Tips Membangun Rumah Impian yang Nyaman dan Efisien

facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmailby feather

Ketika anda membangun rumah impian, ada dua hal yang seharusnya menjadi pertimbangan yaitu efisiensi dan kenyamanan. Rumah yang indah dan mewah tidak ada gunanya jika sering mengalami kerusakan, kurang memiliki ventilasi dan sumber cahaya alami serta berada di daerah rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk memastikan rumah baru anda nyaman untuk dihuni, namun hal-hal tersebut harus direncanakan dan dilakukan sebelum rumah tersebut dibangun.

Tips Membangun Rumah Impian yang Nyaman dan Efisien

Image Credit: https://www.flickr.com/photos/3d2d/6804974321/

Tips Membangun Rumah Impian yang Nyaman dan Efisien

Berikut adalah beberapa tips untuk membangun rumah yang nyaman untuk ditinggali dan efisien dalam perawatannya:

  1. Pilihlah lahan rumah di daerah yang agak tinggi dan memiliki struktur tanah yang stabil. Ini akan menghindari anda dari masalah seperti banjir, fondasi amblas dan serbuan tanah longsor. Pemilihan lahan yang tepat adalah solusi masalah rumah di musim hujan yang paling efisien.
  2. Sebelum dan selama proses pembangunan rumah, pusatkan perhatian ekstra kepada hal-hal yang secara esensial tidak mudah diubah lagi ketika sudah dibangun, misalnya seperti bentuk dan struktur fondasi, sistem struktural rumah secara keseluruhan, sistem pipa dan sebagainya. Desain interior, warna cat tembok, bentuk taman serta atap adalah hal-hal yang bisa diubah dengan mudah bila anda tidak menyukainya, jadi jangan biarkan hal-hal ini menghalangi anda memeriksa kesempurnaan hal-hal mendasar.
  3. Rencanakan pembagian ruang-ruang di rumah anda sesuai kebutuhan. Katalog rumah dari kontraktor biasanya memuat desain yang cukup standar, jadi jika anda tidak tahu bagaimana mendesain bagian dalam rumah dengan efisien, anda bisa mencari ide dari katalog milik kontraktor serta diskusi dengan pihak ketiga.
  4. Rencanakan sistem saluran udara dan sumber cahaya yang baik untuk rumah anda.

Dalam merancang dan membangun rumah impian, anda harus bersikap fleksibel terhadap segala kemungkinan. Walaupun anda telah merencanakan segalanya, tetap ada faktor-faktor luar dari pembangunan yang akan memengaruhi satu atau dua hal sehingga si pembangun dan kontraktor akan terpaksa melenceng dari desain yang anda tentukan.

Artikel menarik lainnya:

facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmailby feather