15 Bangunan Perpustakaan dengan Arsitektur Menginspirasi
April 12, 2016
Parkir Mobil Paling Keren di Dunia
10 Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia
April 16, 2016

20 Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

Inilah 20 karakter animasi gedung ikon dunia. Apa jadinya jika 20 gedung-gedung megah di dunia dan menjadi ikon di negara masing-masing mereka dibuat menjadi karakter animasi? Tentu siapa saja yang melihat gambar animasi tersebut akan bisa membaca dan mengenali karakter sebenarnya gedung tersebut.

Adalah Michael William Lester, seorang desainer grafis yang membuatnya. Menurutnya arsitektur yang baik pastinya bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Arsitektur yang baik menebarkan energinya, menabur interaksi dan menghadirkan begitu banyak nafas dan kehidupan di dalam gedung tersebut.

Website resmi Michael William Lester berisi 20 gambar animasi dari gedung-gedung terkenal di seluruh dunia. Semua idea dan teks, ilustrasi, animasi dan desain serta konstruksi website itu didesain oleh Michael William Lester sendiri.

20 Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

1. Bitexco Financial Tower

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“Menara Bitexco ini seperti merindukan cuaca yang lebih dingin”

Terletak di kota Ho Minh, Vietnam dan memiliki lantai 68 dan tinggi 262 meter, gedung yang berfungsi sebagai shopping mall ini selesai dibangun pada tahun 2010 dari rancangan arsitek Carlos Zapata.

2. Brasilia Airport

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“Bandara Brasilia diperbarui dengan menambahkan beberapa terminal tangan untuk World Cup 2014 yang lalu.”

Berada di kota Brasilia Brazil, Brasilia Airport memiliki 9 maskapai penerbangan. Gedung ini memiliki ketinggian seribuan meter di atas laut. Dirancang oleh arsitek Sérgio Roberto Parada, selesai dibangun pada tahun 2014.

3. Burj Al Arab

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

Pada tahun 1999 Burj Al Arab menceburkan dirinya ke Teluk Arab dan semenjak itu ia tidak pernah keluar dari air. Gedung ini berada di kota Dubai, United Arab Emirates. Jumlah lantai 60 dan memiliki tinggi 321 meter. Selesai dibangun pada tahun 1999 oleh arsitek Tom Wright. Gedung ini berfungsi sebagai hotel.

4. Camp Nou

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

Camp Nou menggenggam 99 ribu fans dan sejumlah pemburu kemuliaan. Gedung Camp Nou yang berfungsi sebagai stadion sepak bola ini terletak di Barcelona, Spanyol. Gedung ini terdiri dari 3 lapis lantai dengan tinggi 48 meter. Selesain dibangun pada tahun 1957 dan dirancang oleh arsitek F. Mitjans, J. Soteras, dan L. García-Barbón.

5. Coltejer Building

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“Dalam kompetisi bisnis tekstil yang semakin sengit, gedung Coltejer harus selalu siaga, bahkan tidurpun dengan mata sebelah saja”

Gedung kantor di kota Medellin, Kolombia ini memiliki lantai 36 dengan tinggi 175 meter. Rampung dibangun pada tahun 1972, gedung ini di-arsitek-i oleh Esguerra Saenz.

6. Eureka Towers

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“Menjadi Gedung tertinggi di Melbourne, Eureka Tower terlihat sedikit pamer”

Gedung residensial ini dirancang oleh Nonda Katsalidis dan selesai dibangun pada tahun 2006. Memiliki tinggi 297 meter dan berlantai 91, Eureka Tower menjadi gedungpaling tinggi di kota Melbourne, Australia.

7. Hallgrim Skirkja

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“Gedung Hallgrimskirkaja menyambut tamu-tamunya dengan tangan terbuka”

Gedung berlantai 1 dengan menara observasi ini berada di Reykjavík, Islandia. Setinggi 73 meter dan dirancang oleh arsitek Guðjón Samúelsson, gedung yang berfungsi sebagai geraja ini selesai dibangun pada tahun 1986.

8. High Cliff

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“2 Highcliff ini bertemu di tahun 2003 untuk selanjutnya tetap bersama-sama selalu”

Gedung Highcliff di Hong Kong ini memiliki 73 lantai dan tinggi 252 meter. Berfungsi sebagai tempat tinggal, gedung ini dirancang oleh Dennis Lau dan Ng Chun Man dan selesai dibangun pada tahun 2003.

9. Kingdom Center

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“Ternyata menjadi gedung tertinggi ke 3 di dunia lumayan pegel”

Gedung Kingdom Center berada di kota Riyadh, Saudi Arabia dengan tinggi 302 meter. Berlantai 32, gedung yang berfungsi sebagai tempat tinggal ini selesai dibangun pada tahun 2002 dari rancangan arsitek Ellerbe Becket.

10. Lockhandwala Minerva

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

Lokhandwala Minerva menjadikan kepalanya sebagai perumahan mewah”

Gedung berlantai 82 dan tinggi 307 meter adalah tempat tinggal mewah di India. Selesai dibangun pada tahun 2017 dikota Mumbai, gedung ini adalah hasil rancangan arsitek Hafees Contractor.

11. Marina Bay Sands

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“Diambilnya semua pasir di teluk marina untuk mengangkat kolam renang terpanjang dan di dunia”

Marina Bay Sands adalah hotel 57 lantai di Singapura dengan tinggi 200 meter. Dirancang oleh arsitek Moshe Safdie dan selesai dibangun pada tahun 2010.

12. One Central Park

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“Salah satu gedung central park ini melindungi rambut adiknya dari panas matahari”

Gedung taman pusat satu ( One Central Park Building) ini berada di Australia tepatnya di kota Sydney. Memiliki tinggi 117 meter, gedung ini mempunyai 34 lantai. Berfungsi sebagai tempat tinggal, gedung hasil rancangan Jean Nouvel ini selesai didirikan pada tahun 2013.

13. Petronas Towers

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“Jabat tangan erat membuat Menara Petronas menghilangkan perbedaan”

Gedung perkantoran menara Petronas terletak di Kuala Lumpur Malaysia sekaligus menjadi ikon negara itu. Terdiri atas 88 lantai, gedug ini memiliki tinggi 452 meter. Selesai dibangun pada tahun 1996 dan dirancang oleh arsitek César Pelli.

14. Portland Building

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

Gedung Portland berada di komunitas kreatif yang terus berkembang dan memang cocok di sana”

Gedung yang menjadi kantor pemerintahan ini berada di Portland, Amerika Serikat. Memiliki tinggi 70 meter dan berlantai 15, gedung yang dirancang oleh Michael Graves ini selesai dibangun pada tahun 1982.

15. Proximus Towers

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“Menara Proximus itu bersaudara, yang namanya saudara itu biasanya tidak pernah dewasa, selalu saja saling usil”

Gedung ini berada di Beligia, tepatnya di kota Brussel dengan tinggi 134 meter dan berlantai 32. Berfungsi sebagai kantor gedung ini dirancang oleh Jaspers-Eyers dan rampung dibangun pada tahun 1996.

16. Ryugyong Hotel

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

“Meski tahun 1987 pembangunannya belum selesai hingga sekarang, Hotel Ryugyong masih tetap menunggu dengan dalam kedamaian”

Gedung dengan tinggi 330 meter dan memiliki lantai 105 ini berada di Korea Utara, tepatnya di Kota Pyongyang. Tidak ada informasi siapa yang merancang dan akan selesai kapan.

17. Scandic Seilet

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

Animasi gedung ikon dunia ini seolah menggambar bahwa setelah bertahun-tahun menjadi tempat pelarian bagi para pengunjungya, kini Scandic Seilet pun butuh menjauh dari dirinya sendiri”

Gedung ini adalah hotel berlantai 16 di kota Molde, Norwegia. Memiliki tinggi 82 meter, ia dirancang oleh arsitek Kjell Kosberg dan selesai dibangun pada tahun 2002.

18. The Leaden Hall Building

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

Animasi gedung ikon dunia ini ketika kota London terhanyut sibuk saat jam kerja, gedung Leadenhall malah tidur siang.

Gedung perkantoran ini menjadi ikon kota London, Inggris. Dengan 48 lantai, tinggi 225 meter, gedung dengan nama lain The Cheesegrater ini selesai dibangun pada tahun 2013 dari rancangan arsitek RSHP.

19. Tomorrow Square

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

Animasi gedung ikon dunia ini, Tomorrow Square terliaht seperti menembakkan laser untuk melindunginya dari badai paling ganas di Shanghai”

Gedung dengan tinggi 286 meter dan berlantai 55 ini adalah kantor sekaligus hotel dan apartemen. Terletak di kota Shanghai, Tiongkok, selesai dibangun pada tahun 2003 dari rancangan arsitek John Portman.

20. Wembley Stadium

Karakter Animasi Gedung Ikon Dunia

Animasi gedung ikon dunia ini seakan berkata, “Di Wembley Stadium pemandangan pitch nya kurang bagus, tapi Wi-Fi nya lumayan”

Stadion sepakbola Wembley berada di London, Inggris. Gedung yang dirancang oleh arsitek Foster + Partners ini memiliki tinggi 286 meter dengan 3 tingkat dan selesai dibangun pada tahun 2007.