5 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Banyuwangi

Ingin merencanakan liburan dengan tujuan destinasi wisata anti-mainstream? Cobalah sekali-kali mengunjungi kota Banyuwangi yang berada di ujung pulau Jawa bagian Timur. Banyak sekali destinasi-destinasi wisata yang bisa Kamu kunjungi ketika berada di Banyuwangi.

Tak perlu khawatir mengenai moda transportasi yang akan dinaiki sebab sudah banyak transportasi yang disediakan ke Banyuwangi, salah satunya pesawat maskapai nam air. Anda bisa pesan tiket pesawat online melalui Traveloka juga, loh! Nah, kira-kira penasaran kira-kira destinasi wisata apa saja yang bisa Kamu kunjungi selama di Banyuwangi? Simak ulasan di bawah ini, ya!

1.  Kawah Ijen

Terletak pada bagian puncak Gunung Ijen, kawah asam satu ini memiliki kedalaman 200 meter serta luas kawah mencapai 5.466 hektar. Lokasi ini berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, tepatnya pada bagian Cagar Alam Taman Wisata Ijen. Dari kawah ini, Anda bisa melihat sebagaimana cantiknya Gunung Merapi, Gunung Rante, Gunung Suket, dan Gunung Saung.

Dangerous trip Inside Ijen volcano crater

Selain itu Anda bisa juga melihat fenomena yang menjadi daya tarik dari kawah ini yakni fenomena blue fire. Memiliki sebutan sebagai blue fire dikarenakan Kamu bisa melihat api biru yang muncul dari kawah tersebut. Blue Fire bisa muncul dikarenakan ia merupakan reaksi gas dari gunung belerang lalu bercampur dengan oksigen sekitar dan terbentuklah lidah api berwarna biru.

Fenomena ini terbilang langka akibat hanya dapat dilihat di Indonesia dan Islandia, loh! Disarankan, ketika hendak melihat fenomena yang satu ini, Kamu bisa datang pada bulan Juli sampai September, dimana pada bulan tersebut, blue fire akan tampak lebih besar dan jelas. Oh iya, selain itu ada baiknya pula Kamu mendatangi kawah ini sebelum pukul 5 pagi sebab blue fire akan semakin terlihat tidak jelas ketika sudah menginjak pukul 5 pagi. Kamu bisa mendaki mendaki pada pukul 1 pagi karena Kamu akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam lamanya.

Jangan lupa siapkan stamina yang fit sebab medan yang ditempuh akan mengikis sebagian tenaga Kamu. Namun, ada pula jasa antar jemput ketika mendaki gunung ini menggunakan gerobak yang dipatok dengan harga mulai dari 600 ribu-an.

2.  Taman Nasional Baluran

Banyak sekali spot-spot yang akan Kamu dapatkan ketika mendatangi taman yang satu ini. Ingin melihat savana ala-ala negeri Afika? Bisa! Ingin melihat goa atau mungkin pantai? Juga Bisa. Seru sekali, bukan? Kamu bisa mengunjungi banyak tempat hanya dengan mendatangi Taman Nasional Baluran, seperti Goa Jepang, Hutan Evergreen, Savana Bekol, Menara Pandang, Pantai Bama Baluran, Dermaga Mangrove Bama, Perairan Bama, Pantai Bilik Sijile, Pantai Balanan, dan Pantai Pandeyan.

Jadi, ketika hendak mendatangi tempat ini jangan lupa membawa kamera dengan kapasitas baterai yang cukup agar momen-momen Kamu bersama rekan liburan Kamu tetap dapat terabadikan.

3.  De Djawatan

De Djawatan merupakan hutan yang terkenal dikarenakan areanya yang dikelilingi oleh tumbuhan pohon-pohon trembesi raksasa sehingga memberikan kesan yang magis. Kamu akan merasakan seakan-akan di film Lord of The Ring akibat suasana yang berwarna hijau diikuti dengan pepohonan yang besar dan lebat. Dahulu kala, De Djawatan dikenal oleh masyarakat sebagai Jawatan Benculuk.

Tempat ini merupakan kawasan hutan lindung yang telah dikelola oleh Perhutani KPH Banyuwangi Selatan. Tempat ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Walaupun tidak berada di pusat kota, hutan ini dapat dituju dengan mudah karena lokasinya berada berdekatan dengan Jalan Raya Benculuk.

4.  Bangsring Underwater

Biasa disingkat Bunder, Bangsring Underwater merupakan wisata alam berbasis konservasi terumbu karang. Ada yang alami ada pula terumbu karang yang buatan. Tempat ini tercipta sebagai buah hasil upaya keras para nelayan desa setempat. Para nelayan tersebut berupaya keras dalam menyelamatkan laut dari kepunahan, tak heran jika nelayan-nelayan tersebut berhasil mendapatkan penghargaan Kalpataru, kategori Penyelamat Lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Basring Underwater memiliki daya tarik utama, salah satunya adalah Rumah Apung Bangsring. Rumah terapung ini berada di tengah pantai seluas 27 kali 7 meters. Anda bisa menjelajahi tempat sekitar dengan menggunakan kano ataupun banana boat.

5.  Taman Nasional Alas Purwo

Konon, kawasan ini merupakan tanah tertua di Pulau Jawa dengan memiliki luas mencapai 44.037 hektar. Disini, Kamu bisa menemui banyak kawasan wisata yang menari. Mulai dari kawasan savana, wisata budaya, hutan, goa kuno, hutan mangrove, hingga beragam pantai.

Ada pula terdapat sekitar 700 jenis flora, 50 jenis mamalia, 320 jenis burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil yang menjadi penghuni Taman Nasional Alas Purwo ini. Terdapat salah satu keunikan yang dimiliki dari Taman Nasional ini yakni Kamu bisa melihat banteng yang dapat dilihat dari padang Savana Sadengan di tengah hutan.

Selain itu, taman ini juga merupakan tempat ibadah yang diyakini sebagai tempat ibadah tertua bagi umat Hindu yakni Pura Kawitan. Jika Kamu datang berkunjung cobalah untuk mengambil foto datanglah pada pukul antara 06.00-09.00 WIB atau sore antara pukul 15.30-17.00 WIB karena selain menawarkan pemandangan yang asri dan sepi, jika Kamu beruntung, akan ada banyak binatang yang berkumpul sehingga hal tersebut bisa Kamu sempatkan untuk mengambil objek foto yang indah.