Penyebab Gelembung Epoxy Lantai
May 27, 2016
Epoxy Lantai Agar Rumah Lebih Baik
Epoxy Lantai Agar Rumah Lebih Baik dan Lantai Awet Tahan Lama
July 20, 2016

7 Sebab Epoxy Lantai Tidak Berhasil

Sebab epoxy lantai tidak berhasil

Inilah 7 sebab epoxy lantai tidak berhasil. Apa sajakah itu? Yuk simak sekelumit penjelasan sebagai berikut ini.

Pelapisan dengan epoxy terutama untuk lantai memang solusi terbaik agar lantai tampil menawan, awet serta berdaya tahan baik. Meski demikian tidak semua proses epoxy akan sukses menciptakan lantai sesuai idaman.

Apakah Anda sedang mencari perusahaan jasa pelapisan epoxy flooring untuk lantai rumah, garasi atau gudang dan pabrik atau bahkan untuk kantor Anda?

Untuk wilayah Karawang meliputi kawasan industri KIIC, Suryacipta hingga KIM atau Bekasi di Jababeka hingga Lippo Cikarang, Nikifour adalah perusahaan kontraktor yang saya rekomendasikan untuk pengerjaan proyek pelapisan epoxy floring lantai.

Kontak Nikifour: Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01/06, Kel. Tunggak- Jati. Kec. Karawang Barat, Karawang – Jawa Barat, Indonesia 41351. Telp : (0267) 8401784, (0267) 8632104, (0267) 8632105, – Fax: (0267) 8451587. Website : https://nikifour.co.id – Email : nf@nikifour.co.id

Inilah 7 sebab epoxy lantai tidak berhasil

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kegagalan pelapisan epoxy coating terutama untuk lantai kesayangan Anda. 7 Penyebab utama gagalnya epoxy coating untuk lantai adalah berikut ini:

1. Permukaan yang kurang dipersiapkan dengan baik

Setidaknya anda harus meratakan permukaan lantai dengan amplas mesin sebelum epoxy ditimpakan. Selain itu permukaan lantai yang akan dilapis epoxy harus benar-benar bersih, kering dan bebas debu.

2. Kelembaban

Sebab epoxy lantai tidak berhasil selanjutnya adalah penggunaan produk epoxy yang berbahan dasar solvent yang biasanya tidak begitu baik daya rekatnya jika terkait kelembaban. Karena itu untuk menanggulangi kelembaban yang akan mengurangi daya rekat lapisan epoxy, maka permukaan lantai harus benar-benar kering. Jauhkan pipa atau keran yang bisa meneteskan air sedikitpun dari lokasi pelapisan epoxy. Selain itu pastikan tidak ada kelembaban yang munculk dari bawah lantai yang akan diepoxy.

3. Lapisan lantai yang kurang baik

Epoxy akan gagal jika lapisan lantai seperti semen lebih lemah dari produk epoxy yang digunakan. Lapisan epoxy akan mudah terkelupas atau terangkat dari lapisan lantai.

4. Tidak menggunakan lapisan utama

Tidak menggunakan lapisan utama atau salah memilih lapisan dasar epoxy juga menyebabkan kegagalan epoxy. Karena itu gunakan lapisan primer/dasar utama yang sesuai terutama untuk lantai di area industri. Lantai akan mengalami keausan oleh sebab itu sebaiknya tidak menganggap lantai akan dengan mudah menempel pada lapisan semen. Pastikan jika lapisan epoxy utama benar-benar coock untuk lapisan semen lantai.

5. Permukaan yang tidak pas

Pastikan lapisan semen lantai memang pas untuk epoxy dalam hal kerekatan. Lebih baik tidak menggunakan epoxy untuk lantai kayu sebab kayu memiliki sifat flexible dibanding epoxy sehingga bisa menyebabkan epoxy retak dengan mudah.

6. Lantai yang tercemar

Pada banyak proses pemasangan epoxy lantai, misal pada lokasi pabrik makanan dan minuman, bengkel dan sebagainya, jika tidak dipastikan lantai benar-benar bersih dan kering, epoxy jelas akan gagal.

Minyak, oli pelumas, debu dan aneka residu harus dibersihkan sebelum proses epoxy dimulai.

7. Gagal dalam mencampur resin pengeras epoxy

Apakah Anda pernah melihat hasil pelapisan epoxy yang kurang baik? Masih terasa lengket dan kenyal setelah berbulan-bulan? Itu karena salah dalam menambahkan campuran resin pengeras dalam cairan epoxy.

Bagaimana? Apakah Anda telah mendapatkan ulasan mengapa epoxy lantai gagal? Ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut? Konsultasikan kebutuhan proyek epoxy lantai Anda kepada Nikifour Karawang. Kontak Kami segera.