Tutorial Cara Aman Selamatkan Android dari Virus Nakal

Berkembang dan semakin canggihnya teknologi semakin renta pula terhadap malware atau virus untuk berkembang, khususnya untuk Android. Sudah tidak diragukan lagi pertumbuhan aplikasi-aplikasi yang disediakan dan dikembangkan untuk smartphone Android semakin hari semakin bertambah jumlahnya aplikasi yang tersedia dan banyak ditawarkan. Akan tetapi, tak semuanya aplikasi baru dengan embel-embel fitur yang di bilang ‘wow’ sama dengan fungsi aslinya. Tapi tak jarang juga aplikasi itu merugikan bagi user pemilik smartphone Android. Dan salah bahaya itu adalah adanya virus yang tanamkn secara tersembunyi di dalam aplikasi.

Cara Aman Selamatkan Android dari Virus Nakal

Lalu bagaimana mengatasi dan memilih aplikasi yang aman untuk smartphone android?berikit ini cara aman menghindari dari virus di android.

1. Pasang android dengan Anti virus

Walau pihak Android sempat menyatakan kalau aplikasi anti virus tak berguna di android, dan lebih baik dihindari, akan tetapi tetap saja ada manfaat dibalik memanfaatkan fitur anti-virus Android. perlu dicatat, hanya gunakan aplikasi anti virus yang sudah banyak dipercaya banyak orang. Silahkan untuk melihat rekomendasinya di halaman Aplikasi Anti Virus Android Terbaik. Temukan di sana satuaplikasi untuk diinstal.

2. Hanya Pasang Aplikasi dari Market dan brand terpercaya

Market adalah sebutan untuk toko aplikasi Android, misalnya di Google Play Store. Dan sangay disarankan agar mengunduh aplikasi atau game yang berasal dari toko resmi aplikasi saja, toko online resmi milik Android adalah Play Store yang masih anak usaha google. Tak sedikit pula ada aplikasi yang mengandung virus bisa lolos verifikasi Google Play Store, walau selanjutnya akan segera dihapus. Walau demikian resiko terkena virus pasti dapat diminimalisir jika Anda hanya instal aplikasi dari Play Store.

3. Hindari “Sumber tak Dikenal”

‘Unknown Source’ sering dicentang agar pengguna bisa memasang aplikasi atau game Android yang didownload dari luar Play Store, contohnya melalui browser. Memang tidak fatal , tapi dengan tidak mengijinkan pemasangan aplikasi dari sumber lain, virus juga lebih jauh dari smartphone Anda. Bila pengguna ponsel pintar anda ingin menginstal aplikasi dari luar Play Store yang Anda benar-benar yakin dengan keamanannya lebih baik unduh dari brand yang terpercaya atau yang sudah bekerjasama dengan android..

4. Aktifkan “Verifikasi Aplikasi”

Di Setelan akun Google Pada umumnya Android menyediakan fitur tambahan Setelan Google (Google Settings). Pada menu tersebut pengguna bisa secara mudah untuk mengatur keamanan smartphone Android yagn mereka miliki. Bahkan di Setelan Google juga tersedia fitur untuk menangkal pencurian atau fitur anti maling. Nah silahkan perhatikan verifikasi aplikasi sebelum pemasangan (Verify Apps). Nah Berikut ini cara mengaktifkan fitur verify itu:

  • Buka Google Settings pada ponsel Android anda
  • Lalu Pilih opsi ‘Verify Apps’ lalu centang

Anda juga bisa melalui menu Settings perangkat > Security, centang Verify Apps. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda juga lebih leluasa untuk mengaktifkan izin pemasangan dari sumber luar seperti pada poin #3 di atas. Pastikan Android terhubung dengan internet untuk memverifikasi Aplikasinya.

5. Cermat Sebelum Memasang Aplikasi dari Play Store

Tidak selamanya semua aplikasi di market terjamin aman dan bersih dari virus. Bagaimanapun Anda musti memilih aplikasi yang benar-benar aman dan terpercaya. Sebaiknya periksa dulu keterangan siapa pengembang/pembuat aplikasi tersebut, baca secara mendetail ulasan tentang aplikasi tersebut, selalu cek permission detail, dan hindarilah selalu dari mengunduh aplikasi dengan logo khusus konten dewasa atau pornografi.

6. Selalu Update Android

Tips pamungkasnya adalah selalu gunakan Android dengan update paling anyar dari vendor Anda. Agar sistem dan aplikasi anda selalu, caranya relatif gampang; buka Setelan > Tentang > Software update.

Demikian Tutorial Cara Aman Selamatkan Android dari Virus Nakal.

FacebookTwitterLinkedInStumbleUponBlogger PostDeliciousDiggTumblrApp.netShare