10 Fakta Unik dan Manfaat Google Translate

Perbedaan Hasil Pencarian Organik dan Berbayar
Perbedaan Hasil Pencarian Organik dan Berbayar
April 6, 2016
Yahoo resmi dibeli Verizon
Yahoo resmi dibeli Verizon USD 4,83 miliar
July 26, 2016

10 Fakta Unik dan Manfaat Google Translate

Fakta Unik dan Manfaat Google Translate

Inilah 10 fakta unik dan manfaat Google Translate bagi dunia komunikasi antar bahasa secara global.  10 tahun sudah Google Translate menjadi alat bantu bahasa. 10 tahun lalu Google meluncurkan perangkat online alih bahasa ini untuk mendobrak banyak penghalang komunikasi dan membuat banyak pengguna internet semakin mudah mengakses secara lebih global, demikian tulis Barak Turovsky, seorang Produk Lead dari Google Translate melalui blog resmi Google.

Tulisan yang di-posting pada tanggal 28 April 2016 kemarin itu sekaligus merayakan kebersamaan Google Translate dengan para pengguna dan komunitas-nya selama 10 tahun.

Dari hanya menerjemahkan hanya 2 bahasa saja, kini Google translate telah mendukung 103 bahasa. Dari ratusan pengguna saja hingga menjadi ratusan juta pengguna, kini Google translate di usianya yang 10 tahun, seperti halnya manusia, Google Translate belajar untuk melihat dan mengenal, berbicara, mendengarkan, berbicara, menulis, dan laiknya manusia, Google translate pun membangun kebersamaan dan saling membantu.

Hal yang paling menginspirasi adalah bahwa Google Translate menghubungkan banyak orang ke dalam banyak masyarakat di dunia. Bahkan Google sendiri tidak pernah membayangkan sebelumnya jika perangkatnya telah membantu 2 petani berbagi pengalamannya dalam berkebun tomat, pasangan yang memiliki masalah kandungan di negara asing serta seorang imigran muda yang menjadi terkenal dalam sepakbola.

Fakta Unik dan Manfaat Google Translate

Kini setelah 10 tahun, setidaknya Google bisa mendeklarasikan kehadirannya sebagai bagian penting dari dunia. Berikut 10 fakta dan manfaat Google Translate yang telah dirasakan banyak orang hingga selama 10 tahun kehadirannya.

1. Google Translate Membantu Menghubungkan banyak orang

Penerjemahan dapat membantu banyak orang untuk saling berkomunikasi, bahkan di saat-saat paling sulit. Baru-baru ini Google menemukan fakta di Kanada tentang komunitas yang menggunakan Google Translate untuk mengurangi kesulitan berkomunikasi dengan pengungsi.

2. Lebih dari 500 juta pengguna Google Translate

Penerjemahan yang paling sering dilakukan adalah bahasa Inggris-Spanyol, Inggris-Russia, Inggris-Portugis, dan Inggris – Indonesia.

3. 100 milyar kata telah diterjemahkan

Fakta unik dan manfaat Google Translate ke3 adalah: tentunya pencapaian ini atas dukungan pengguna.

4. Penerjemahan terjadi karena sebuah even atau sedang ada tren.

Orang lebih sering mencari penerjemahan karena terkait peristiwa terkini atau karena sedang ada tren tertentu. Contohnya belakangan ini Google melihat maraknya penerjemahan kata “selfie” dan minggu terakhir adalah trend penerjemahan untuk kata “purple rain” dengan persentase 25%.

5. Google Translate Community

Komunitas Penerjemahan atau Translate Community adalah tempat bagi siapa saja yang ingin bergabung untuk membantu Google Translate menjadi lebih baik. Hingga sekarang telah ada 3,5 juta orang telah berkontribusi melalui komunitas itu guna memberi perbaikan serta menambahkan bahasa-bahasa baru ke dalam Google Translate. Beberapa kalimat dengan terjemahan yang baik telah membuat banyak kebaikan dalam membantu komunikasi dalam bahasa dan negara asing. Dengan adanya pengguna yang turut me-review, mem-validasi dan memberikan rekomendasi penerjemahan, maka hal itu memungkinkan Google untuk terus memperbaiki Google Translate hari demi hari.

6. Brazil adalah negara paling teratas dalam menggunakan Google Translate.

92 % penerjemahan berasal dari luar Amerika Serikat, dan Brazil berada di daftar teratas.

Fakta Unik dan Manfaat Google Translate

7. Anda bisa melihat dunia dengan bahasa Anda sendiri

Aplikasi Google Translate memiliki fitur bernama Word Lens yang berguna bagi pengguna untuk membaca menu, markah jalan dan sebagainya. Fitur tersebut memungkinkan Anda melihat penerjemahan secara instan dalam 28 bahasa.

Fakta Unik dan Manfaat Google Translate

8. Anda bisa berkomunikasi dengan siapapun dengan bahasa Anda sendiri

Pada tahun 2011, Google membuat Google Translate mampu berkomunikasi dalam 2 bahasa. Aplikasi tersebut akan mengenali bahasa yang diucapkan ketika pengguna bercakap-cakap sehingga pengguna bisa bercakap-cakap secara normal dalam 32 bahasa.

9. Anda bahkan tidak memerlukan Internet

Masih banyak negara yang belum mampu menyediakan jaringan internet, sementara kebutuhan berkomunikasi secara global tentu sangat dibutuhkan. Dengan Word Lens yang di-install dalam Android maupun iOS, pengguna akan mampu berkomunikasi melalui teks secara offline.

Fakta Unik dan Manfaat Google Translate

10. Penerjemahan selalu dibutuhkan

10 tahun sudah Google dengan didukung penggunanya bersama-sama melenyapkan masalah bahasa sebagai alat komunikasi. Jangan berhenti di sini, sebab akan lebih banyak lagi orang yang terbantu agar mampu berkomunikasi, apapun bahasa yang digunakan.

Demikianlah fakta unik dan manfaat Google Translate dari sumber: