Tanah Kavling 1222 m2 Citra Kebun Mas CKM Karawang
Dijual Tanah Kavling 1222 m2 Citra Kebun Mas CKM Karawang
June 20, 2018
Konsep Arsitektur yang Salah Tempat
10 Konsep Arsitektur yang Salah Tempat
September 24, 2018

4 Konsep Bangunan Futuristik yang Gagal Dibangun

Konsep Bangunan Futuristik yang Gagal Dibangun

Halo pembaca web masbadar.com? Masih pada sehat dan sukses ya semoga. Terutama Anda yang menyukai informasi arsitektur dan konstruksi inilah beberapa konsep bangunan futuristik yang gagal dibangun. Bagi Anda yang ingin mendapatkan info lebih lengkap tentang konstruksi dan jasa kontraktor, Anda bisa melihat di website Nikifour, sebuah perusahaan dengan jasa maintenance gedung. Tulisan ini bersumber dari:

Inilah 4 Konsep Bangunan Futuristik yang Gagal Dibangun

Di dunia ini banyak sekali konsep bangunan futuristik yang diajukan oleh arsitek – arsitek ternama internasional. Walaupun begitu membuat konsep bangunan ini menjadi nyata belum tentu dapat terwujud. Hal yang mungkin dengan pena dan kertas belum tentu memungkinkan saat dibenturkan dengan kenyataan.

Hal yang menghalangi terwujudnya bangunan – bangunan megah ini bisa saja karena biaya dan desain yang terlalu futuristik tanpa memperhitungkan teknologi saat itu. Berikut adalah konsep bangunan futuristik yang gagal di bangun

1. Bangkok Hyperbuilding

Konsep Bangunan Futuristik yang Gagal Dibangun

Bangunan ini didesain oleh Rem Koolhaas pada tahun 1996. Konsep bangunan ini adalah untuk menghadapi masalah konsumsi energi dan efisiensi pada kota Bangkok. Bangunan ini menjunjung konsep kota vertikal, jadi bangunan besar ini akan di isi dengan living space untuk 120 ribu orang. Tidak hanya itu, bangunan ini juga akan dilengkapi dengan area perkantoran, pelayanan umum, kereta gantung, elevator dan bahkan green area. Pada saat itu, desain ini sangat berbeda dan menarik, namun tidak mungkin diwujudkan karena keterbatasan biaya dan teknologi saat itu.

2. The Illinois

Konsep Bangunan Futuristik yang Gagal Dibangun

Desain bangunan ini diajukan oleh Frank Lloyd Wright pada tahun 1957. Bangunan yang diimpikannya ini akan didirikan di tengah kota Chicago, USA. Bangunan dengan ketinggian lebih dari satu mil (lebih dari 1600 meter) ini didesain untuk menampung lebih dari 100 ribu orang. Dalam konsepnya, bangunan ini juga mampu menampung 20 ribu mobil beserta 180 helicopter.

Hal yang paling unik dari tower ini adalah fitur elevator bertenaga atom yang diharapkan mampu bergerak dengan kecepatan 60 mil per jam. Konsep elevator ini adalah untuk mengatasi masalah waktu tempuh elevator biasa yang terlalu lambat untuk naik turun bangunan ini.

Teknologi untuk pembangunan konsep ini sebetulnya memungkinkan, namun karena biaya yang dikeluarkan akan sangat besar, proposal ini pun kandas. Sampai sekarang konsep bangunan ini masih banyak diminati oleh para arsitek dan bahkan banyak digital artworks yang dibuat untuk menyimulasikan bangunan ini jika berhasil di bangun.

3. Shimizu Mega-City Pyramid

Konsep Bangunan Futuristik yang Gagal Dibangun

Konsep bangunan dari Jepang ini mirip dengan bangunan pada film sci-fi. Bangunan ini didesain untuk didirikan di atas laut, lebih tepatnya menjorok cukup jauh dari garis pantai Tokyo. Bangunan ini memiliki bentuk mirip dengan piramida yang ada di Mesir, bedanya adalah rangka – rangka berbahan metal yang menggantikan bahan berbatuan.

Dari informasi konsep desain, bangunan ini telah dihitung agar anti-gempa, anti-badai dan anti-tsunami. Perlindungan lengkap ini diharapkan membuat bangunannya nyaman untuk dihuni oleh sekitar 1 juta orang. Fitur dan perlengkapan yang bisa ditampung di dalam bangunan ini tidak hanya untuk hunian, tapi juga ada area komersial.

Konsep ini diajukan pada tahun 2004 dan saat itu langsung ditolak. Alasan penolakan karena desain ini tidak mungkin diwujudkan karena memerlukan bahan material khusus. Bahan material yang biasa dipakai tidak akan memiliki kekuatan cukup untuk menopang ukuran dan berat dari bangunan ini. Semisal ada material sintesis baru di masa mendatang yang cocok untuk membangun piramid ini, mungkin proyek ini akan dikunjungi kembali.

4. The Walking City

Konsep Bangunan Futuristik yang Gagal Dibangun

Berbicara tentang konsep futuristik, desain yang satu ini bahkan dinilai hanya bisa diwujudkan beberapa ratus tahun ke depan. Konsep bangunan futuristik yang gagal ini diajukan oleh Ron Herron pada tahun 1960-an. Dalam pandangannya ia membayangkan London sebagai kota dengan bangunan yang dapat berjalan sendiri. Bangunan ini akan berpindah tempat sesuai dengan kebutuhan kota. Bangunan yang berjalan ini digambarkan berbentuk kapsul dengan kaki – kaki robot. Tentu konsep ini tidak mungkin diwujudkan pada saat itu, tapi karena inovasinya yang unik, desain ini sampai sekarang masih jadi perbincangan para arsitek. Siapa tahu di masa mendatang dengan teknologi yang ditemukan, konsep kota ini berhasil direalisasikan.