Kiat Menghemat Biaya Listrik

facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmailby feather

Menghemat setiap peralatan listrik adalah hal yang sangat penting ketika kebutuhan akan listrik meningkat sementara suplai listrik jadi menurun. Selain penghematan sumber daya alam, dengan menghemat pemakaian listrik, anda juga bisa menghemat biaya. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang cukup efektif dalam berhemat akan listrik.

 

  1. Matikan lampu, televisi, Komputer dan perangkat listrik lain di saat tidak sedang dipakai
  2. Ganti gunakan lampu neon dari pada lampu pijar (incandescent). Penggunaan lampu neon bukan hanya akan membantu menghemat listrik, tapi juga mencahayai dengan lebih baik dan lebih efektif dari segi biaya.
  3. Jika memang menggunakan lampu pijar, maka gunakan lampu pengatur dimmer, sehingga dapat mengatur intensitas cahaya.
  4. Lebih baik meminimalisir penggunaan pendingin udara dan AC, sebagai gantinya gunakan kipas angin setiap kali memungkinkan.
  5. Seterika listrik benar-benar pemakan listrik. Jika digunakan secara cermat, anda benar-benar bisa menghemat sejumlah banyak energi. Daripada menyeterika setiap hari, lakukan seminggu sekali.
  6. Nyalakan AC dengan temperatur range seminimum mungkin untuk menghematlistrik. Jaga kondisi operasi medium atau rendah dan atur temperatur sedikit lebih tinggi.
  7. Temperatur ideal unuk kulkas adalah antara 36 sampai 2 derajat fahrenheit. Menyetel temperatur lebih rendah dari itu hanya pemborosan energi.
  8. Jika anda menggunakan laser printer untuk keperluian kantor atau kebutuhan rumah, coba perhatikan printer dapat menarik listrik sampai ratusan watt. Gunakan secara minimum dan jaga tombol switch off ketika tidak digunakan.
  9. Menggunakan peralatan yang lebih kecil bisa membantu mengurangi pemakaian listrik. Jika oven microwave anda bukan tipe yang menghemat listrik, lebih baik gunakan oven listrik biasa. Gunakan ceret listrik ketimbang kompor listrik. Belilah hanya alat modern yang menerapkan tehnologi hemat listrik.
  10. Atur penggunaan hair dryer agar tidak sesering mungkin
  11. Kontrol-lah penggunaan perangkat listrik kecil seperti jam elektronik, answering-machine telepon, pemutar DVD, konverter televisi kabel dan lain sebagainya. Mungkin hal tersebut kelihatan remeh, akan tetapi dari hal-hal kecil, jika sering dan banyak dilakukan, akan menajdi penghematan yang besar.
  12. Jangan pernah buka pintu oven listrik atau pintu kulkas, kecuali memang perlu.

Incoming search terms:

  • juicer hemat listrik
  • CARA MENGHEMAT PEMAKAIAN HAIRDRYER
  • bagaimana cara menghemat oven listrik
  • daya listrik hair dryer kris
  • daya listrik hair dryer
  • cara menghemat penggunaan hair dryer
  • cara menghemat listrik dryer
  • cara hemat listrik dengan pemakainan printer
  • bayar listrik jadi mahal
  • pemakaian listrik hairdryer
facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmailby feather