Mengenal Lebih Detail Spesifikasi Android One Smartphone Google
February 11, 2015
Misi Google di Balik Android One
February 12, 2015

9 Fakta Smartphone Google Android One

9 Fakta Smartphone Google Android One. Ada hal yang menarik di awal tahun 2015 ini. Raksasa mesin pencari Google akan meluncurkan smartphone android murah yang di sebut oleh Google sebagai smartphone Android berkelas dengan harga miring.

Smartphone yang di maksud adalah Android One, nama yang sederhana namun menyita para pengamat teknology mobile khususnya para droidlovers setelah Google mengumumkan di konfrensi Google i/o pertengahan 2014. Inilah 9 Fakta Smartphone Google Android One.

9 Fakta Smartphone Google Android One

Mungkin ponsel pintar berbasis android mudah di temukan di mana-mana. Yang membedakan Android One dari smartphone android yang lain ialah smartphone ini adalah Google yang meraciknya, sang pengembang system operasi android itu sendiri.

Sebenarnya seperti apakah Android One itu? Google sendiri belum memberi informasi lengkap tentang Android One. Meski demikian Google masih bermurah hati dengan memberikan beberapa fakta unik dari Android One ini.

Berikut beberapa fakta tentang Android One yang di berikan Google.

1. Android One adalah sebuah program untuk smartphone

Android One tidak hanya sebuah produk smartphone Android. Pihak Google meracik produk ini sebagai sebuah bagian dari program pendukung standar perangkat keras bagi pembuat ponsel Android. Dengan maksud agar para vendor akan senantiasa memperhatikan standarisasi dari Android One ketika menghadirkan produk Android dengan harga yang kompetitif karena Android One merupakan sebuah sistem operasi yang di pasang pada smartphone murah.

2. Hak istimewa untuk Android One

Lebih menariknya lagi dari Android One ini adalah hak istimewa sama seperti Google memperlakukan Nexus. Itu artinya Android One akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pembaharuan dari Google baik dari sistem maupun program secara keseluruhan. Mungkin saja suatu saja nanti Google akan mencoba sistem operasi terbarunya dengan mengujinya terlebih dahulu pada smartphone Android One ini.

3. Android One ditujukan bagi negara berkembang

Android One pertama kali di pasarkan di india sebagai negara dengan jumlah populasi terbesar kedua. India bisa disebut sebagai pasar yang sangat potensial bagi Android One. Untuk merealisasikan program Android One di India ni, Google bekerjasama dengan vendor Karbonn dan Spice. Google sendiri menjelaskan bahwa proyek Android One akan dimulai dengan produk bernama Micromax Android One.

Indonesia menjadi pihak kedua setelah India. Ada 3 vendor lokal menurut Google yang nantinya akan menjual Android One ini yaitu. Mereka itu adalah Nexian, Evercoss, dan Mito. Tentang para vendor lokal ini Google tidak menjelaskan lebih mendetail.

4. Spesifikasi Android One

Android One ini konon akan digenjot dengan prosesor MT6575 Dual Core core Cortex A7 yang berjalan di 1,3 GHz, dipadu RAM 1 GB dan kapasitas memori internal 4 GB di tambah micro-sd yang mencapai34 GB.

Hal itu berarti smartphone Android One didukung oleh chipset besutan MediaTek. Dukundan MediaTek terhadap Google ini bukan sesuatu yang menghebohkan mengingat MediaTek merupakan chipet yang banyak digunakan di produk kelas menengah ke bawah.

5. Mengandalkan Layar 4,5 Inch

Standarisasi Android One terpenting liannya adalah masalah layar yang lebar. Google dikabarkan akan membuat standar semua smartphone Android One dengan layar yang nyaman dan lebar. Dimensi layar yang dimaksud berkisar pada layar 4,5 inci(854×480). Tentu saja dimensi layar tersebut tidaklah terlalu lebar dan tidak terlalu kecil.

6. Android One di dukung 2 kamera plus LED flash

Kamera 2 megapixel bertengger di sisi atas display, Kamera utama dengan resolusi 5 megapixel yang turut dibekali LED flash bisa ditemukan di bagian belakang. Sisi ini dilapis material yang kesat di tangan, terasa seperti karet.

7. Butuh dukungan memori

Android One mengusung spesifikasi kelas entry level sesuai peruntukkan pasarnya. Tapi deretan hardware yang tertanam di dalamnya masih tergolong memadai untuk standar saat ini.

Sebuah aplikasi FM Radio terselip di antara program-program bawaan. Secara default, dari total keseluruhan sebesar 4 GB, sekitar 2 GB ruang kosong yang bisa dipakai pengguna dari media penyimpanan internal Android One ini. Sisanya sudah diisi oleh sistem operasi dan program-program bawaan.

8. Sistem Operasi Android One

Sistem operasinya sendiri Android One menggunakan Android 4.4 Kitkat, dengan jaminan bakal terus mendapat update Android versi terbaru selama dua tahun atas dukungan langsung dari Google.

Beberapa layanan standar milik mbah Google seperti Maps, YouTube, dan toko aplikasi Google Play pun bisa ditemukan di sini.

9. Harga Android One di bawah 1 juta

Untuk di Indonesia, Android One di kabarkan Google mematok harga 1 juta ke bawah. Dengan ke unggulan di atas mungkin menjadi daya tarik sendiri. Memiliki smartphone android berkelas dengan harga murah.

Demikianlah 9 Fakta Smartphone Google Android One. Sumber: detiknet & gadgetgan.com.