Channel Youtube Untuk Para Jagoan IT
Channel Youtube Untuk Para Jagoan IT
May 24, 2014
Safety Riding & Tips Mudik Pake Motor Matic
Tips Mudik Pake Motor Matic
July 7, 2014

Ingin bekerja di bidang teknologi di luar negeri pada posisi yang mapan di luar negeri? Inlah 10 Pekerjaan Mapan Paling dicari di Luar Negeri. Apakah pekerjaan mapan paling dicari di luar negeri? Jika ingin mendapatkan pekerjaan mapan di luar negeri, syaratnya cuma satu, Anda harus memiliki skill mumpuni di salah satu bidang dari Sains, Teknologi, Enjinerasi dan Matematika atau lebih dikenal dengan istilah STEM.

Baru-baru ini sebuah riset menyatakan jika 10 skill / kemampuan profesional yang paling banyak terdapat di antara para profesional antar manca negara adalah skill di bidang sains, teknologi, dan pada bidang engineering dan matematika atau disingkat STEM (Science, Technology, Engineering and Math). Penelitian oleh jejaring social tentang pekerjaan dan profesi Linkedin itu menyoroti tren pekerjaan paling banyak dicari pada kisaran tahun 2013 hingga 2014. Termasuk daftar 10 Pekerjaan Mapan Paling dicari di Luar Negeri ini adalah life sciences, mechanical dan aerospace engineering, Java development atau pengembangan sistem Java, dan software engineering.

Pekerjaan Mapan Paling dicari di Luar Negeri. - STEM-Sains-Teknologi-Engineering-Matematika

10 Pekerjaan Mapan Paling dicari di Luar Negeri

Lindsay Ahearne, seorang Insights Manager (manager dengan tugas analisa pada sisi konsumen) di Linkedin menuliskan di blog resmi Linkedin bahwa siapapun yang menghendaki karir pekerjaan yang membuatnya bisa berkeliling melihat dunia, maka fokus utama dalam studinya adalah disiplin STEM.

Riset yang menganalisa para pengguna Linkedin yang pindah ke negara baru karena pekerjaan tersebut memunculkan beberapa data beberapa skill yang sama dua kali ditemukan pada profile pengguna linkedin yang berpindah dibanding para pengguna linkedin yang tidak tidak berpindah ke negara baru.

Ke-10 kategori skill khusus yang ada pada para pengguna linkedin yang berpindah negara karena pekerjaan baru itu adalah:

  • 1. Social media marketing

  • 2. Mechanical and aerospace engineering

  • 3. Java development

  • 4. Life sciences

  • 5. Military, defense and national security

  • 6. Foreign language translation

  • 7. Public policy and international relations

  • 8. Software engineering management

  • 9. Retail and wholesale

  • 10. Management consulting, business strategy and analysis

Selain ke 10 daftar pekerjaan tersebut di atas , riset oleh Linkedin itu juga mengungkapkan informasi lain tentang beberapa pekerjaan-pekerjaan tertentu yang juga diminati karena terkait koneksi yang tinggi terhadap relokasi secara global antar negara, di antaranya ialah business development (pengembangan bisnis), marketing/pemasaran, research/riset, media dan komunikasi, dan product management.

5 hal utama dari fungsi kepekerjaan dari pekerjaan-pekerjaan di atas yang membuat orang memiliki minat yang tinggi adalah kepemilikan bisnis dan wira usaha, posisi administratif, layanan terhadap keamanan dan perlindungan, layanan kesehatan serta akuntansi.

Riset Linkedin dengan mendasarkan analisis pada 300 juta pengguna linkedin secara global dan meliputi 20 negara dengan tingkat aktifitas migrasi yang tinggi di atas menemukan bahwa Uni Emirat Arab merupakan negara tujuan kerja paling diminati.

Mengapa? Ahearne menyebutkan bisa jadi karena perkembangan dan pembangunan yang cepat di negara itu. Ada sekitar 75 persent dari pengguna Linkedin dengan pekerjaan di bidang STEM di UAE berasal dari luar timur tengah.

Secara keseluruhan maka hanya 3 persen saja pekerja dari Amerika Serikat yang berpindah ke luar negerinya dibanding dari negara Swiss dengan 69 persen penduduknya yang berpindah ke negara lain terkait pekerjaan.

Lalu kesimpulannya seperti ditulis Ahearne, “Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang bisa membuat Anda melihat dunia, maka skill kemampuan Anda dalam bidang STEM haruslah tangguh, jadilah profesional di bidang markerting sosial media, atau bidiklah posisi pengembangan bisnis pada sebuah perusahaan teknologi yang memiliki lokasi di Uni Emirat Arab”.

Sumber:

Demikianlah info tentang 10 Pekerjaan Mapan Paling dicari di Luar Negeri.