Tips Menguasai Bahasa Jepang dengan Cara yang Mudah
December 4, 2015
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Jepang secara Otodidak
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Jepang secara Otodidak
December 7, 2015

Inilah Kumpulan 5 Fakta Unik Bahasa Jepang yang Belum Anda Ketahui. Tulisan ini didedikasikan untuk Anda yang akan belajar bahasa Jepang terutama Anda yang berkecimpung di dunia industri Jepang di KIIC Suryacipta Karawang atau Jababeka Bekasi. Tensai Indonesia di Karawang adalah tempat kursus bahasa Jepang dengan banyak metode unik dan asyik yang akan memudahkan mempelajari bahasa Jepang hingga mahir.

Kontak Tensai Indonesia: Kampus Utama: Ruko Emporium blok VII C-5 Galuh Mas Karawang Tel: +62-267-8637522 | Mobile: +62815319262728 | Mobile: +6285691877714.

5 Fakta Unik Bahasa Jepang yang Belum Anda Ketahui

5 Fakta Unik Bahasa Jepang yang Belum Anda Ketahui

Di balik keruwetannya, ada keunikan Bahasa Jepang yang mungkin belum Anda ketahui. Reputasinya sebagai salah satu negara industri terbesar di Asia menjadikan Bahasa Jepang populer dan dipelajari oleh banyak negara. Bahkan demi kepentingan bisnis, orang-orang di Korea lebih memprioritaskan bahasa dari negeri Sakura tersebut dibandingkan dengan Bahasa Inggris.

Sedangkan di Indonesia, Bahasa Jepang menjadi terkenal bukan karena tren saja. Banyak pelajar atau mahasiswa yang mempelajarinya untuk mendapatkan beasiswa di sana. Para pekerja juga mulai menguliknya demi meraih pekerjaan di Jepang. Lantas, fakta-fakta apa lagi yang membuat bahasa ini begitu menarik?

1. Sejarah Bahasa Jepang

Sebagai bahasa resmi negara Jepang, Bahasa Jepang sampai sekarang telah dipakai oleh lebih 125 juta penduduk di negara tersebut. Adapun sekitar 2,5 juta orang yang menjadi penutur bahasa ini di luar wilayah Jepang. Namun, ternyata dahulu orang-orang di Jepang belum mempunyai jenis huruf khusus untuk menulis. Barulah saat aksara Tiongkok masuk ke Jepang pada abad ke-5, huruf-huruf pun mulai dikembangkan. Kanji yang dipakai dalam huruf Jepang berasal dari Tiongkok dan kini ada sekitar dua ribu karakter yang digunakan dalam Bahasa Jepang. Sementara di Tiongkok sendiri, ada enam ribu karakter yang digunakan dalam penulisan.

2. Mudah atau Sulit?

Sebagian orang berpendapat Bahasa Jepang sangat mudah dipahami. Hal tersebut dilatari beberapa faktor, seperti absennya konjugasi (sistem perubahan bentuk pada verba), tidak membedakan jenis kelamin, sampai penyusunan kalimatnya dapat dibolak-balik. Anda juga tidak akan kesulitan dalam pengucapan, sebab hanya ada sebelas konsonan dan lima vokal dalam bahasa ini. Keunikan Bahasa Jepang pun terletak pada kalimat tunggal dan majemuk yang tidak dibedakan.

Hal-hal yang membuatnya jadi sulit dipelajari antara lain adalah tiga jenis huruf yang harus dipahami (hiragana, katakan, dan kanji). Anda juga harus hati-hati dalam menulis, sebab banyak kata yang hampir serupa, tetapi memiliki arti yang berbeda. Partikelnya pun disesuaikan dengan kata benda alih-alih kata kerja. Tidak adanya konjugasi membuat kalimat-kalimat dalam bahasa ini terkesan ambigu. Anda juga harus mempelajari tingkatan bahasa untuk menghormati lawan bicara.

3. Rumpun Bahasa

Jika Anda sanggup memahami Bahasa Korea, maka mempelajari Bahasa Jepang pun bukan hal yang sulit. Sebab, kedua bahasa ini masih satu rumpun, termasuk dengan bahasa yang dipakai orang Mongolia. Kemudian, dengan mengulik Bahasa Jepang sampai paham juga akan memudahkan kita saat belajar Bahasa Mandarin.

4. Tentang Tiga Huruf Jepang

Huruf hiragana, katakana, dan kanji memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk menuliskan 46 suku kata Bahasa Jepang, Anda harus memakai hiragana. Hiragana juga bertugas dalam memberikan sentuhan gramatika, seperti imbuhan. Sedangkan katakana digunakan untuk menulis suku kata yang mengandung serapan kata asing seperti kōhii yang berarti kopi. Sebagai jenis yang paling rumit, kanji dipakai untuk menyampaikan sebuah arti.

5. Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bahasa Jepang sebenarnya memiliki banyak dialek, tetapi sebagian dialek nyaris punah karena modernisasi. Dialek Osaka adalah salah satu yang paling terkenal. Penduduk Jepang juga bukan orang-orang yang senang bicara. Sehingga, Anda akan sering menemukan ketidakjelasan atau kesan ambigu saat bicara dengan mereka dan menimbulkan miskomunikasi. Selain tertutup, penduduk Jepang tidak terlalu sering mengungkapkan perasaan mereka dengan gamblang. Hal tersebut lantas menjadikannya sebagai keunikan Bahasa Jepang yang tidak boleh Anda lewatkan.

Itulah 5 fakta unik bahasa Jepang yang belum Anda Ketahui dan sekarang Anda telah mengetahuinya dan menjadi referensi pengetahuan tambahan.