Teknik Print Raster di printer Non Raster NonPostscript

Update. Tulisan ini say update berhubung masih banyak yan bingung. Meski teknologi raster atau gambar bintik-bintik hitam kasar sebagai gbr filter sablon sudah tidak lagi uptodate, namun masih banyak sekali digunakan di Indonesia ini.

Tulisan ini adalah tentang bagaimana membuat gambar raster alias gbr bintik-bintik untuk menghasilkan warna hitam tidak solid 100 %. Software yang digunakan adalah corel DRAW dan beberapa software tool grafis postscript guna menghasilkan perintah postscript terhadap printer, printer apapun. Teknik ini berhasil 100 % bahkan menggnakan printer inkjet sekalipun.

Bagi anda yang bergerak di dunia sablon, cetak offset dengan mesin kecil, master print atau master basah, untuk mendapatkan kualitas cetak pada objek-objek raster (seperti shadow, gambar atau warna-warna non solid) maka anda harus menggunakan printer dengan kemampuan cetak raster kasar (lpi) atau printer dengan kemampuan postscript.

Gambar raster, ada yang menyebut raster kasar, adalah gambar bintik-bintik yang mewakili warna -warna solid di bawah 100 %. Dengan kata lain jika anda ingin membuat warna hitam 90 % atau 50 % atau grayscale atau abu-abu, maka yang dihasilkan adalah gbr bintik-bintik hitam 100 % dengan jarak dan ukuran tertentu. Teknik ini digunakan pada cetak screen yang biasa digunakan pada cetak rendah seperti sablon. Secara teknis dunia grafis modern, istilah ini disebut sebagai postscript.

Dulu mencetak melalui komputer alias mengeprint dokumen raster sangat mudah karena printer-printer laser saat itu hampir semua memiliki perintah postscript pada sistemnya. Apapun softwareyang anda gunakan, warna hitam di bawah 100% akan langsung menjadi raster.

Okelah sy anggap anda lebih mengerti tentang istilah raster dan postscscript.

Kini printer-printer laser tidak lagi mendukung print postscript. Agar printer laser anda mampu membaut print out gbr raster, anda harus menginstal sowftware postscript pada sistem kompuiter anda, anda harus menginstal aplikasi postscript pada windows anda. Setelah terinstal anda akan bisa meng-print raster menggunakan corel DRAW.

Software tersebut adalah:

  1. GhostScript, klik disini untuk download software ini, versi 9.10
  2. Ghost Viewer, klik disini untuk download software ini, nama aslinya Gostgum GS View versi 5.0

 Anda harus mendownload kedua software tersebut di atas dan meng-INSTALL-nya! Perhatikan gbr di bawah ini ketika download GhostScript, klik link tersebut!

Download dan install software GhostScript versi 9.10 tersebut, install hingga selesai.

Lalu Download Software GSViewnya. Perhatikan gambar di bawah ini:

Download dan install software GSView versi 5.0 tersebut, install hingga selesai.

Setelah kedua software tersebut terinstall, berikut panduannya.

Di bawah ini sebuah file hasil gambar dengan corel DRAW, akan saya proses print agar menghasilkan gambar raster.

Incoming search terms:

  • cara membuat desain raster di corel
  • cara print FOTO menjadi raster
  • cetak raster
  • Kuran Dpi saat print raster dengan inkjet printer
  • print raster pakai printer inkjet
  • raster
  • teknik dasar sablon raster
  • warna hitam kasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>