Tren Ngeblog Sudah Mati? WordPress masih menjadi trend

Apakah dunia blog makin lesu? makin tidak populer dan merosot para peminatnya? Jawabnya adalah mungkin. Manusia tentu saja senang dengan hal-hal baru, sudah sifatnya. Yang baru yang fresh dan mengasyikan akan melahirkan sebuah euforia.

2008 adalah puncak euforia itu. Saya mungkin bagian dari pesta dunia blog kala itu. Saya pada akhir 2007 bergabung, 2008 bisa turut menikmati panas-panasnya kue media online bernama blog. Ketika seorang ‘pakar’ entah apa maksud dan tendensinya menyatakan blog sebagai trend sesaat, ramai-ramai blogger yang dalam suasana euforianya membantai karakter dan pernyataan sang pakar tersebut.

Tren Ngeblog Sudah Mati? WordPress masih menjadi trend

Kini? Terlepas dari trend atau bukan, umumnya apapun akan selalu memiliki masa tren, popular, stagnan lalu mati atau berevolusi. Media blog telah lama berevolusi dengan adanya mikro blogging, video blogging, foto blogging dan sebagainya.

Seperti media lainnya, yang offline seperti koran dan majalah, kantor penerbitannya boleh saja tutup, tapi bisa saja ia berpindah tempat dan platform menjadi koran online. Seperti surat konvensional, email, SMS lalu entah apalagi nanti namanya. Bukankah saya sudah bercerita tentang hal ini di sini: >>PENGANTAR KOMUNIKASI<<

Bicara trend dan trik untuk mengintip tren dunia online melalui google tentu saja ada proyek GOOGLE TREND yang setidaknya bisa dipercaya saat ini untuk dirujuk menjadi referensi trend.

Berikut hasil intipan saya pagi ini via google trend dan google ad planner.

Hasil untuk WordPress, media layan blog yang saya gunakan. Luar biasa, tahun ini bisa nge-trend lagi lho..

Ini screen shot untuk Google Trend: WordPress. Secara signifikan Indonesia menjadi negara nomor 1 untuk trend WordPress, bahkan hingga saat ini.

Ini screenshoot untuk Google Trend: Blogspot. Menurut data ini, Indonesia negara ketiga setelah Malaysia dan Singapura dalam hal tren.

Lalu yang ini adalah screenshoot untuk Google AdPlanner: WordPress

Khusus WordPress di AdPlanner, Indonesia menempati posisi urutan pertama! ente ngeblog di negeri ini dan pake bahasa ini? Pake WordPress sajalah, kayak saya.. :D

Nah, mumpung layanan blog in masih ngetren, masih cukup effektif dan efisien untuk dimanfaatkan, mari gunakan! Sebuah pemanas untuk hajatan lokal saya dan kawan-kawan komunitas blogger karawang (blogkar). Mari menyambut pestablogger 2010

FacebookTwitterLinkedInStumbleUponBlogger PostDeliciousDiggTumblrApp.netShare