Fungsi dan Berbagai Jenis Mesin Bubut

Untuk menghemat biaya produksi, jasa penyediaan mesin bubut lebih sering dipakai oleh kebanyakan perusahaan industri dan manufaktur. Karena ongkos pembelian mesin bubut cukup membebani, belum termasuk dengan biaya perawatan, suku cadang, serta jumlah unit yang dibutuhkan. Selain itu, fungsinya yang sangat vital dalam industri dan manufaktur tidak memungkinkan untuk mencari solusi alternatif lainnya demi penekanan anggaran. Tulisan ini adalah tentang Fungsi dan Berbagai Jenis Mesin Bubut.

Mesin bubut sendiri tergolong sebagai  salah satu mesin yang punya sejarah panjang. Di awal abad 20, rata-rata pabrik di belahan Eropa sudah menggunakan mesin ini. Prinsip kerjanya tidak berbeda dengan mesin pemotong dengan hasil berbentuk penampang silinder. Kalau diamati lebih cermat, mekanisme mesin bubut menyerupai bor. Putaran mata pahat yang dihasilkan oleh mesin bekerja secara efektif untuk memotong-motong material yang dibutuhkan dalam industri dan manufaktur.

Jenis jenis mesin bubut

Hasil-hasil potongan pun bisa dibentuk berdasarkan gerak mata pahat pada penampang silinder, yaitu dengan gerakan memutar pada poros secara relatif dan bentuk pahatan dalam gerak umpan. Pembuatan ulir bergaya khusus bisa diatur untuk menentukan hasil pahatan. Biasanya, gaya pahatan tersebut bisa kita temukan pada gelang ukiran, ukiran di bagian dalam kayu, baut, dan mur. Selain digunakan sebagai industri dan manufaktur bahan-bahan rumah dan bangunan lainnya, pemakaian mesin bubut sangat bermanfaat untuk memproduksi berbagai komponen yang dibutuhkan oleh pabrikasi mesin industri, kereta api, pesawat, galangan kapal, serta berbagai produk otomotif.

Fungsi dan Berbagai Jenis Mesin Bubut

Nah, mesin bubut juga terdiri dari berbagai jenis yang bisa Anda ketahui sebagai berikut:

Mesin Bubut Centre Lathe

Mesin ini hampir sering dijumpai dalam industri dan manufaktur. Sistem kerjanya menerapkan menerapkan poros spindle dengan chuck yang salah satunya mencengkeram material yang akan diproses. Dua sisi rahang chuck tersebut saling bekerja sebagai pemutar dan sumbu.

Mesin Bubut Sabuk

Ada sabuk yang terhubung pada poros spindle. Poros tersebut menjadi pusat yang menggerakkan sabuk di sekeliling roda gigi. Material akan dipotong dan dibentuk ulirnya dari roda gigi yang bergerak teratur dengan mata pahatan.

Mesin Bubut Vertical Turning/Boring Milling

Sistem kerja mesin bubut jenis ini adalah otomatis. Yaitu dengan terlebih dahulu mengatur bentuk potongan sebelum diproses oleh mesin.

Mesin Bubut Facing Lathe

Jenis ini khusus digunakan untuk menghasilkan material yang bentuknya berupa piringan.

Mesin Bubut Turret

Mesin ini sangat cocok untuk digunakan dalam industri dan manufaktur yang membutuhkan produksi dalam skala besar. Hanya dengan mengatur sistem operasi di awal pemakaian, mesin ini akan terus bekerja dengan sistem dan hasil konstan.

Mesin Bubut Turret Sadel

Hampir mirip dengan mesin bubut Turret. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan sadel.

Mesin Bubut Turret Vertical

Mesin ini menerapkan mekanisme Turret dengan proses vertikal. Pola pahatan diatur dengan kepala samping di meja pemutar.

Kalau butuh informasi lebih lanjut tentang mesin bubut dan jenis apa yang dibutuhkan perusahaan Anda, silakan hubungi bengkel industri profesional. Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani

  • Design & Pembuatan Dies, Jig & Fixture
  • Fabrikasi : Pembuatan Platform Machine, Lori Cap. s/d 20 Ton
  • Hidroulik Service : Design & Pembuatan Lifter Unit, Piston Rod,
  • Cylinder/Houshing Piston
  • Machining & Manufacturing: Pembuatan bermacam Type Gear,
  • Shaft, dan komponen untuk mesin Industri
  • Industrial Automation & Programming Logic Control (PLC)
  • Machinery : Pembuatan mesin Filling, Packaging
  • Plating service: Hardchrome, Nicklechrome, Anodizing, Dll
  • Lining Process: Rubber, Polyurethan, Dll

Contact Sahl Engineering

Contact Us: Tell 6221-32932559 | Mobile: 0813 1531 7698

Picture from:

FacebookTwitterLinkedInStumbleUponBlogger PostDeliciousDiggTumblrApp.netXINGShare