Partisipasi Blogger terhadap Kota Bekasi

Inilah Kenangan Manis di Amprokan Blogger 2010 Bekasi. Pasca jalan-jalan anjangsana mengunjungi beberapa situs yang menjadi ikon kota Bekasi plus seminar sehari dengan serius tentang jagad blogging dan e-government yang meriah sumringah dan gratis, para blogger peserta acara bertajuk amprokan blogger 2010 kini tengah terbayang-bayang dan senyam-senyum sendirian seraya terkenang-kenang pertemuan mereka di event nan penuh sensasi tersebut.

Bagaimana tidak, blogger-blogger yang biasanya hanya sekadar saling berhaha-hihi di kolom komentar ketika blog walking, kini bisa saling bertatap muka, berdiskusi, bercengkerama, bahkan bisa berfoto narsis ramai-ramai. Seru sekali. Silahkan gigit jari saja bagi blogger yang tidak bisa hadir di event luar biasa itu, he..he.

Blogger peserta Amprokan dimanjakan panitia

Setelah disambut dengan tebaran banner yang terpasang di banyak tempat, diantar dengan nyaman sebab tersedia bus AC untuk citytour, dipandu dengan khidmat oleh para ahli sejarah Bekasi dan para senior blogger Bekasi, dikawal dengan aman oleh jajaran patwal dari Polres Bekasi plus pengamanan ekstra dari polsek-polsek setempat di area kunjungan, lalu dijamu laiknya tamu agung, meski tidak disediakan hadiah dengan nominal yang wah, saya melalui blogwalking telah melihat antusiasme teman-teman blogger yang telah mulai bersibuk diri menulis, mereview, dan mencatat penuh semangat berlomba-lomba dalam kebaikan tentang Bekasi menurut masing-masing sudut pandang. Sebuah langkah awal yang nyata partisipasi blogger terhadap Bekasi yang bersih.

Amprokan Blogger 2010, upaya Pemkot Bekasi gandeng suara blogger

Tidak semata bersilaturahmi, amprokan blogger 2010 yang diprakarsai dengan hebat oleh komunitas blogger bekasi dan didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Bekasi ini bertujuan lebih kepada ‘menggandeng tangan blogger’ agar melihat Bekasi sebagai sebuah objek yang layak dicatat di dunia maya dengan segala kearifannya.

Blogger bukan sekedar tukang narsis dan jurnalis musiman

Blogger kini tidaklah sekedar mereka yang iseng mengisi waktu luang membuang kejenuhan dengan membuat catatan-catatan digital di dunia maya, blogger bukan pula mereka yang berpatut-patut diri bernarsis ria pamer foto atau sekedar curhat, bukan pula pengekor trend tulis-menulis dan memindahkan diary ke coretan elektronik. Blogger telah lama menjelma menjadi kekuatan penggiring opini maha dasyat seiring dengan laju percepatan informasi, maka menjadikan Bekasi eksis di dunia maya dengan segala kearifan dan keihsanannya, menjadi tugas blogger khususnya Komunitas Bekasi dan PR bagi peserta Amprokan Blogger 2010 serta menjadi ajang kompetisi positif dan sinergif bagi yang berpartisipasi dalam kontes blogging bertema Bekasi bersih partisipasi blogger.

Bekasi bersih, apa saja partisipasi blogger?

Partisipasi Blogger terhadap Kota Bekasi
Blogger bisa berperan menjaga eksistensi kepatriotan Bekasi di jagad digital. Blogger peserta event amprokan telah melihat kota Bekasi dengan mata kepala sendiri dan menilik sisi historis sebagai kota patriot ketika mengunjungi monumen patriot Tugu Bina Bangsa. Saya, ketika berdiri di depan monumen berwarna putih kusam itu mencoba mentafakuri peristiwa demi peristiwa perjuangan perlawanan merebut dan mempertahankan harga diri serta kedaulatan sebuah bangsa. Betapa banyaknya pejuang yang gugur pada masa itu. Panitia, para blogger dan terutama saya sendiri berharap dengan hadir di tempat ini, kelak Bekasi yang memiliki sisi historis kepatriotannya muncul signifikan tidak saja di dunia blogging, namun seluruh penjuru dunia informasi digital.

Melalui mata blogger dunia bisa melihat keajaiban pengolahan sampah kota Bekasi. Para blogger peserta amprokkan telah menyaksikan ikon sampah paling terkenal di seantero jagad. Saya sendiri terkagum-kagum dengan pengelolaan sampah yang sedemikian canggihnya di sana. Sampah-sampah dari warga kota Bekasi dan sekitarnya yang diangkut kemari diolah sedemikian rupa dengan teknologi oleh Pemerintah Kota Bekasi bekerja sama dengan PT Gikoko Kogyo Indonesia, sebuah perusahaan engineering dan manufakturing yang berspesialisasi dalam tata pengelolaan udara dan kontruksi pengelolaan bio energi. Selain dijadikan sebagai proyek pendulang dollar dari jual beli sertifikat CER atas usaha reduksi emisi karbon dengan membakar gas metana sampah-sampah ini, TPST sumur batu juga tengah menyiapkan rencana pembangunan generator listrik bertenaga sampah sehingga kelak diharapkan sampah-sampah yang semula hanya ditumpuk dan dibakar saja bakal bisa memberi solusi terhadap krisis listrik di dalam negeri.

Blogger bisa menjadi duta terhadap potensi UKM di Bekasi. Mengunjungi sebuah UKM Boneka membuat peserta anjangsana amprokan blogger mengetahui potensi industri usaha kecil menengah di Bekasi. Pak Purnomo Ketua UKM ini yang menjelaskan keberadaan UKM ini merupakan sebuah bukti nyata komitmen untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan. “Produk-produk yang kami siap bersaing dengan produk serupa dari luar negeri, terlebih bila ada dukungan nyata dari masyarakat maupun pemerintah,” ucapnya optimis. Wakil walikota Bekasi Bapak Rahmat Effendi yang juga datang dalam kata sambutannya berharap agar dengan kunjungan ini, para blogger mendapatkan gambaran seputar industri kecil menengah yang merupakan salah satu pilar perekonomian Indonesia yang patut diandalkan. Di penghujung kunjungan ini peserta dioleh-olehi souvenir khusus amprokan tentu dengan ‘titipan pesan’ agar UKM boneka yang nyempil di antara onggokan sampah TPST Bantar Gebang dan TPST Sumur Batu itu mendapat tempat di salah satu posting para blogger peserta.

Partisipasi Blogger terhadap Kota Bekasi 2
Setelah berputar-putar mengelilingi sebuah kota dengan konsep All in One di mana Industri, perumahan, cagar alam (Botanical Garden), fasilitas sosial serta pendidikan (President University) tercakup dalam satu lokasi bernama JABABEKA, setidaknya blogger mendapatkan tambahan wawasan serta referensi nyata dari perkembangan dan kemajuan dunia industri properti serta konsep terpadu sebuah kawasan kota modern.

Blogger bisa membantu mengawasi pelaksanaan e-government & clean government. Pada hari kedua, peserta amprokan blogger 2010 disuguhi diskusi interaktiv e-government & clean government bersama para ahli dan praktisi dunia Teknologi Informatika. E-government adalah bagaimana sebuah sistem tata kelola kepemerintahan ditunjang dengan sistem teknologi informasi sehingga memudahkan transaksi dan distribusi data yang dibutuhkan oleh unsur administrasi kepemerintahan. Jika dikatakan sistem e-government ini  menjadi trend bagi setiap pemerintahan daerah di seluruh pelosok tanah air, maka kabupaten Sragen adalah model daerah yang telah sukses merealisasikannya tidak saja sebagai trend, tetapi lebih kepada sejauh mana sistem e-government mampu menopang clean-government/ kepemerintahan yang bersih. Bagi Kota Bekasi ini adalah sebuah PR besar yang tidak mudah untuk mewujudkannya. Kelak besar sekali peran blogger dengan segala eksistensinya jika Bekasi sepenuhnya mengimplementasikan e-government. Terhadap e-government sekaligusclean government, blogger bisa menjadi media yang mampu mengawasi laju percepatan dan implementasinya secara online bahkan realtime.

Referensi:

  1. Acara amprokan blogger 2010
  2. Brosur GIKOKO
  3. Brosur HIKPIB
  4. http://amprokanblogger.com
  5. http://temublogger.com
  6. http://bloggerbekasi.com
  7. http://facebook.com/temublogger
  8. http://www.gikoko.co.id
  9. http://id.wikipedia.org
  10. http://en.wikipedia.org
  11. http://www.google.co.id
  12. http://masbadar.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>