Terlalu Banyak Teman di Facebook? Inilah Cara Mengatur Pertemanan di Facebook dengan Facebook Friend List

 

Cara Menggunakan Facebook Friend List, Bagaimana Mengatur Pertemanan di Facebook dengan Facebook Friend List - artikel pada masbadar.com tentang FacebookSebelumnya saya menulis tentang Facebook dan Cara Mejaga Privasi Anda ketika menggunakannya. Punya banyak teman di Facebook? Teman anda banyak di Facebook? Berapa ribu? Menyenangkan punya banyak teman di Facebook? Atau bahkan merepotkan?

Saya sendiri tidak memiliki teman Facebook hingga ribuan, hanya seratus sekian, itupun yang saya kenal hanya belasan persen saja.

Terlalu banyak teman di Facebook, bagi anda yang aktiv “main” Facebook tentu merepotkan sebab akan mendapat kebanjiran update status dari “teman-teman” anda yang jumlahnya ratusan atau ribuan, terlebih jika teman-teman Facebook anda juga maniak Facebook.

Sebagai orang yang mencoba mencari peruntungan penjualan melalui Facebook salah satunya, saya tentu sedikit dituntut untuk setidaknya memantau akun Facebook saya. Tidak ingin kebanjiran update status “teman-teman” Facebook saya, ada 3 hal yang saya jadikan standar untuk melakukan penyaringan / filtering terhadap teman-teman Facebook.

  1. Saya hanya mengizinkan update status muncul di halaman “feed news” Facebook saya terhadap teman-teman yang hanya saya kenal saja plus nyambung dengan hidup dan profesi saya.
  2. Juga teman-teman dengan update status yang bermanfaat saja yang saya biarkan terlihat di Facebook.
  3. Selebihnya adalah update status teman-teman Facebook yang saya sukai, kadang lucu, menyegarkan dan sebagainya, yang lain saya matikan kemunculannya.

Tidak menutup kemungkinan, sebab siapapun tidak selalu dalam kondisi baik ketika menulis sebuah pembaruan di Facebook, sebuah feed news update status “aneh” dari seorang “teman” Facebook lolos begitu di halaman Facebook saya.

Facebook memiliki sebuah fitur bernama Facebook Friend List, dengan menggunkana fitur ini anda dapat membuat sebuah daftar Teman Facebook dan menambahkan teman ke dalam daftar ini. Ketika anda masuk ke dalam akun Facebook anda, anda dapat memunculkan daftar ini tanpa harus manual menggulungnya ke bawah memalui News Feed pada tampilan Facebook anda.

Anda bisa menambahkan teman ke daftar tersebut dengan melewatkan kursor mouse di atas tombol Friend pada bagian atas timeline mereka dan memilih dari daftar nama yang muncul. Jika daftar nama-nama tersebut tidak anda temukan, klik pada pilihan untuk memunculkan daftar nama-nama pada teman anda.

  • Anda bisa mengedit daftar anda atau menyesuaikan daftar yang ada dari halaman utama tampilan Facebook anda.
  • Klik pada link Home, lihat pada bagian atas kanan halaman Facebook anda.
  • Temukan daftar yang ingin anda edit pada kolom kiri, atau klik pada tautan More di sebelah Friends.
  • Pilih daftar yang ingin anda edit atau klik pada tombol Create a List untuk membuat daftar teman baru.
  • Carilah teman-teman pada search bar pada bagian atas halaman, atau anda juga bisa menambahkan siapa saja dari daftar yang disarankan Facebook di daftar List Suggestion pada sebelah kanan.

Saya sendiri membuat list teman saya menjadi beberapa daftar, tapi yang paling utama pada akun Facebook saya, masbadar, adalah daftar / list teman Close Friend dan Profesional. List / daftar teman yang telah anda buat nantinya akan pada frame sebelah kiri. Gulung frame atau arahkan mouse anda pada frame sebelah kiri tampilan Facebook home anda, pilih saja daftar/list teman yang ingin anda lihat update status mereka. Lalu ketika anda sedang menampilkan news feed dari daftar teman yang anda pilih, akan tampil URL (semacam alamat internet) pada address bar browser anda.

Ingin meletakan daftar teman anda tersebut sebagai sebuah shortcut pada desktop? Begini caranya:

  • URL daftar teman yang muncul pada browser anda yang tadi saya sebutkan, copy saja
  • Pengguna windows? klik kanan pada tempat kosong di tampilan desktop anda
  • Pilih New, pilih Shorchut, klik
  • Pastekan hasil Copyan URL friend list anda, klik Next
  • Ketikkan nama shortcut anda.
  • Selesai

Silahkan anda coba klik shortcut baru anda tersebut, begitu anda klik, anda akan dibawa ke halaman Daftar Teman anda atau friend list anda. Jika kebetulan anda tidak sedang Login ke dalam akun Facebook anda, Facebook akan membukakan halaman login untuk anda secara otomatis.

Demikian panduan dan tips praktis mengatur daftar pertemanan di Facebook dengan fitur dari Facebook, Facebook Friend List.

Referensi:

  1. https://www.facebook.com/help/190416214359937/
  2. http://socialmediatoday.com
  3. gambar dari: https://www.facebook.com/help/190416214359937/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *