Epoxy Lantai 3D
10 Epoxy Lantai 3D yang Keren
May 13, 2016
10 Kelebihan Epoxy Lantai dengan Clear Top Coat
May 13, 2016

16 Arsitek yang Diabadikan pada Uang

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

Pencapaian seseorang dalam prestasi adalah dikenang dalam jangka waktu yang lama melalui media paling populer. Media paling populer semua orang melihat dan mengetahuinya adalah media yang menjadi nilai tukar ekonomi, yaitu uang. Dan inilah 16 arsitek yang diabadikan pada uang.

Meskipun transaksi digital agaknya akan dominan di masa depan, uang tunai masih menjadi standar baku pertukaran barang dan atau jasa. Dengan wajah yang tergambar di selembar nilai tukar itu, seseorang akan tetap dikenal, diingat sepanjang waktu bersama jasa-jasanya, tentu saja sepanjang uang itu masih ada dan berlaku.

Di beberapa negara, kadang nama dari wajah yang orang yang berada di lembaran uang menjadi bahan olok-olokan di samping ketenaran karya dan jasanya.

Inilah 16 arsitek yang diabadikan pada uang guna mengenang jasa dan karya mereka pada negara yang mengeluarkan mata uang tersebut. Daftar berikut ini diurutkan berdasarkan inisial nama arsitek.

1. Alexander Tamanian (Armenia)

Ia adalah seorang arsitek neo-klasikal terkemuka pada awal abad 20. Nama Tamanian kini dikenal sebagai nama Gedung Opera Armenian Opera Theater. Karyanya menyebar di seantero kota Yerevan, ibukota Armenia. Wajahnya mendominasi pecahan 500 Dram, mata uang Armenia.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

2. Alvar Aalto (Finland)

Aalto ini bisa jadi seorang arsitek berkebangsaan Nordic yang paling berpengaruh, banyak hasil karya dengan gaya modernistnya seperti Viipuri Library dan Säynätsalo Town Hall. Wajahnya muncul di mata uang Finnish pecahan 50 yang terbit pada tahun 1986 dan berhenti beredar pada tahun 2002.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

3. Balthasar Neumann (Germany)

Pada jaman barok di abad 18, Neumann adalah arsitek terkemuka. Menghiasi mata uang Jerman 50 Mark yang beredar pada tahun 1991 – 2002, karya fenomenalnya adalah Würzburg Residence.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

4. Charles Rennie Mackintosh (Scotland)

Ia adalah seorang pemimpin pada revolusi seni Art Noveau di Inggris. Mackintosh dikenal dengan karyanya berupa gedung yang dinamai dengan namanya, Mackintosh Building di Glasgow School of Art. Mackintosh bisa dikenali pada pecahan 100 Poundsterling, mata uang Inggris yang beredar pada 2009.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

5. Christopher Wren (UK)

St. Paul’s Cathedral di kota London adalah karyanya. terlihat di pecahan 50 pound di tahun 1981 hingga 1996, Wren adalah arsitek paling banyak dinobatkan sepanjang sejarah.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

6. Francesco Borromini (Switzerland)

Ia adalah saingan Bernini, Borromini mendesain sebagian besar gereja di kota Roma seperti San Carlo alle Quattro Fontane dan Sant’Ivo alla Sapienza. Menghiasi mata uang Swiss pecahan 100 franc dari tahun 1976 – 2000, tempat kelahirannya di Ticino sempat menjadi kontroversi karena dikuasai Itali dan kini menjadi bagian wilayah Swiss.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

7. Gian Lorenzo Bernini (Italy)

Pemimpin para ahli seni di zaman barok yang tak diragukan adalah Bernini di mana banyak karya arsitekturalnya masih terlihat hingga kini di seluruh penjuru Italia. Karya terkenalnya adalah St. Peter Square. Wajah Bernini menghiasi mata uang lira pada pecahan 50.000 pada tahun 1985 hingga 2002.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

8. Gustave Eiffel (France)

Paling terkenal karena namanya menjadi nama menara paling romantis sedunia. Eiffel adalah seorang arsitek sekaligus insinyur yang mendesain banyak jembatan dan bangunan pada akhir 1800 hingga awal 1900. Wajahnya tergambar pada pecahan 200 Franc yang digunakan masyarakat Perancis sebagai nilai tukar pada tahun 1996 hingga 2002.

Gustave Eiffel (France)

9. Ir Soekarno (Indonesia)

Selain arsitek kemerdekaan Republik Indonesia, beliau juga seorang arsitek dengan banyak ide brilian yang membangun wajah Indonesia dengan infrastruktur banyak bangunan monumental. Selain itu beliau juga menyumbangkan banyak ide-ide arsitektur ke beberapa negara seperti pada Arab Saudi.

Presiden Soekarno adalah alumni Techische Hoge School yang sekarang dikenal dengan ITB di Bandung pada jurusan Teknik Sipil. Selesai pendidikan pada tahun 1925, Ir Soekarno kemudian memimpin para arsitek terkemuka Indonesia saat itu seperti Frederich Silaban dan R.M. Soedarsono untuk kemudian membangun mulai dari Masjid Istiqlal, Monas, hingga Tugu Selamat datang dan Hotel Indonesia.

Wajah Ir Soekarno paling banyak menghiasi sepanjang sejarah mata uang Indonesia dan terkini adalah pada pecahan Rp. 100.000 yang dikeluarkan pada tahun 1999 dan beredar hingga kini dengan beberapa kali berganti desain.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

 

10. Jože Plecnik (Slovenia)

Wajahnya berada di pecahan 500 tolar dan beredar tahun 1992 sampai 2007. Plecnik adalah arsitek pembaharu di zamannya dan dikenal dengan kontribusinya pada arsitektur Ljubljana juga jembatan ikonik Triple Bridge.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

11. Le Corbusier (Switzerland)

Di dunia arsitektur, nama Le Corbusier tidak perlu diperkenalkan lagi. Siapa yang tidak kenal pionir gerakan modernitas. Ia bekerja di negerinya Swiss, terutama di Heidi Weber Museum yang dikenal sebagai Centre Le Corbusier. Gambar wajah Le Corbusier yang khas menghiasi lembaran pecahan 10 Francs mata uang Swiss.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

12. Mimar Kemaleddin Bey (Turkey)

Kemaleddin adalah seorang arsitek besar pada zaman kekhalifahan utsmaniyah. Ia mengkolaborasikan desain arsitektur daya Eropa ke dalam arsitektur tradisi Utsmaniyah. Wajahnya berada di pecahan 20 lira mata uang Turki dengan latar belakang gedung Universitas Gazi di Ankara yang merupakan karyanya.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

13. Mimar Sinan (Turkey)

Ia adalah pimpinan semua arsitek di zaman kekhailfahan Utsmaniyah di bawah sultan Sulaiman Al Qonuni, sultan Selim II, dan sultan Murad III pada abad ke 16. Mimar Sinan banyak mendesain masjid dan bangunan terkenal di Turki. Wajah beliau diabadikan di mata uang Turki, lira pada pecahan 10 ribu yang beredar pada tahun 1982 hingga 1995.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

14. Otto Wagner (Austria)

Wagner adalah seorang arsitek pembaharu di Austria. Karya arsitekturalnya banyak terutama Austrian Postal Savings Bank di Wina. Pada mata uang Shilling yang bereda pada tahun 1986 hingga 1997, wajahnya terlihat menghiasi.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

15. Thomas Jefferson (USA)

Lebih dikenal sebagai bapak bangsa Amerika Serikat, Thomas Jefferson tercatat sebagai seorang arsitek, sama seperti presiden Soekarno. Ia menerapkan gaya desai idealis neo-palladian pada kampus universitas Virginia dan pada rumahnya di Monticello. Jefferson bisa dilihat pada pecahan 2 dollar.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

16. Victor Horta (Belgium)

Terlihat pada mata uang Belgia, Franc pecahan 2000 yang beredar dari tahun 1994 hingga 2001, Victor Horta adalah seorang arsitek yang terkenal dari detail biomorfiknya pada gedung Holtel Tassel. Hotel itu ia rampungkan pada tahun 1894 dan dikenal sebagai kiprah Art Nouveau pertamanya di dunia arsitektur.

Arsitek yang Diabadikan pada Uang

Digubah dari beberapa sumber:

  1. https://www.archdaily.com/787250/15-architects-who-have-been-immortalized-on-money
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Soekarno#Pekerjaan_dan_Karya_di_Bidang_Arsitektur
  3. https://books.google.co.id/books?id=mVH_CQAAQBAJ
  4. www.worldbanknotescoins.com
  5. https://uangindonesia.com/uang-indonesia-kuno-dari-masa-ke-masa-sampai-terbaru/

Referensi lain tentang dunia arsitek dan konstruksi bisa Anda temukan di website perusahaan konstruksi dengan layanan utama EpoxyLantai, Nikifour Karawang yang beralamat di: https://nikifour.co.id.