Pertanyaan Strategi Bisnis Media Sosial
Pertanyaan Strategi Bisnis Media Sosial
August 6, 2014
Melihat Keunggulan Coworking Space dari Kaca Mata Ekonomi
Melihat Keunggulan Coworking Space dari Kaca Mata Ekonomi
August 15, 2017

Brand yang anda miliki merupakan gambaran sekaligus potret atau foto wajah dari bisnis Anda. Layaknya potret wajah yang menjadi daya tarik Anda sendiri, brand membuat bisnis anda memiliki karisma yang bisa mendatangkan uang dan mempertahankan keberlangsungan bisnis. Artikel ini adalah tentang 8 masalah yang merusak brand dan reputasi bisnis Anda.

Brand anda adalah daya tarik yang prospektif bagi calon kustomer dan mereka yang kini tetap loyal pada setiap proyek-proyek bisnis Anda. Lupakan tenaga marketing anda, mereka para sales representatif tidak akan ada gunanya tanpa brand yang baik yang mereka representasikan.

8 Masalah Yang Merusak Brand dan Reputasi Bisnis

Brand yang baik dan brand yang baik adalah kata yang selalu mestinya terngiang-ngiang pada setiap strategi bisnis. Kenali beberapa hal yang membuat brand anda menjadi brand yang tidak baik. Kenali beberapa hal berikut yang bisa membuat buruk brand anda. Kenali inilah 8 hal yang bisa membuat brand anda menjadi rusak. Brand yang buruk, buruk pula penerimaan kustomer dan publik akan pesona wajah bisnis anda. Rusaknya sebuah brand maka akan mencoreng karisma laiknya tercorengnya wajah anda karena hal yang memalukan.

1. Planning yang mentah!

Masalah yang Merusak Brand dan Reputasi Bisnis

Bisnis apapun dan di manapun itu, selalu mewajibkan planning alias perencanaan yang baik. Planning dan keterencanaan akan menjaga keberlangsungan yang semestinya dibutuhkan bagi brand Anda agar kustomer anda nantinya menerima gambaran produk/jasa Anda dengan nyaman.

Para pelanggan hanya mau yang mereka butuhkan. Sebesar apapun nilai transaksinya, kemauan mereka adalah jaminan keberhasilan brand Anda. Kemauan kustomer terpenuhi, angka transaksi bukan hal sulit!.

Membuat nyaman kustomer dengan brand anda adalah hal terpenting dalam mempertahankan sebuah bisnis.

2. In-konsistensi

Masalah yang Merusak Brand dan Reputasi Bisnis

Sekali saja kustomer menemukan ketidak-konsistenan dalam brand yagn anda usung, reputasi anda berkurang dan keyakinan kustomer berkurang. Salah satu cara memelihara hubungan bisnis yang sehat adalah mampu senantiasa meyakinkan kustomer akan produk/jasa bisnis yang Anda sediakan adalah yang paling terbaik. Yakinkan bahwa mereka tidak salah membelanjakan uang mereka dan mengalokasikan waktu mereka berbisnis dengan Anda.

3. Konten Web tidak berkualitas

Masalah yang Merusak Brand dan Reputasi Bisnis

Memiliki web sebagai brand tidaklah cukup, melainkan anda harus membangunnya dengan baik dan maksimal agar meraih kustomer dan perhatiannya dari sajian banyak informasi yang berkualitas.

4. Realita dan Image yang dijanjikan tidak sama

Masalah yang Merusak Brand dan Reputasi Bisnis

Kesan kustomer brand anda bisa hancur ketika anda menyajikan realita yang berbeda atau bertolak belakang.

5. Meremehkan peluang Media Sosial

Masalah yang Merusak Brand dan Reputasi Bisnis

Kolot terhadap teknologi Social Media hanya akan semakin memperburuk brand anda. Semua orang kini ada di Social Media, anda masih di mana?

6. Tuli akan saran dan kritik

Masalah yang Merusak Brand dan Reputasi Bisnis

Brand yang dibangun di atas nilai-nilai feodal mestinya segera dikuburkan dalam-dalam. Buka telinga Anda lebar-lebar terhadap saran dari pekerja dan kritik dan pelanggan Anda. Pelangga / kustomer adalah orang dengan kebutuhan dan pekerja adalah orang dengan ide-ide di kepala mereka, merekalah tujuan bisnis Anda. Brand anda, perusahaan anda, bisnis anda tidak akan sukses tanpa mereka.

7. Desain web yang menyesatkan

Masalah yang Merusak Brand dan Reputasi Bisnis

Web tidak saja berkualitas secara konten, tapi juga bisa menavigasikan kustomer dan khayalak secara tepat cepat. Website yang tampil asal-asalan bisa saja mewakili bisnis yang asal-asalan, website dengan navigasi buruk, akankah begitu juga dengan alur transaksi dan order?

8. Salah strategi dan salah sasaran

Masalah yang Merusak Brand dan Reputasi Bisnis

Ingin tampil unik harus melihat sasaran. Salah sasaran sangat berbahaya bagi brand dan keberlangsungan hidup bisnis Anda. Menjual produk untuk anak-anak dengan strategi unik? Jangan tampil menakutkan dengan kesan membahayakan. Berperilaku ceroboh dalam bisnis serta miskin transparansi adalah pembunuh nomor wahid dari brand Anda.

Brand yang sehat adalah brand yang terus berupaya melahirkan inovasi. Anda gagal membaca keinginan pasar, anda gagal memahami keyakinan pekerja, maka bisnis anda akan gagal total.

Brand adalah reputasi. Reputasi Anda-lah yang akan membuat anda bersinar atau tenggelam. Dengan brand yang baik, dirikan bisnis anda pada posisi terbaiknya dan raihlah sukses. Demikianlah masalah yang merusak brand dan reputasi bisnis Anda.

Sumber dan Referensi: