Mengenal Dasar-Dasar Cetak Offset, Offset Printing di Ayuprint.co.id – Karawang

Artikel menarik lainnya:

Benar, setelah sedikit mengupas soal warna pada tulisan tentang web desain dan desain grafis, lihat di sini artikelnya, kini saya mencoba mengarahkan jalur perhatian pembaca ke tema grafis yang terfokus pada printing / percetakan, terutama offset printing. Sebelumnya, izinkan saya kembali memperkenalkan Percetakan ayuprint atau percetakan Ayu Karawang sebagai salah satu tempat yang terpercaya dan professional untuk membantu anda dalam memenuhi kebutuhan cetak offset.

Tentang Percetakan Offset

Apa itu cetak offset? Cetak offset adalah salah satu teknik dalam usaha percetakan yang banyak digunakan dewasa ini, proses yang digunakan dalam cetak offset ini yaitu mentrasfer image bertinta ke dalam lembaran karet kemudian diaplikasikan di atas permukaan yang akan dicetak.

Teknik cetak offset yaitu menggunakan sebuah pemuat image yang rata dimana citra yang akan dicetak megambil tinta melalui penggulung kertas, sedagkan area yang tidak dicetak menarik air sehingga permukaannya tidak terkena tinta.

Proses pra-cetak pada Offset Printing

Dalam memproduksi produk dengan teknik cetak offset ini ada beberapa proses atau tahapan yang harus dilalui. Tahap pertama yaitu tahapan pra-cetak meliputi persiapan repro film yang akan digunakan. Setelah desain finish dan siap dioutput utuk dibuatkan film. Tahap selanjutnya setelah film selesai adalah melakukan rekam plat. Rekam plat yaitu hasil film repro direkam (semacam difotocopy) pada materi berupa plat aluminium yang nantinya akan dipasang di mesin cetak. Kemudian menyiapkan kertas yang dibutuhkan (sesuai pesanan/keperluan). Tahap pra-cetak yang terakhir yaitu menyiapkan berbagai warna tinta sesuai kebutuhan, alcohol, fountain, dll (bahan chemical). Setelah semua bahan-bahan ini disiapkan maka tahap selanjutkan adalah tahap pencetakkan.

Proses cetak pada Offset Printing

Pada tahap mencetak ini tahap awal adalah menyiapkan plat yang telah diaplikasikan desain dipasang dimesin cetak. Selain memasang plat pada mesin, juga disiapkan bahan-bahan dan peralatan lainnya sesuai dengan fungi dan kebutuhan, seperti tinta dan kertas. Masing-masing diletakkan pada tempatnya, plat dipasang di atas roll yang ada di bawah mesin, utuk kertas dipasang di bawah roll (yang mendatar), sedangkan tinta pun dipasang apada tempatnya dengan warna yang sesuai dengan pesaan atau kebutuhan. Setelah semua siap dan terpsang, maka mesin siap dijalankan. Tinta bersinggungan dengan rol yang terlah dipasangi plat baja, sedangkan tinta bersingungan pula dengan  kertas sehingga desain yang ada di plat berpindang ke kertas dan keluar sesuai desain.

Proses finishing pada Offset Printing

Pada tahap akhir atau finishing, pertama yang dilakukan adalah memotong kertas sesuai ukuran yang diminta atau sekedar merapikan pinggir kertas. Kemudian membubuhi kertas dengan berbagai macam hiasan atau sesuai kebutuhan, misalnya saja dengan membubuhkan embossed yaitu menghiasi kertas dengan tulisan atau gambar timbul atau tenggelam akibat matres. Diberi perekat atau lem jika produk yang dibuat berupa amplop. Dilaminating dengan plastik mengkilap atau buram/dop pada bagian luar sehingga memunculkan kesan yang estetis. Bisa juga diaplikasikan dengan pon’s, yaitu memotong kertas menjadi bentuk-bentuk yang unik dan menarik, sesuai kebutuhan atau pesanan.

Demikian proses cetak offset yang bisa disampaikan jika anda membutuhkan jasa percetakan dengan harga murah dan bersaing silahkan kunjungi kami di ayuprint.co.id kami akan melayani anda dengan professional.

Artikel menarik lainnya:

Incoming search terms:

  • cetak offset
  • offset adalah
  • apa itu cetak offset
  • teknik percetakan offset
  • teknik cetak offset
  • tehnik dasar desain printing
  • tehnik dasar cetak
  • percetakan offset
  • materi teknik offset
  • file desain yang digunakan untuk offset

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>