15 Hasil Jepretan Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan
Bagaimana Epoxy Lantai Bisa Memperindah Lantai Bangunan?
December 15, 2016
Bangunan dengan Atap Hidup Berupa Taman Bunga dan Tanaman
13 Bangunan dengan Atap Hidup Berupa Taman Bunga dan Tanaman
December 26, 2016

Inilah 15 hasil jepretan finalis penghargaan fotografer seni bangunan 2016. Kami akan berbagi dengan Anda berupa 15 gambar akan memukau mata. 15 gambar itu adalah hasil jepretan 15 orang fotografer yang telah terpilih sebagai finalis sebuah acara penghargaan. Acara penghargaan itu adalah Fotografer Seni Bangunan untuk tahun 2016 (2016 Art of Building Photographer). Acara yang menjadi puncak kompetisi tahunan dunia arsitektur itu diselenggarakan oleh CIOB (Chartered Institute of Building).

Juru bicara dari CIOB, Saul Townsend mengatakan bahwa tema-tema fotografi yang berhasil masuk ke final berkisar dari area wonderland yang berangin di kota New York yagn sepi hingga kampung sisi bukit di Tibet. Selain itu juga bidikan finalist ada juga yang menghadirkan gambar indah bangunan kantor pusat Foster + Partners di Swiss.

Para juri yang akan memberikan penilaian adalah para fotografer profesional, editor dan komunitor. 15 finalist itu akan mengkompetisikan karya-karya mereka di hadapan juri untuk memenangkan hadiah utama. Jika Anda ingin turut memberikan vote terhadap karya mereka, silahkan kunjungi website: CIOB.

Berikut ini beberapa foto-foto karya para finalis. Silahkan ikut memberikan voting yang terus dibuka hingga 23 Januari 2017. Sementara itu pengumuman pemenang akan dilakukan pada 7 Februari 2017.

Finalis penghargaan fotografer seni bangunan 2016

Inilah 15 foto-foto hasil karya apra finalis penghargaan fotografer seni bangunan 2016.

1. Jonathan Walland

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Judul foto: Overlook. Fotografer: Jonathan Walland. Lokasi: London, Inggris. Kamera: Nikon D7100. Foto in merupakan bagian dari serial pameran foto yang menunjukkan tentang hilangnya cahay yang bisa digunakan untuk mengalihkan perhatian pemirsa dari penglihatan terhadap apap yang dimaksud oleh fotografer.

2. Senad Tahmaz

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Foto ini berjudul: Coast minimalism atau bentuk minimalis di pantai. Dijepret oleh: Senad Tahmaz dengan mengambil lokasi di Supetar, Kroasia. Kamera yang digunakan adalah: Nikon D90. Menurut Senad, foto ini adalah hasil karya yang tidak biasa dari pemandangan minimalis tentang detail arsitektur.

3. Roman Robroek

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Foto ketiga dari 15 foto karya finalis penghargaan fotografer seni bangunan 2016 ini adalah hasil jepretan Roman Robroek. Foto ini berjudul “Control”. Dengan mengmabil lokasi di Hungaria, ia menggunakan kamera jenis Canon EOS650D. Foto ini menunjukan keindahan sebuah ruang kontrol yang bergaya art-deco.

4. Michelle Palazzo

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Foto dengan judul “Flatiron building in a snowstorm” atau bangunan Flatiron dalam hempasan badai ini adalah karya fotografer Michelle Palazzo. Lokasi foto adalah kota New York, Amerika Serikat. Kamera yang digunakan berjenis Ricoh GR. Gedung Flatiron merupakan salah satu banguna ikonik di kota New York. Pada foto ini tampak seperti haluan kapal yang muncul dari terjangan badai salju. Foto ini diambil ketika terjadi badai Jonas pada 23 Januari 2016 dan sempat menjadi viral ketika badai telah mereda.

5. Derek Snee

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Judul foto: The Turbo Dandelion Wind Farm. Fotografer: Derek Snee. Lokasi foto: Northumberland, Inggris. Kamera: Fuji X-T1. Keterangan: Bayangkan jika kita bisa menggunakan tanaman untuk mendapatkan tenaga angin. Hadirin, inilah: ‘The Turbo Dandelion Wind Farm’ ( Dandelion turbo angin pertanian).

6. Oleksandr Nesterovskyi

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Judul foto: People’s Friendship Arch. Fotografer: Oleksandr Nesterovskyi. Lokasi di kota Kiev, Ukraina dengan menggunakan kamera Canon 450D. Foto ini menunjukkan kombinasi alam dan arsitektur berupa lengkungan titanium setinggi 30 meter dan sebuah pohon.

7. Oleg Dashkov

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Judul foro: He and the bridge (dia dan jembatan). Fotografer: Oleg Dashkov. Lokasi: Riga, Latvia. Kamera: Canon EOS 60D. Keterangan: Penjaga menara Riga ini tetap setia di sana, meski hujan dan panas. Apakah ia teralihkan oleh keindahan kabel jembatan?

8. Barbara Rossi

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Foto ini berjudul: Changing Landscape 1. Fotografer: Barbara Rossi. Lokasi: Sokhna, Mesir. Kamera: Nikon D810. Fotografer mengambil gambar ini ketika proses peruntuhan sehingga menghasilkan rekaman aksi transformasi bentuk landscape yang cantik.

9. Bulent Suberk

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Judul fotografi: Sancaklar Mosque 2. Fotografer: Bulent Suberk. Lokasi: Istanbul, Turki. Kamera:Nikon D700. Ini adalah foto sebuah masjid dengan arsitektur modern.

10. Shibasish Saha

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Judul fotografi: Purelife. Fotografer: Shibasish Saha. Lokasi: Bengal Barat, India. Kamera:Nikon D3300. Dalam frame ini terlihat pada lelaki dan perempuan bekerja keras untuk hidup keluarga mereka. Para wanita terlihat mengesampikan rasa sakit dan bekerja sebagaimana para pria di tempat pembuatan batu bata.

11. Marco Grassi

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Judul fotografi: The Hive. Fotografer: Marco Grassi. Lokasi: Larung Gar, Tibet. Kamera:Canon 5D Mark III. Sejak bulan Juni 2016, segalanya berubah di Larung Gar, akan tetapi tidak banyak yang menyadarinya.  Apa yang sebelumnya merupakan sebuah tempat yang jauh dari kebisingan dunia dan jauh dari jangkuan peradaban modern di mana menjadi tempat para biksu hidup, kini mulai diruntuhkan oleh kebijakan pemerintah China.

12. James Tarry

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Judul fotografi: The Gherkin. Fotografer: James Tarry. Lokasi: London, Inggris. Kamera: Sinar 4X5. Rangkaian gamabr yagn disajikan ini ingin menunjukkan tampilan ketidak sempurnaan pada masa lalu ini. Gambar ini juga menyajikan sebuah teknik fotografi arsitektural dengan sengaja dibuat “salah”. Gambar-gambar hasil jepretan fotografer ini dibuat menggunakan kamera film  4×5 dengan memaksakan fokus dan peerspektif. Ektachrome Kodak yang sudah expire kemudian terbentuk dalam bahan kimia yang “salah” sehingga menghasilkan lempeng-lempeng gambar yang seolah muncul dari dunia lain.

13. Gina Soden

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Judul fotografi: Peacock. Fotografer: Gina Soden. Lokasi: Italia. Kamera:Nikon D800. Sebuah contoh elegan dari arsitektur Muris yang berada di sebuah kastil di Italia. Ruangan-ruangan ini keseluruhannya di desain manual menggunakan tangan dan dicat oleh seseorang dengan visi baik dalam membangun sebuah kastil yang kemdudian menjadikannya hotel.

14. Naf Selmani

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Judul fotografi: Elevation. Fotografer: Naf Selmani. Lokasi: London, Inggris. Kamera:Fujifilm X-T10. Keterangan: The Hive – adalah hasil seni pahat spektakuler di kota Kew Gardens yagn terinspirasi dari lebah. Tampak pada foto adalah tampilan dari bagian bawah, seorang pengunjung terlihat berbaring di bagian atas yang terbuat dari kaca. The Hive ini menghadirkan pengalaman multi dimensi rasa berupa seni, sains dan arsitektur landscape.

15. Enrique Gimenez-Velilla

Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016

Judul fotografi: “Jeporeka” oleh fotografer: Enrique Gimenez-Velilla. Lokasi: Asunción, Paraguay. Kamera:Nikon D5100. Keterangan: Foto ini ditujukan sebagai penghormatan kepada para pekerja (sebagian mereka tidak ketahui identitasnya) yang masih membangun infrastruktur di negara berkembang. “Jeporeka” is adalah kata dai bahasa Guarani di Paraguay yang berarti: “mencukupkan”.

Demikianlah 15 hasil jepretan kamera para finalis penghargaan fotografer seni bangunan 2016. Mudah-mudahan karya mereka bisa menginspirasi Anda di dunia fotografi dan arsitektur. Sebagai informasi, jika Anda mencari perusahaan kontraktor bangunan terutama di area industri di sepanjang KIIC Suryacipta di Karawang hingga di Jababeka Bekasi, Nikifour adalah rekomendasi kami.

Kontak Nikifour kontraktor bangunan dan arsitektur

  • Marketing : Purnomo Sidi. Telp: 0267-8632104, Mobile:0813-3125-2232.
  • email:purnosidi@nikifour.co.id
  • Website: https://nikifour.co.id

15 foto karya finalis penghargaan fotografer seni bangunan 2016. ini bersumber dari: www.archdaily.com/801817/15-finalists-selected-for-the-2016-art-of-building-photographer-of-the-year-award

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save