Beda Vector dan Bitmap / Raster

Dua jenis grafis (gambar) komputer yang paling populer adalah vector dan bitmap. Gambar vector dibuat dari garis-garis dan kurva, keduanya dihasilkan dari desckripsi matematis yang menentukan posisi, panjang, dan arah di mana garis digambarkan. Bitmap, dikenal juga dengan istilah gambar raster, adalah susunan kotak yang sangat kecil yang disebut piksel; setiap piksel dipetakan kepada sebuah lokasi dalam sebuah gambar dan setiap piksel memiliki nilai-nilai warna yang dipresentasikan secara numerik. Gambar-gambar berformat vector ideal untuk logo dan ilustrasi karena memiliki resolusi yang bebas dan dapat diskala ke dalam ukuran berapapun, dapat dicetak dan ditampilkan dalam resolusi berapapun tanpa kehilangan detail setiap bagian dan tidak kehilangan kualitasnya. Dengan kata lain, anda dapat membuat gambar garis yang sangat tegas, jelas dan tajam dengan menggunaksan format vector. Bitmap sesuai untuk dunia fotografi dan lukisan digital karena bitmap menghasilkan gradasi warna dengan sangat baik. Format Bitmap  memiliki resolusi yang tidak bebas/ terbatas, bitmap merepresentasi pixel dalam jumlah yang terbatas. Gambar berformat bitmap hanya tampil sempurna dalam ukuran aktualnya saja, ketika diskala, gambar bitmap akan terlihat kasar bergerigi dan kehilangan kualitas, pun ketika tampil di monitor, dicetak /di-print dalam resolusi yang lebih tinggi melebihi resolusi aslinya.

Beda Vector dan Bitmap / Raster

Dengan menggunakan aplikasi grafis CorelDRAW, anda dapat membuat gambar berformat vector. Anda juga dapat meng-import bitmap seperti file-file JPEG, TIFF dengan CorelDRAW dan mengintegrasikan file-file tersebut dalam gambar anda.

Beda-Vector-dan-Bitmap-Raster

gambar ilustrasi di atas; gbr atas format vector, bwh format bitmap, perhatikan bedanya dalam lingkaran perbesaran. ———- source: translated for pdf coreldraw 14 pdf help file..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>