Mengapa Pengguna Facebook banyak berkurang

Mengapa Pengguna Facebook banyak berkurang. Facebook kehilangan 61% penggunanya. Jejaring sosial nomor wahid di dunia ini kini mulai pudar kharismanya. Seperti era friendster dulu, facebook sepertinya akan mengalami nasib serupa. Google plus kah pengganti posisinya?

Jika di Indonesia facebook masih wajib bagi mereka yang tidak mau dikatakan gaptek, gak gaul, dan kuno, sementara di negeri asalnya sendiri beragam alasan menurut sebuah survey, yang membuat facebook memang telah saatnya mengalami seleksi alam untuk turun popularitas.

Inilah-alasan-untuk-meninggalkan-facebook-bener-gak-yah

 

21 % dari mereka yg sudah tidak lagi menggunakan facebook adalah karena alasan kesibukan sehingga tidak ada waktu lagi untuk facebook-an. Rupanya facebooker yg dulu sibuk fb-an, kini sudah serius dengan kerjaan.

10 % yang lain adalah sudah tidak tertarik, bosan mungkin. Ya bosan tentu tabiat alami manusia.

10 % yang lainnya beralasan facebook hanya buang-buang waktu dan ada juga yang beralasan konten facebook kini sudah tidak relevan, gak nyambung lagi katanya.

Terlalu banyak dramatisir (sinetron kali yak), gossip, banyak hal negativ dan menimbulkan konflik adalah alasan dengan jumlah prosentasi 9% dari mereka yang meninggalkan facebook.

Sementara itu dengan jumlah 8%, menurut survey yang diambil sampel 13 hingga 16 Desember 2012 itu, meninggalkan facebook karena menghabiskan waktu saja.

8 % yang lain menjawab kadang-kadang saja menggunakan facebok, artinya sudah mulai jarang dari kebiasaan semula yang sering menggunakan. Bepergian juga menjadi alasan partisipan survey untuk tidak menggunakan facebook. Mungkin selama ini ketika traveling tetap mengupdate status, kini tidak lagi.

Cape dan bosan, cape deh boring ah menempati posisi 7% dari mereka yang tidak lagi ber-fb ria. Sedangkan 6 % dari responden survey gak tahu musti ngapain dengan facebook, sehingga tak punya alasan untuk menggunakan lagi facebook.

Masalah privasi, sekuriti, gangguan iklan dan aneka sampah-sampah online manjadi alasan dengan prosentasi 4 persen.

Tidak ada komputer dan internet menduduki peringkat prosentasi 2 persen. Ini survey main-main kali yah.

Dan 2 persen kedua mengatakan lebih suka komunikasi langsung dan nyata dari pada pake facebook, 2 persen ketiga adalah alasan kesehatan dan umur (wah inget umur juga ternyata).

reasons_for_facebook_breaks1 persen yang menarik adalah meninggalkan facebook untuk mendalami urusan yg lebih religius, wow.

1 persen sisanya adalah tidak suka posting status, alias dikit-dikit posting, lebay kali. Ya, lebay adalah alasan dengan besar prosentasi 1 % dari mereka yang meninggalkan facebook.

Saya sendiri? Sebagai pemanfaat jaringan internet untuk memasarkan jasa pekerjaan, saya masih sangat relevan berburu kerumunan online untuk sekedar mencari trend dan isu terbaru sehingga pertimbangan-pertimbangan bisnis saya banyak mendapat masukan.

Anda? dari sekian alasan para pengguna facebook di US sono, manakah yang sesuai dengan alasan anda? Tidak setuju? Ayo komentari.

referensi:

  1. http://finance.yahoo.com/news/pew-most-facebook-users-break-183122527.html
  2. http://www.theregister.co.uk/2013/02/05/pew_facebook_churn_story/
  3. http://www.edgeonthenet.com/technology/personal_tech/141375/report:_61percent_of_facebook_users_take_a_break
  4. http://entertainment.msn.com/news/article.aspx?news=789359&affid=100055
  5. http://www.infodocket.com/2013/02/05/social-media-61-of-facebook-users-have-voluntarily-taken-break-from-using-service/
  6. http://pewinternet.org/Reports/2013/Coming-and-going-on-facebook.aspx
  7. picture: http://regmedia.co.uk/2013/02/05/reasons_for_facebook_breaks.jpg