9 Cara agar Instagram Aman bagi Anak Anak

Inilah 9 cara agar Instagram aman bagi anak anak.  Adalah penting untukan menghindari penindasan atau pelecahan atau penyalahgunaan terhadap anak-anak di Instagram sebab instagram kini menjadi platform media sosial favorit bagi anak-anak dan remaja. Melalui Instagram, anak Anda dapat menikmati posting foto, berkomentar dan berkomunikasi dengan teman-temannya. Meski hanya sebagai media sosial, namun Instagram juga dapat menjadi berkembang biak sebagai tempat penindasan atau “cyber bullying”.

9 Cara agar Instagram Aman bagi Anak Anak

9 Cara agar Instagram Aman bagi Anak Anak

Berikut adalah sembilan cara menghindari penindasan bagi anak-anak di instagram.

1. Monitor Instagram dan situs lain serta aplikasi yang anak-anak Anda gunakan

Hal ini juga termasuk kemudahan Anda untuk mengakses akun dan kata sandinya. Pastikan anak-anak Anda memposting sewajarnya dan tidak berlebihan ketika berbagi di Instagram.

2. Batasi jumlah posting selfi foto anak Anda di Instagram

“Selfie” atau swa foto merupakan foto yang anak Anda ambil sendiri kemudian diposting ke Instagram. Terlalu banyak posting swa foto dapat membuka peluang anak terkena penindasan di dunia maya.

3. Pertimbangkan untuk membuat kontrak penggunaan teknologi

Kontrak seperti ini dapat digunakan untuk menyebutkan berbagai tingkah laku, termasuk waktu penggunaan teknologi. Anda juga dapat menggabungkan aturan tentang mengunduh aplikasi dan apa yang Anda nilai pantas untuk diposting melalui Instagram.

4. Komunikasi terbuka

Komunikas yang terbuka, misalnya Anda berbicara dengan anak Anda tentang pengikut yang disetujui hanya apabila anak Anda mengenalnya di kehidupan nyata. Selain itu, Anda juga harus berbicara dengan anak Anda tentang apa yang dipostingnya dan apa yang teman-temannya posting. Pembahasan tentang posting merupakan permulaan yang baik untuk membahas isu-isu yang lebih besar.

5. Pastikan anak Anda tidak memberikan lokasi foto

Geotagging memungkinkan orang lain mengetahui di mana anak Anda berada. Hal ini akan mempermudah para pengganggu dan predator anak untuk menemukan anak Anda. Jadi pastikan geotagging di Instagram anak Anda dimatikan.

6. Ingatkan anak Anda tentang etika dan rasa menghormati di dunia digital

Anak-anak perlu mengikuti aturan yang ada di dunia maya, seperti halnya aturan ketika berbicara dengan orang lain di depan umum. Pastikan anak Anda mengetahui apa yang dapat diterima dan apa yang tidak. Selain itu, Anda pun harus ingat bahwa jauh lebih mudah untuk mengatakan hal tersebut, tetapi anak-anak biasanya akan lebih berani di dunia maya daripada kehidupan nyata.

7. Biasakan tanda-tanda penindasan

Kebanyakan anak-anak tidak memberitahu orang dewasa ketika mengalami penindasan, sehingga Anda harus bertindak seperti mata-mata di kehidupan anak Anda sendiri. Sebagai contoh, jika anak Anda terus-menerus memeriksa Instagram kemudian muncul rasa putus asa atau rasa sedih setelah berselancar online, Anda harus berkomunikasi dan mencari tahu apa yang terjadi. Selain itu, Anda harus menyadari bahwa Instagram dapat menyebabkan anak-anak mengalami iri dan cemburu, terutama jika anak-anak secara konsisten membandingkan dirinya dengan orang lain di dunia maya.

8. Pengaturan privasi pada Instagram

Melakukan hal ini akan memastikan bahwa foto-foto anak Anda hanya dapat dilihat oleh teman dan pengikutnya saja. Untuk itu, Anda perlu melakukan pengaturan pada akun Instagram anak Anda  dari “default of public” menjadi “private”.

9. Blok dan laporkan pengguna Instagram yang berbagi gambar tidak pantas atau berkomentar kasar

Untuk melakukan tindakan ini, Anda perlu mengajarkan anak Anda untuk masuk ke halaman profil pengganggu. Kemudian menekan tombol di sudut kanan atas layar, yaitu “block user” atau “report user”.

Cara terbaik untuk memerangi “cyber bullying” pada Instagram adalah dengan berbicara pada  anak Anda tentang bahaya penindasan serta mendidiknya tentang cara menggunakan teknologi yang aman dan bertanggung jawab. Selain itu Anda dapat mempraktikan sembilan cara menghindari penindasan bagi anak-anak di instagram.

Demikianlah 9 cara agar Instagram aman bagi anak anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *