Spesifikasi Pembuatan Mesin Filling dan Packaging Industri

Industri pangan sangat beragam mulai dari makanan sampai minuman semua termasuk kategori pangan atau food industry. Sebuah industri pangan yang besar tidak hanya mengandlakan kerja dari tenaga manusia. Bahkan kebanyakan industri mulai merambah mengurangi tenaga manusia dan memperbanyak tenaga mesin. Selain efektif dan efisien juga lebih terjaga dari sisi higienitas. Pada tulisan ini akan dijelaskan tentang spesifikasi pembuatan mesin filling dan packaging industri.

Mesin Filling dan Mesin Packaging Industri

Meskipun sanitasi mesin sangat rumit dan rinci, namun waktu proses yang terbilang jauh lebih singkat dibanding tenaga manusia, menjadikan tenaga mesin lebih diminati oleh industri pangan. Seperti dalam proses pengisian atau yang dikenal dengan filling. Tenaga mesin akan dapat mengukur secara tepat berapa kapasitas setiap kemasan yang harus diisikan. Tidak perlu lagi tenaga manusia yang sibuk menimbang satu per satu. Begitu juga saat masuk proses pengemasan atau packaging.

Tenaga mesin akan cepat mengemas berpuluh-puluh kemasan pangan dalam satu menit.  Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani Machinery : Pembuatan mesin Filling, Packaging memberikan spesifikasi terbaik dalam dua buah mesin tersebut untuk industri Anda. Mengetahui secara garis besar spesifikasi yang dieprlukan dalam sebuah mesin filling dan packaging akan diulas singkat berikut ini.

Spesifikasi Pembuatan Mesin Filling

Mesin filling dalam industri dapat untuk pengisian bahan pangan cair maupun semi solid. Kebanyakan mesin filling memang ada pada industri susu. Namun mesin filling juga ada dalam industri saos maupun sosis. Semua industri yang memerlukan proses filling, maka keberadaan mesin tersebut haruslah ada. Sebuah mesin filling harus terbuat dari stainless steel. Stainless steel adalah jenis logam yang dapat tahan terhadap karat. Kemudian perlu keberadaan dari nozzle. Nozzle adalah bagian untuk mnampung bahan pangan yang akan keluar melalui lubang pengisian sehingga perlu diperhatikan ketinggiannya. Pengukuran presisi ketinggian dapat dilakukan oleh Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani Shaft, dan komponen untuk mesin Industri. Berikut dengan kerja mesin apakah perlu disandingkan dengan conveyor berjalan ataukah tidak. Terpenting adalah mesin filling yang dibuat haruslah dapat bekerja secara otomatis.

Spesifikasi Pembuatan Mesin Packaging

Mesin packaging dalam industri membuat waktu kerja berjalan dengan singkat. Dibanding tenaga manusia, tenaga mesin packaging jauh lebih cepat dan akurat. Spesifikasi yang perlu dimiliki dalam sebuah mesin packaging adalah terbuat dari bahan stainless steel. Untuk kapasitas disesuaikan dengan fungsi apakah vakum ataukah pillow pack. Mesin packaging dapat untuk mengemas kemasan dari kertas, PE dipadukan AL, PE dipadukan OPP, dan lainnya. Dalam pembuatan mesin tersebut juga tidak boleh melupakan seal. Mesin packaging yang lengkap biasa terdiri dari tiga buah seal yang terdiri dari atas, tengah, dan bawah.

Itulah yang perlu diperhatikan secara umum dalam membuat mesin filling dan packaging dan dapat Anda percayakan pada Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani Design & Pembuatan Dies, Jig & Fixture.

FacebookTwitterLinkedInStumbleUponBlogger PostDeliciousDiggTumblrApp.netXINGShare