Inilah 9 fakta unik tentang kambing. Tahukah Anda?

  1. Kambing adalah hewan terbersih di antara binatang, paling selektif dalam memilih makanan dibanding sapi, babi bahkan anjing sekalipun.

  2. Mereka memakan bermacam jenis tetumbuhan, tetapi tidak tidak menyukai makanan yang telah ter-kontaminasi atau telah diletakkan di lantai atau tanah.

  3. Kopi pertama kali ditemukan ketika para penggembala kambing memperhatikan kambing mereka menjadi enerjik setelah memamah biji kopi.

  4. Kambing merupakan hewan pertama yang dipelihara manusia, menurut para ahli sejarah.

  5. Sebelum koin dipergunakan sebagai mata uang, kambing dianggap begitu bernilai sehingga mereka dipergunakan sebagai alat penukar perak.

  6. Gambar berusia 12.000 tahun tentang kambing telah ditemukan di dinding-dinding gua di eropa.

  7. Christopher Columbus sendiri membawa kambing ke Amerika pada tahun 1943.

  8. Fir’aun Cephrenes menganggap kambing-kambingnya begitu berarti sehingga ia bahkan dikuburkan bersama 2.234 kambing-kambingnya.

  9. Isteri Carl Sandburg’s  merupakan peternak kambing paling terkenal, ia begitu mencintai kambing-kambingnya sehingga ketika malajah Life menginginkannya berpose bersama anjing favoritnya untuk terbitan tahun 1938, ia malah berpose dengan kambing-kambingnya. Tulisan 9 Fakta Unik Tentang Kambing ini adalah terjemahan dengan sedikit penyesuaian, sumbernya adalah ini: https://www.lifeinthefastlane.ca

Jika Kambing Menjadi Binatang Kesayangan

Bagaimana jadinya jika kambing menjadi binatang kesayangan? Biasanya kambing dijadikan binatangpeternakan, ada yang mengatakan kambing secara alami jinak dan baik sebagai binatangpeliharaan – umumnya sih kambing jenis kambing kacang atau kambing kerdil – meski kambing tidak disarankan sebagai binatang rumahan.

Jika ingin menjadikan kambing sebagai binatang peliharaan, bukan sembelihan, pertama; pikirkan dulu baik-baik, sebab memelihara mereka memerlukan biaya dan perawatan yang cukup menyita waktu dan perhatian.

Jika Kambing Menjadi Binatang Kesayangan

Damascene goat Qahr. Photo Xinhua / Reuters

Ada yang mengatakan kambing juga binatang jinak, paling tidak sejinak anjing (ini sekedar perbandingan aja, sebab kalo perbandingannya kucing adalah sangat berbeda sifatnya dan kemudahan trainingnya) sebagai peliharaan dan mudah dilatih. Jika anda tekun melatih mereka dengan cukup, maka hasilnya lumayan, kambing bisa dijadikan teman berolahraga jalan kaki.

Menanamkan disiplin terhadap makhluk yang satu ini bukanlah hal yang mudah, tetapi kambing biasanya akan merespon terhadap sikap kita, apakah kasar atau lemah lembut – dengan pendekatan kasih sayang dan kelemah lembutan, suara yang halus, serta suplai makanan yang cukup, kambing akan mudah dekat dengan kita. Jangan melakukan gerakan yang dapat mengejutkan mereka, atau perilaku yang tidak mereka inginkan,misalnya mengacungkan golok. Jangan memaksakan kehendak terhadap para kambing, dan jangan pernah memukul mereka menggunakan tangan atau benda lainnya. Mungkin kambing tidak akan berusaha menyambut anda dengan suara mereka laiknya seekor anjing atau kucing, namun kambing mampu mengenali nama mereka dan akan menengok ke arah anda, bahkan kambing punya kemampuan untuk mempelajari beberapa patah kata. Mengagumkan!

Jika Kambing Menjadi Binatang Kesayangan

Kontes kecantikan kambing Qahr di acara kontes kecantikan kambing di Riyadh. Photo Xinhua / Reuters

Karena kambing adalah hewan yang hidup berkelompok, atau berkawanan, sebaiknya jangan memelihara hanya 1 ekor kambing tanpa memberi ia teman, mereka membutuhkan persahabatan sesama kambing, dan kambing bisa bersedih jika mereka harus hidup sendirian.

Karena kambing akan merasa betah tinggal dan nyaman hidup jika tempatnya sesuai, maka lahan yang cukup dan rerumputan yang lapang sangat dibutuhkan, hal itu tergantung jumlah kambing yang anda pelihara.

Kambing sangat rentan terhadap beberapa infeksi dan penyakit kronis sehingga pengobatan dan vaksinasi rutin sebagai tindak pencegahan sangat dianjurkan, karenanya anda mesti berkonsultasi dengan dinas peternakan di tempat anda. Untuk daerah jawa barat, Indonesia, anda dapat menghubungi: https://www.disnak.jabarprov.go.id/

Belilah kambing hanya dari peternakan berkualitas baik yang melakukan perawatan sanitasi dan pecegahan penyakit pada peternakanya dengan baik. Cobalah kunjungi peternakan terdekat, dan anda bisa menanyakan prasayarat memelihara kambing. Jangan coba memelihara kambing liar karena mungkin anda piker bisa menjinakkannya, hal itu sejauh ini belum ada yg berhasil dan mampu melakukannya. Pastikan bahwa kambing yang akan anda beli mudah dipelihara, gampang dipegang dan tidak liar, tentu saja.

Mendapatkan kepercayaan dari seekor kambing memerlukan banyak kesabaran, perhatian, kasih sayang dan pemberian makanan yang cukup seperti potongan jagung atau kismis, tetapi itu tergantung respons mereka terhadap makanan yg mereka suka.

Dengan perlahan dan sabar, anda akan berhasil membuat mereka nyaman berteman dengan anda. Lebih muda seekor kambing, lebih gampang anda dekati, dan yg lebih tua akan memerlukan banyak kesabaran serta tak ada jaminan yang tua bisa dijinakkan’.

Jika Kambing Menjadi Binatang Kesayangan

Kambing Damaskus di kontes kecantikan Mazayen Al Maaz. Photo Xinhua / AFP

Kambing, pasti membutuhkan kandang, – sebuah konsep bebas kandang panggung 8’ x 10’ akan cocok sebagai tempat tidur dan makan bagi kambing dan akan menampung 4 kambing dewasa. Pada bagian luar kandang diperlukan pagar setinggi 120 cm agar menyediakan udara segar dan aktivitas yang dibutuhkan para kambing.

Makanan diet bagi kambing bisa dalam bentuk kacang-kacangan dan rumput segar, bark (bark adalah semacam kulit luar kayu yang masih hijau), brush (semacam semak yang didoyani kambing) serta dedaunan mungkin dibutuhkan sebagai makanan tambahan.

Demikianlah jika kambing menjadi binatang kesayangan. Informasi lebih lanjut tentang pemeliharaan kambing secara ideal bagi masyarakat Indonesia, silahkan klik ini: gbp_kmb_dmb (dokumen panduan beternak kambing yang baik).

Kambing Kambing Unik dan Kontes Kecantikan di Arab Saudi

Kambing Unik dan Kontes Kecantikan di Arab? Arab Saudi adalah negara paling konservatif dalam urusan perempuan, belum lama ini mengadakan kontes yang sangat erat berhubungan dengan dunia perempuan. Ya, kontes kecantikan. Luar biasa. Tuh, siapa yang pernah mengira kalau Saudi juga ternyata demen mengadakan kontes miss beauty? Ah ternyata.

Tapi tunggu dulu, kali ini yang dijadikan objek kontes kecantikan yang luar biasa ini ternyata berkaki empat. Nah loh!

Ya, sayang sekali, pembaca keliru kalo mengira objek ajang kecantikan itu adalah perempuan. Apa jadinya jika jantung Islam udah ada ajang maksiat?

Kambing Kambing Unik dan Kontes Kecantikan di Arab Saudi

Nah, bagi anda yang mata keranjang, gak boleh melihat perempuan cantik, atau jangankan perempuan cantik, kambing dibedakin juga doyan? Aha, cocoknya membaca tulisan ini.

Makhluk berkaki empat itu adalah kambing. Kambing yang kita kenal itu, di sana diikutkan juga kontes kecantikan. Tepatnya di ibukota Saudi, Riyadh. Nama kontesnya adalah: Mazayen Al Maaz. Adalah kambing bernama Qahr, seekor kambing Damaskus atau istilah sononya adalah: Maaz Al Shami, berhasil menyabet piala pertama sebagai kambing tercantik versi kontes tersebut.

kambing pemenang kontes kecantikan saudi

Qahr memenangi tempat pertama sebagai “Kambing tercantik” Photo oleh Xinhua / Reuters

Para pemenang kontes itu dipilih berdasarkan kombinasi berbagai faktor dan keseluruhan penampilan, bukan semata karena warna, tetapi juga kepala, hidung, mulut, telinga, dada dan mata, meski factor yang paling menonjol mempengaruhi penilaian adalah ukuran kepala dan warna putih mata mereka.

Kambing-kambing Damaskus juga dinilai berdasarkan kelangkaan mereka. Dinamai juga dengan Aleppo, Halep, Baladi, Damascene, shami, cham, kambing-kambing Damaskus banyak diternakkan wilayah Syiria dan Libanon, terutama untuk produksi susu.

Open chat
Butuh bantuan Download dan Info Lengkap?
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkpanya, penawaran, dan bantuan download WA kami saja..