Mengenal Penggunaan Kamus Bahasa Arab Indonesia

Fungsi Kamus dan Penyusunannya

Setiap orang yang mempelajari bahasa Arab mesti memiliki kemampuan menggunakan kamus Arab-Indonesia. Dengan kamus ini kita akan memiliki perbendaharaan kata bahasa Arab sebagai modal untuk memahami ilmu sharaf dan ilmu nahwu serta ilmu keislaman lainnya. Di lingkungan pesantren jenis kamus Arab-Indonesia yang paling banyak digunakan para santi pemula adalah Kamus Mahmud Yunus dan Kamus Al Munawwir. Kedua kamus ini disusun dengan metoda yang sama.

  • Penyusunan bab-bab di dalam kamus tersebut diurutkan berdasarkan urutan huruf hijaiyyah.
  • Bab pertama dimulai dengan kata-kata yang berawalan huruf hamzah atau alif, selanjutnya huruf ba, dan seterusnya,
  • Yang dijadikan kata dasar adalah fi’il tsulatsi mujarrad (kata kerja dengan tiga huruf dasar).

Cara Menggunakan Kamus Arab Indonesia

Perlu diketahui bahwa mayoritas kata kerja dasar dalam bahasa Arab tersusun dari 3 huruf. Sehingga ketika kita mendapati kata dengan huruf penyusunnya lebih dari 3 buah maka kemungkinan besar kata tersebut sudah mendapatkan huruf imbuhan (tambahan). Untuk dapat menemukan arti kata dimaksud di dalam kamus maka harus diketahui terlebih dahulu huruf-huruf aslinya dengan cara memisahkan huruf-huruf tambahannya. Kata-kata yang akan dicarikan maknanya di dalam kamus terdiri dari beberapa keadaan:

  1. Dengan jumlah huruf kurang dari 3. Ini bisa langsung dicari maknanya pada bab huruf pertamanya, seperti kata مَنْ dapat dicari pada bab huruf م.
  2. Dengan jumlah huruf 3 buah dan huruf pertamanya bukan salah satu dari huruf أ, ن,ي, dan ت. Ini bisa langsung dicari maknanya pada bab huruf pertamanya, seperti kata بَعُدَ dapat dicari pada bab huruf ب.
  3. Dengan jumlah huruf 3 buah dan huruf pertamanya salah satu dari huruf-hurufأ,ن,ي, dan ت. Ada kemungkinan bisa langsung ditemukan pada bab huruf pertamanya seperti kata أَكَلَ، نَبَغَ ، يُسْرٌ، تَبِعَ , dan sebagainya. Jika kata yang dimaksud tidak ditemukan pada kelompok bab huruf pertamanya itu maka kemungkinan bisa ditemukan pada bab huruf و (wawu), dengan cara kita ganti huruf pertamanya dengan hurufو Contoh:
  • Kata يَضَعُ dapat ditemukan setelah huruf pertamanya diganti dengan wawu menjadiوضع . Di dalam kamus bab huruf wawu tertulis (وَضَعَ-يَضَعُ-وَضْعًا) yang artinya meletakkan.
  • .Kataيَجِدُ dapat ditemukan setelah huruf pertamanya diganti dengan wawu menjadiوجد . Di dalam kamus bab huruf wawu tertulis (وَجَدَ-يَجِدُ-وَجْدًا-وُجْدًا-وُجُوْدًا) , artinya mendapat.

4. Dengan jumlah huruf lebih dari 3 buah. Kata-kata seperti ini baru dapat dicari maknanya di dalam kamus setelah terlebih dahulu ditentukan kata dasarnya dengan cara memisahkan huruf-huruf tambahan dari huruf-huruf aslinya. Contoh:

  • Kata مُسْتَقْبَلٌ dapat dicari pada kelompok kata قـبـل pada bab huruf ق, bukan pada bab huruf م.
  • Kata يَرْجِعُ dapat dicari pada kelompok kata رجـعpada bab huruf ر, bukan pada bab huruf ي.
  • Kata اِسْتِرْجَاعٌ dapat dicari pada kelompok kataرجـع pada bab huruf ر, bukan pada bab huruf.

Jumlah huruf-huruf اtambahan itu ada 10 terkumpul dalam perkataanسَأَلْتُمُوْنِيْهَاْ yaitu huruf-huruf س, أ,ل,ت,م,

و, ن,ي ,هـ, dan ا .

 

Contoh:

1.

  • Kata مُسْتَقِيْمٌ tersusun dari 6 huruf, yaitu 3 huruf asli dan 3 huruf tambahan. Ketiga huruf tambahan itu adalah مُسْتَ, maka huruf-huruf aslinya adalahقيم. Untuk mencari arti kata seperti ini dalam kamus maka terlebih dahulu huruf ي atau huruf و yang ada di tengah harus diganti dengan ا. Jadi carilah pada kelompok kata قَامَ.
  • Kata مُنْقَلِبٌ tersusun dari 5 huruf, yaitu 3 huruf asli dan 2 huruf tambahan. Kedua huruf tambahan itu adalah مُنْ , sehingga huruf-huruf aslinya adalah قلب. Untuk mencari arti kata seperti ini dalam kamus maka carilah pada kelompok kata قلب

Latihan:

Carilah arti kata-kata berikut di dalam kamus:ا

a.

مِنْ , ثُمَّ , إِلَى , عَنْ, فِيْ, قَدْ , لَمْ , مَا

b.

تَحْتَ , حَتَّى , جَعَلَ , مَنَعَ , حَسُنَ , عَلِمَ, بَعُدَ

c.

يَقَعُ , يَجِدُ , يُسْرٌ , نَضَعُ , تَضَحُ

d.

يَسَرَ , تَبِعَ ,اِسْتَخْرَجَ ,اِنْقَلَبَ

Demikianlah pelajaran aisarul muyassar bahasa Arab tentang : Mengenal Penggunaan Kamus Bahasa Arab Indonesia.

Incoming search terms:

  • kamus bahasa arab dasar
  • mengenal kamus bahasa arab
  • kamus bahasa arab
  • cara memakai kamus bahasa arab
  • kamus b arab dasar
  • Kamus bahasa arab artinya
  • kamus bahasa arab indonesia dan indonesia arab
  • kamus bahasa arab kata dasar
  • Kamus Pelajaran b arab
  • kamusbahasaarab mujammad
Latest Comments
  1. Muhammad Mujianto Al-Batawie

    Informasi yang sangat bermanfaat. Jazakumullahu khairan…
    Memang, kamus bahasa Arab sangat penting keberadaannya saat belajar bahasa Arab.

    Tentang kamus bahasa Arab, saya juga sudah pernah menulis artikel berjudul “CARA MEMILIH KAMUS BAHASA ARAB”. Silakan berkunjung ke: http://pustakalaka.wordpress.com/2014/08/07/cara-memilih-kamus-bahasa-arab/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>