Konten blog wordpress berkualitas
8 Tool untuk Membangun Konten Blog WordPress Berkualitas
January 9, 2015
7 Cara Cepat Bikin Gambar Konten WordPress
January 12, 2015

6 Tools untuk Membuat Konten Blog WordPress

Setelah mengetahui 8 tools untuk membangun idea-idea guna mendapatkan kontent yang berkualitas dan anda pun telah memahami apa saja hal yang menarik dan menjadi minat pengunjung blog /web anda, kini anda pun telah memiliki banyak ide-ide cemerlang untuk membuat banyak konten.

Nah kini saat saya berbagi sedikit informasi tentang bagaimana mengoptimasi proses pembuatan konten agar setidaknya bisa berkualitas. Inilah 6 Tools untuk membuat konten blog WordPress.

6 Tools untuk Membuat Konten Blog WordPress

1. After the Deadline

After the Deadline ini adalah sebuah layanan yang bisa membantu anda para blogger wordpress dalam melakukan pemeriksaan dalam penulisan sebuah posting. Layanan ini akan memeriksa kesalahan-kesalahan dalam pengejaan, style, dan gramatika dengan menggunakan teknologi intelejensi. After the Deadline tersedia dalam plugin Jetpack dan juga dalam plugin TinyMCE. After the Deadline juga akan anda temukan di plugin-plugin bagi browser baik untuk Firefox maupun Chrome.

6 Tools untuk Membuat Konten Blog WordPress

2. Dropbox

Jika anda lebih menyukai menulis sebuah tulisan / postingan blog secara offline menggunakan aplikasi pengolah kata, maka Dropbox makan dropbox mungkin akan membantu Anda. Layanan cloud Dropbox ini unik dan sangat berguna bagi blogger worpdress. Selain bisa memastikan anda bisa mengakses file-file anda dari manapun, Dropbox juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan gambar-gambar atau file-file yang anda butuhkan untuk konten anda.

6 Tools untuk Membuat Konten Blog WordPress

Jika anda telah melakukan login dan masuk di tampilan halaman dashboard blog wordpress Anda, maka itu berarti anda telah siap untuk membuat sebuah tulisan, artikel atau apapun bentuk kontent Anda itu.

3. Editorial Calendar

Satu tool blogging yang disediakan oleh WordPress yaitu Plugin Editorial Kalender. Apa pula itu? Plugin ini merupakan perangkat yang cukup hebat bagi para blogger. Dengan plugin ini anda akan mudah mengatur keseluruhan jadwal konten blog / website anda. hanya dengan cara tarikd an taruh (dragging anda dropping) Anda akan bisa menentukan kapan saatnya post dipublikasikan. Selin itu anda pun bisa melakukan penyuntingan artikel secara langsung dari tampilan layar yang sama terhadap konten-konten yang belum dipublikasikan.

6 Tools untuk Membuat Konten Blog WordPress

4. Markdown quick tags

Apakah Markdown quick tags itu? Jika sebagian anda mungkin sedikit asing dengan istilah atau nama tool ini, maka Markdown quick tags ini adalah syntx pemformatan yang bisa memudahkan dan mempercepat proses memformat sebuah posting tanpa HTML. Nah Markdown quick tags ini adalah tool pemformatan untuk mentukan mana tag judul, sub judul dan sebagainya dengan karakter nomor, simbol ataupun tanda puntuasi.

Sebagai misal; meletakkan ### di depan sebuah paragraf, maka nantinya akan menjadi sebuah tag sub judul yang kita kenal dengan <h3>.

6 Tools untuk Membuat Konten Blog WordPress

Jika anda nantinya telah terbiasa dengan Markdown quick tags maka itu akan menghemat waktu.

Tertarik? UNtuk dapat menggunakan Markdown quick tags di website atau blog WordPress ini, ada tersedia beberapa plugin yang bisa anda gunakan, di antaranya adalah WP-Markdown dan PrettyPress. Anda yang terbiasa dengan Jetpack, di plugin Jetpack juga tersedia modul Markdown ini.

5. WordPress Distraction – Free Writing Mode

6 Tools untuk Membuat Konten Blog WordPress

Pada pojok kanan kanan halaman penyuntingan posting wordpress anda akan melihat sebuah icon kecil. Sebaiknya anda mencoba mengklik icon tersebut. Dengan mengklik icon kecil tersebut anda akan disuguhkan lingkungan penyuntingan posting blog wordpress yang full screen. Di sana Anda akan membuat posting blog dengan bebas tanpa diribetkan dengan bermacam elemen yang tidak anda butuhkankecuali menulis dan menulis. Fasilitas tersebut yang dikenal sebagai WordPress Distraction-Free Writing Mode kini semakin dioptimasi oleh wordpress untuk membantu para blogger semakin efektif dalam produktif membuat konten.

6. WordPress Mobile Apps

6 Tools untuk Membuat Konten Blog WordPress

Plaform blogging WordPress telah lama menyediakan Aplikasi mobile. Aplikasi ini memudahkan anda para blogger pengguna WordPress untuk menulis dan menyunting posting dari mana saja dengan menggunakan perangkan bergerak. Aplikasi yang telah bisa digunakan via Android maupun iOS ini juga telah dilengkapi dengan plugin Jetpack. Canggih kan?

Demikianlah 6 Tools untuk membuat konten blog WordPress.