proyek. Jika anda hanya ingin memiliki material yang diperkirakan untuk satu ruang kamar tertentu saja atau salah satu bagian tertentu rumah anda, maka anda dapat memperkirakannya.

Dengan seluruh fasilitas-fasilitas yang mumpuni ini, 3D Home Architect Deluxe memiliki segalanya yang anda butuhkan dalam membuat masterplan anda!

Dasar-dasar 3D Home Architect Deluxe

Penggunaan Toolbar

Toolbar adalah barisan icon-icon pada bagian atas layar, persis di bawah barisan menu. Barisan icon-icon yang dimulai dari kiri disebut mode buttons /tombol-tobol mode. Ketika anda memilih salah satu tombol, berarti anda berada dalam mode tertentu dan sekelompok tools akan muncul pada sisi kanan toolbar. Tool-tool tidak akan muncul pada tombol mode Fixtures, Furniture, Stairs, dan Text karena mode-mode tersebut tidak memerlukannya.

Ketika anda memilih sebuah tombol mode atau tool mode, nama mode atau nma tool tersebut di tampilkan dalam status box (kotak statue) pada sisi kanan tombol-tombol mode. Untuk memunculkan help dalam mode tertentu, letakan kursor pada tombol tool atau tombol mode dan tekan tombol F1 pada keyboard.

Meletakan kursor pada tombol mode atau tombol tool tanpa meng-kliknya akan memunculkan sebuah deskripsi dari tombol mode atau tombol tool tersebut pada status bar di bagian bawah layar.

Tombol Selection Mode

Jika anda ingin memilih beberapa item dalam plan (rancangan/rencana) anda, klik tombol Selection Mode, kemudian klik item-item tersebut. Ketika anda meng-klik tombol Selection Mode, tool-tool selection mode tambahan akan muncul pada sebelah kanan toolbar. Gunakan pointer untuk memilih salah satu object. Meng-klik pada salah satu objeck dengan pointer akan memunculkan tool-tool yang memungkinkan menghapus, mengcopy, menggeser, membuka dan memilih object selanjutnya.

Tombol Wall Mode

Tombol Wall Mode berfungsi untuk mengaktifkan model dinding yang memungkinkan anda menggambar dinding. Ketika tombol Wall Mode terpilih, Wall Tool /tool-tool pendukung pembuatan dinding akan muncul di sebelah kanan toolbar.

Tombol Door Mode

Tombol Door Mode berfungsi untuk mengaktifkan model pintu yang memungkinkan anda untuk meletakan pintu /gambar arah pintu pada dinding yang ada. Ketika tombol Door Mode terpilih, Door Tool/ tool-tool pendukung pembuatanpintu akan muncul pada sisi kanan toolbar. Klik pada dinding manan saja untuk menempatkan sebuah pintu.

Tombol Window Mode

Tombol Window Mode berfungsi untuk mengaktifkan model jendela yang memungkinkan anda untuk menempatkan jendela pada dinding yang ada. Ketika tombol Window Mode terpilih, Window Tools/ tool-tool pendukung pembuatan jendela akan muncul pada sisi kanan toolbar. Klik pada dinding mana saja untuk menempatkan sebuah jendela. Catatan: jendela model Bay, Box, dan Bow hanya dapat di tempatkan pada dinding exterior (dinding bagian luar) saja.

Tombol Cabinet Mode

Tombol Cabinet Mmode berfungsi untuk mengaktifkan model cabinet yang memungkinkan anda menempatkan kabinet dalam sebuah plan. Ketika tombol ini terpilih, Cabinet Tools/ tool-tool pendukung pembuatan cabinet akan muncul pada sisi kanan toolbar.

Tombol Fixture

Tombol Fixture digunakan untuk menambahkan perabotan rumah tangga dalam sebuah plan. Gunakan tombol ini untuk menempatkan sebuah perabotan. Kotak dialog Fixture Library akan muncul.

Tombol Furniture
Tombol Furniture digunakan untuk meletakan furniture dalam sebuah plan. Gunakan tombol ini untuk meletakan furniture dalam sebuah objek. Kotak dialog Furniture Library akan muncul.

Tombol Outdoor Objects
Klik tombol ini untuk membuka kotak dialog Outdoor Lybrary dari tempat di mana anda bisa memilih sebuah object outdoor (luar rumah). Tombol ini memungkinkan anda untuk menempatkan pagar, gazebo, playset (seperangkat alat bermain) dan lain-lain.

Tombol Outdoor Images
Klik tombol ini untuk membuka kotak dialog di mana anda dapat memilih gambar-gambar outdoor. Tombol ini memungkinkan anda meletakan gambar-gambar bunga, bebatuan, pepohonan dan lain sebagainya. Perhatikan bahwa gambar-gambar tersebut tidak dapat dimanipulasikan dengan cara yang sama ketika meletakan object outdoor.

Tombol Fireplace
Klik tombol ini untuk menempatkan sebuah per-apian.

Tombol Stairs Mode
Tombol Stair Mode berfungsi untuk mengaktifkan model-model tangga yang memungkinkan anda untuk menempatkan anak tangga atau menempatkan sebuah landing (bagian terbawah tangga, tempat pertama kali orang naik tangga/ terakhir diinjak ketika menuruni tangga). Tempatkan sebuah tangga atau landing dalam plan. Catatan: landing hanya dapat dibuat ketika dua dua anak tangga selesai di buat.

Tombol Roof Mode
Tombol Roof Mode berfungsi untuk mengaktifkan tool Roof at Wall. Tool ini memungkinkan anda meng-klik tiga jenis objeck yang berbeda untuk mengakses kotak dialog Roof Section at. Tergantung pada objek yang mana yang anda pilih, kotak dialog Roof Section at akan memiliki beberapa pilihan yang berbeda. Jika anda meng-klik tool tersebut pada sebuah dinding, anda akan mendapatkan kotak dialog Roof at Wall. Jika anda klik tool tersebut pada salah satu pintu atau jendela, anda akan mendapatkan kotak dialog Roof over Door atau kotak dialog Roof over Window. Tombol Roof Mode tersebut juga memberi anda akses pada kotak dialog Build Roof. Ketika anda mengklik tool Roof Mode, ia akan secara otomatis menghadirkan kotak dialog Buil Roof. Tombol Roof Mode juga memberi anda akses pada tool Delete Roof.

Tombol Electrical Mode
Tombol Electrical Mode berfungsi untuk mengaktifkan model kelistrikan yang memungkinkan anda untuk meletakan simbol-simbol kelistrikan dan membuat hubungan di antaranya. Ketika tombol tersebut terpilih, Electrcal Tools/ tool-tool kelistrikan akan muncul pada sisi kanan toolbar. Catatan: objeck-object kelistrikan hanya dapat di tempatkan dan ditampilkan pada window Plan saja.

Tombol Text Mode
Tombol Text mode Berfungsi untuk mengaktifkan model text yang memungkinkan anda menambahkan text. Gunakan tool ini untuk meletakan text di mana saja pada sebuah plan.

Tombol Dimension Mode
Tombol Dimension Mode berfungsi untuk mengaktifkan model dimensi yang memungkinkan anda meletakan sebuah dimensi manual atau garis dimensi exterior otomatis bagi sebauh plan. Ketika tombol ini terpilih, Dimension Tools/ tool-tool pendukung pembuatan dimensi akan muncul pada sisi kanan toolbar. Catatan: garis-garis dimensi hanya dapat ditempatkan dan ditampilkan dalam window plan saja.

Tombol View Mode
Tombol View Mode berfungsi mengaktifkan model-model tampilan yang memungkinkan anda meletakan kamera tampilan 3D, meninggikan dinding, atau membuat overview plan 3D. Ketika tombo ini terpilih, View Tools atau tool-tool pendukung pemodifikasi tampilan akan muncul pada sisi kanan toolbar.

Tombol Zoom Mode
Tombol Zoom Mode berfungsi mengaktifkan model zoom yang memungkinkan anda mengubah perbesaran window yang terbuka pada saat itu. Ketika tombol ini terpilih Zoom Tools atau tool-tool pendukung perbesaran window akan muncul pada sisi kanan toolbar. Catatan: tombol Fixture Mode, Furniture Mode, Stair Mode, dan Text Mode tidak memiliki tool-tool yang suka muncul pada sisi kanan toolbar.

Menggambar dan Membuat Dinding
Menggambar dinding adalah langkah pertama dalam pembuatan sebuah floorplan. Berbagai jenis dinding dan ketebalannya tersedia di software ini.

Sekali dinding tergambar, ia tidak dapat di geser, diperpanjang, dipendekkan, atau dirubah ke pada jenis dinding yang berbeda atau ke pada tebal dinding yang berbeda.

Pengertian Object
Furnitur, fixtur, pintu, tangga, perapian, jendela, dan cabinet adalah object yang bisa disertakan /ditempatkan ke dalam sebuah plan. Ketika anda meletakan sebuah objek, 3D Home Architect Deluxe akan mencheck untuk meyakinkan bahwa objek tersebut cocok dan pantas di tempatkan di area tersebut. Sekali objek di letakan ke dalam plan, ia tidak dapat di rubah ukurannya, digeser, di copy, dihapus ataupun dirotasi.

Penempatan Object

Menempatkan sebuah objeck adalah hal pertama yang akan anda lakukan, begitu anda selesai membuat dinding.

Membuat Teks, See page no.
Merubah Ukuran Object, See page no.
Memindahkan Object, See page no.

Meng-copy Object, See page no.

Menghapus Object / Gambar, See page no.

Merotasi Object, See page no.

Pengertian Tampilan Window Plan dan Window 3D

Windows Plan adalah tempat anda menggambar dinding dan meletakan object. Begitu anda selesai mendesain sebuah plan, maka telah siap membuat tampilan 3D (tiga dimensi). Tampilan window plan dan tampilan 3 dimensi, keduanya dapat dilihat pada saat yang sama. Untuk melihat keduanya dalam waktu yang bersamaan, pilih perintah Tile dari menu Window. Jika anda ingin menumpuk window, pilih perintah Cascade. Catatan: perubahan yang dibuat dalam tampilan Plan, tidak akan muncul begitu saja pada tampilan camera. Pilih Remove 3D dan ambil kamera lain untuk melilhat perubahannya.

Perbesaran Tampilan
Jendela tampilan Plan dan 3D memiliki fasilitas zooming yang memungkinkan anda menyesuaikan perbesarannya.

Memilih tombol Zoom Mode dari toolbar akan menampilkan sekelompok tool pada sisi kakan toolbar. Pilih tool Zoom untuk memperbesar tampilan plan anda. Begitu anda memilih Zoom Tool, kursor akan berubah menjadi kursor zoom. Klik dan tahan tombol mouse sambil menyeretnya ke area yang anda ingin mengisi windownya

Jika anda meng-zoom terlalu dekat, klik dua kali Move Out dan tampilan window saat itu memperkecil menjadi setengahnya.

Jika anda ingin menampilkan seluruh plan pada sebuah tingkat perbesaran yang memenuhi window, pilih Fill Window Tool. (Atau yang dikenal dengan istilah full screen, penerj.)

Mengatur Window Plan dan Window View
Window dapat diperkecil dan diperbesar dengan mengklik tombol Minimize dan Maximize pada atas kanan pojo setiap window. Mengklik tombol Maximize berrti akan memperbesar window sehingga memenuhi window layar. Mengklik tombol minimize akan membuatnya menjadi icon dan meletakkannya di bawah window program ini.

Begitu window diperkecil, ia bisa dibuka dengan mengklik dua kali icon tersebut. Jika anda melihat window yang telah diperkecil itu saling menumpuk satu sama lain atau ditempatkan secara acak, dan anda ingin window-window tersebut berbaris wajar, pilih perintah Arrange Icon dari menu Window.

Jika anda ungin memutar melalui window yang ada, tahan tombol CTRL dan TAB pada kerboard secara bersamaan. Jika window yang anda inginkan untuk berputar terperkecilkan, icon window tersebut akan terpilih.

Langkah-langkah Membuat sebuah Floorplan

Dimulai dengan menggambar dinding, jika anda menggambar keseluruhan floorplan, buatlah dinding exteriornya terlebih dahulu. Buatlah framework dinding exterior dasarnya terlebih dahulu untuk membuat lahannya secara keseluruhan. Begitu anda telah membuat framework dinding exterior, anda dapat menyesuaikan tinggi dinding dengan mengubah ukuran atau menggesernya. Jika anda menggambar sebuah remodel plan (plan yang bisa dibentuk ulang), anda mungkin akan ingin menggambar beberapa ruang saja. Dimulai dengan menggambar dinding yang menutupi ruangan pertama kali dan kemudian gambarlah dinding yang memisahkannya.

Begitu anda telah memposisikan dinding hasil desain anda, anda pasti ingin menempatkan pintu dan jendela dalam plan anda.

Buatlah kabinet di dapur dan kamar mandi sehingga bak mandi dapat ditempatkan di sana.

Tempatkan object object fixture dalam plan anda untuk mewakili perabotan, bak mandi dan berbagai perkakas anda.

Letakan object-object furnitur anda untuk mendemonstrasikan bagaimana plan anda berfungsi bagi anda.

Jika dibutuhkan, tempatkan simbol-simbol kelistrikan seperti outlet, saklar, dan lampu. Anda juga dapat menambahkan ilustrasi pengkabelan dengan cara menghubungkan simbol-simbol kelistrikan.

Kategori “Bagaimana Cara……?”

Cabinet

Cabinet digunakan untuk membuat lantai dasar, dinding, soffit, rak, dan full height cabinet. Kabinet standar, kabinet berujung radius, kabinet berujung peninsula dan kabinet berujung didukung oleh program ini. Kustomisasi cabinet menyediakan banyak jenis dan konfigurasi virtual kabinet. Full height cabinet digunakan untuk membuat rak buku, atau rak khusus dan kombinasi Cabinet.

Jenis-jenis Cabinet:

Base Cabinet,Base cabinet berdiri pada lantai dan pada umumnya digunakan untuk membuat dapur standar dan kabinet kamar mandi.
Wall Cabinets,Cabinet dinding pada umumnya digunakan untuk membuat kabinet di atas kabinet base standar pada sebuah dapur.
Full Height Cabinets, Full height cabinets berdiri di atas lantai dan pada umumnya digunakan untuk meletakan perabotan permanen, membuat lemari makanan, rak buku dan lain-lain.
Soffit,Soffit digunakan untuk menutup celah di antara kabinet wall cabnet dan plafon (langit-langit). Soffit juga dapat digunakan sebagai fitur yang berdiri sendiri, membuat langkah langit-langit di sekitar ruangan.

Membuat Cabinet
Cara membuat kabinet:
a. Klik tombol Cabinet Mode pada tolbar.
b. Klik tool Cabinet secara sepesifik pada toolbar setelah kiri.
c. Klik lokasi anda akan meletakaanya. Catatan: cabinet hanya dapat dibuat pada tampilan plan saja.

Merubah Ukuran Cabinet

Cara meubah ukuran kabinet dalam tampilan Plan:
a. Klik tombol Selection Mode pada toolbar.
b. Klik kabinet untuk memilihnya. Tiga point sebelah luar, satu point pusat dan satu point rotasi segitiga akan muncul.
c. Klik dan seret salah satu dari tiga point untuk me-resizenya.

Cara meubah ukuran kabinet dalam tampilan 3D:
a. Klik tombol Selection Mode pada toolbar.
b. Klik kabinet untuk memilihnya. Empat point luar dan satu point center akan muncul.
c. Klik dan seret salah satu dari empat point luasr untuk meresize.
a. Catatan: jika anda tidak bisa merisize kabinet, mungkin disebabkankarena terlalu dekat denganobjek yangada, dinding atau lantai. Tarik centerpointnya menjauh dari objeck, dinding atau lantai kemudian re-sizelah.kabinet jiga dapat di resize sesuai kemauan anda dalam kotak dialog Cabinet Spesification.

Memindahkan Cabinet
Memindahkan cabinet dalam tampilan Plan:
a. Klik tombol Selection Mode pada toolbar.
b. Klik sebuah kabinet untuk memilihnya. Tiga point luar, satu centerpoint dan sebuah point rotasi segitiga akan muncul.
c. Klik dan tarik centerpoint.
a. Catatan: untuk menggeser kabinet sesuai kebutuhan, tahan tombol CTRL sementara menngeser.

Memindahkan cabinet dalam tampilan 3D:
a. Klik to,bol SelectionMode pada toolbar.
b. Klik pada sisi kabinet untuk memilik permukaan, empat point luar dan satu centerpoint akan muncul. Jika anda tidak bisa memilih sisi yang akan digeser, anda harus merubah possisi kamera untuk memampilkannya dan pilih sisi tersebut.
c. Klik dan seret centerpointnya.
a. Catatan: jika anda tidak bisa menggeser salah satu kabinet, hal ini mungkin dikarenakan teralu dekatnya objek yang ada.

Menghapus Cabinet
Menghapus cabinet dalam tampilan manapun:
a. Klik tombol Selection Mode pada toolbar.
b. Klik pada kabnet untuk memilihnya.
c. Klik Delete Tool, pilih Cut dari menu Edit atau tekan tombol DELETE pada keyboard.

Merotasi Cabinet
Cara merotasi Kabinet:
a. Klik tombol Selection Mode pada toolbar.
b. Klik objek untuk memilihnya. Sebuah segitiga akan muncul pada salah satu ujungya.
c. Letakan kursos pada segitiga tersebut dan ia akan berubah menjadi kursosr rotasi (panah bulat)
d. Klik dan tahan tombol kiri mouse sementara menggesernya dalam gerak berputar.
e. Lepaskan tombol mouse.
a. Catatan: perotasian salah satu objek hanya dapat dilakukan dalam tampilan Plan.

Mengkustomisasi
Membuat Custom Cabinet
Cara membuat Custom Cabinet:
a. Klik tombol Cabinet Mode pada toolbar. Sekumpulan tool-tool cabinet akan muncul pada sebelah kiri toolbar.
b. Pilih salah satu jenis kabinet dari tool-toll yang tersedia.
c. Klik mouse dalam plan untuk meletakan cabinet.
d. Pilih tombol Selection Mode pada toolbar.
e. Klik dua kali pada cabinet. Dialog Cabinet Specisikation akan muncul.
f. Dalam kotak dialog kabinet, preview kabinet akan muncul di sebelah kanan. Klik pintu atau penggambar pada preview kabinet untuk memilih item yang ingi anda kustomisasi.
g. Klik panah bawah ke arah kanan entry field jenis item. Pilih jenis kabinet dari menu. Sesuaikan setting kabinet yang lain jika dibutuhkan.
h. Klik tombol OK
a. Catatan: jika sebuah item tidak dapat dirubah karena ukuran kabinet yang diinginkan untuk menempatkan item tersebut, anda harus menghapus item-item yang lain dengan meimilihnya pada tampilan preview dan mengklik tombol Delete. Jika anda ingin menambahkan atu menyisipkn preview dan pilih point yang akan disisipkan. Untuk menambahkan item, klik tombol Add New.

Membuat End Cabinet
Cara membuat end cabinet:
a. Klik tombol Cabinet Mode pada toolbar.
b. Pilih tool Base Cabinet, tool Wall Cabinet, tool Full Height Cabinet pada kanan toolbar untuk meletakan jenis kabinet yang sesuai.
c. Geser kursor ke lokasi di didi cabinet yang ada dan klik untuk meletakan kabinet. Pembuatan sebuah end kabinet atau radius end kabinet membutuhkan satu sisi belakang untuk di sambungkan ke dinding attau kabinet lain. Pembuatan kabinet radius peninsula, anda perlu merotasi kabinet tersebut sehingga bagian belakang terhubungkan ke kabinet yang lain.
d. Klik tombol Selection Mode dari toolbar.
e. Klik 2 kali pada kabinet. Dialog Cabinet Spesifiaction akan muncul.
f. Klik tanda panah ke bawah ke arah kanan area yang ditandai “Special”.
g. Pilih salah satu jenis end kabinet dari menu yang muncul.
h. Klik tombol OK.
a. Catatan: kedalaman cabinet mesti sama ukurannya atau lebih besar dari lebarnya untuk merubah ke dalam kabinet jenis end atau radius.

Lebih lengkap, “download di sini”

Incoming search terms:

  • aplikasi rancang bangun
  • Rancang bangun
  • rancang bangun rumah
  • cara menggunakan 3d home design
  • rancangbangun rumah
  • Design bangunan 3d coreldraw
  • gmbr bangunan
  • MEMBUAT BROSUR RUMAH MENGGUNAKAN ARCHICAD
  • program rancang bangun rumah
  • 3d home architect bahasa indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>