5 Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

3 Metode Efektif Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris
April 15, 2014
Artikel Bahasa Inggris tentang Bank Darah
February 17, 2015

Bagaimana cara cepat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris? Bahasa Inggris untuk saat ini adalah bahasa internasional dan paling banyak digunakan di dunia, sebagaimana disebutkan pada artikel saya sebelumnya di sini: https://masbadar.com/bahasa-inggris-definisi-dan-sejarahnya/. Karenanya sebagian besar disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi tentu saja didominasi oleh bahasa Inggris. Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara baik akan memperluas jangkauan dan kesempatan anda untuk mendapatkan banyak informasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ada 5 tips setidaknya agar kemampuan berbahasa Inggris Anda meningkat. Berikut inilah 5 cara cepat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Cara Cepat Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

1. Jadikanlah berbahasa Inggris sebagai hobi atau kesenangan

Nikmatilah berbahasa Inggris sebagaimana anda menikmati hobi-hobi anda lainnya. Pelajarilah bahasa Inggris sedikitnya 2 atau 3 jam dalam sepekan. Lakukan bermacam aktivitas dan kegiatan secara variatif terkait bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa menjadi hobi dan dikembangkan untuk mendukung pembelajaran berbahasa Inggris.

Varian aktivitas itu adalah:

  • Membaca; carilah bacaan-bacaan berbahasa Inggris atau buku-buku atau majalah-majalah yang sesuai dengan tingkat kemampuan berbahasa Inggris anda.
  • Internet; internet menyediakan sumber-sumber berbahasa Inggris, biasakanlah berselancar pada website pengetahuan dan teknologi berbahasa Inggris.
  • Lagu; dulu saya sewaktu remaja, suka sekali lagu2 berbahasa Inggris, mencatat lirik2nya untuk belajar kosa kata / vocabulary dan kadang untuk keren-kerenan. Banyak sekali lirik2 lagu di internet. Cari lagu bahasa Inggris favorit Anda, dan gunakan untuk belajar bahasa ini secara fun.
  • DVD; gunakan film-film maksud saya, silahkan tonton film favorit anda. Cari dan beli DVDnya. Semua film box office berbahasa Inggris kok. Ada sedikit tips darsi saya. Begini: Tonton film Anda tanpa subtitle hingga selesai, lalu tonton lagi dengan subtitle english juga, terakhir tonton sekali lagi dengan subtitle bahasa indonesia.
  • Majalah; banyak sekali majalah-majalah gratis berbahasa Inggris, meski itu sebagian besar adalah media promosi perusahaan bersangkutan. Saya sendiri mendapatkan kesempatan berlangganan beberapa majalah luar negeri berbahasa Inggris, hampir setiap bulan selalu ada kiriman majalah bahasa Inggris. Jika sulit mendapatkan majalah gratis, anda bisa beli majalah-majalah bahasa Inggris di toko-toko buku terdekat.
  • Travelling; berwisata ke negeri lain akan membuat anda berkeharusan berkomunikasi dengan bahasa Inggris bahkan dalam segala hal dan situasi.

Itu tadi tips pertama dari 5 tips bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda ke level selanjutnya.

2. Bersikaplah konstan

Atau kata mentor religi saya adalah istiqomah. Sedikit tapi berkelanjutan tentu lebih baik dari pada banyak tetapi tidak beraturan atau kadang hanya sesaat. 3 jam setiap pekan bisa anda pertahankan dalam mempelajari bahasa Inggris. Seiring dengan keberhasilan pembelajaran anda, tingkatkan menjadi 5 jam per pekannnya.

3. Wajibkan disiplin dan teroganisir rapi pada setiap kelas pelajaran bahasa Inggris anda

Perbanyak percakapan bebas di luar kelas dan juga percakapan terarah di dalam kelas. Tentu lebih baik jika model-model percakapan bebas dan terarah diseimbangka. Pada kelas bahasa Inggris, anda harus kerjakan PR semuanya, mengikuti pelajaran membaca dan menghafal kosakata di luar kelas, lalu hasil pekerjaan anda harus anda komentari di dalam kelas. Sekali lagi PR sebagai tugas luar kelas itu keharusan untuk diselesaikan tepat pada waktunya.

4. Cari seorang guru dan datangi kelas

Tetap konstan, disiplin dan terorganisir tentu menjadi mudah jika dan anda memiliki seorang guru atau pembimbing, sebab semua itu akan sangat berat dan sulit jika anda sendirian tanpa guru. Pasive dan Monolog akan kurang membantu, anda perlu sparing partner dan lawan agar bisa berbicara secara aktif.

5. Tujuan anda adalah tanggung jawab anda

Keberhasilan tentu tujuan. Dan keberhasilan pembelajaran berbahasa Inggris anda ada di tangan anda sendiri, bukan di pundak seorang guru. Inisiatif ada di pihak anda, karenanya berusalahan selalu memulainya ketika berada di kelas bahasa Inggris anda. Yang belajar adalah Anda, bukan guru Anda. Adalah keharusan Anda mempelajari dan menghafalkan perbendaharaan kosa kata / vocabulary sendiri, bukan guru yang selalu menyuapkan daftar vocabulary untuk anda.

Demikianlah 5 cara cepat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Dari tips pertama, jadiknalah bahasa Inggris itu sebagai hobi, maka jika sudah menjadi hobi maka akan terasa ringan untuk melakukannya, tanpa beban. Bermula dari hobilah banyak kesuksesan didapatkan, bermula dari hobilah ke-empat point lainnya di atas tadi dapat anda bangun. Jika anda menerapkan ke lima tips-tips atau point ini dengan motivasi jangka panjang, maka anda insyallah akan berhasil tidak saja dalam pembelajaran bahasa Inggris, juga pembelajaran bahasa yang lain. Singkatnya, semakin anda luangkan waktu untuk belajar, semakin banyak pula yang akan anda dapatkan. Teruslah belajar.