7 Tips Mendesain Kantor di Rumah
December 26, 2015
Tips Merenovasi Bangunan Gedung
5 Tips Merenovasi Bangunan Gedung
January 4, 2016

9 Kesalahan Memilih Warna Cat Interior Rumah

Kesalahan memilih warna cat interior rumah

Ingin merubah desain interior rumah anda dengan warna cat yang baru? Pastikan Anda tepat dalam mengaplikasikan warna-warnanya. Kesalahan memilih warna untuk rumah idaman Anda akan menyebabkan ketidak-nyamanan di kemudian hari. Inilah 9 kesalahan memilih warna cat interior rumah.

Segarkan desain interior rumah secara drastis dan murah melalui cat selalu dijadikan pilihan. Cat mampu mengubah tampilan ruang menjadi lebih baik atau lebih buruk. Memasuki tahun baru tentu selalu muncul tren baru termasuk warna cat. Sebelum segarkan desain interior rumah, ada baiknya Anda menghindari sembilan kesalahan ketika memilih warna cat untuk interior rumah.

9 Kesalahan Memilih Warna Cat Interior Rumah

1. Melupakan pencahayaan alami

Orang sering berpikir warna gelap membuat tampilan yang tegas, tapi sayangnya kebanyakan orang gagal mempertimbangkan apakah ada cukup pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan. Sebab tanpa cahaya alami, ruangan tertutup akan terlihat muram.

2. Memilih warna yang terlalu terang

Orang cenderung tertarik pada warna ceria yang dilihatnya di majalah. Namun, warna-warna tersebut sering berakhir kurang baik pada ruang berukuran kecil. Sebab tanpa ruangan yang luas dan terang, maka warna cerah pada ruang yang sangat kecil menjadi terlalu intens dan visualnya pun menjadi tidak nyaman.

3. Mengandalkan chip warna

Orang sering melupakan pentingnya menguji cat secara langsung pada dinding. Karena menggunakan chip warna tidak akan memberi informasi tambahan yang cukup bagi Anda. Untuk itu, Anda perlu untuk melakukan tes warna pada dinding Anda dengan cara menyapukan cat di daerah bayangan dan daerah dengan pencahayaan langsung untuk mengetahui bagaimana warna tersebut akan terlihat.

4. Pencocokan warna yang berlebihan

Mencoba untuk mencocokkan warna cat dengan furniture akan membuat ruang seperti berselisih dan membosankan. Sebab ruangan dengan warna yang sama, tidak akan menarik mata, dan desainnya tidak nampak. Untuk itu, sebaiknya pilih warna cat yang lebih terang atau lebih gelap untuk melengkapi tampilan furniture rumah Anda.

5. Menggunakan warna putih untuk meringankan ruang

Pilihan warna putih terlihat cerah dan modern pada ruangan terang, namun akan memiliki efek sebaliknya pada ruangan gelap. Sebab warna putih pada ruangan dengan pencahayaan alami yang sangat minim akan membuatnya terlihat kotor dan muram. Sebaiknya ruangan yang kurang pencahaya menggunakan dengan beberapa hue, warna pertengahan bahkan warna gelap.

6. Mengabaikan bayangan

Ketika memilih warna cat, sangat penting untuk menguji apakah waktu yang berbeda terutama dengan terjadinya perubahan pencahayaan akan mengubah tampilan ruangan. Jika ruangan Anda memiliki banyak bayangan, Anda mungkin dapat memilih warna terang karena secara alami kamar akan menjadi gelap.

7. Warna lantai

Nuansa yang berbeda dari lantai kayu dapat berdampak besar pada tampilan keseluruhan ruangan Anda. Untuk itu, Anda dapat memilih warna-warna alami atau keluar dari warna-warna kayu. Karena lantai menjadi hal utama yang dapat memengaruhi keseluruhan ruangan, maka Anda harus mempertimbangkan pemilihan warna cat.

8. Membagi warna pada ruang

Menciptakan dinding dengan dua warna pada ruang dapat menciptakan kejanggalan pada alur dekorasi. Untuk itu, kebanyakan ahli mengecat dengan warna yang sama atau membuat pergeseran warna yang halus di sekitar ruang. Anda dapat memilih dinding dengan beberapa jenis fitur arsitektur untuk membuat pergeseran warna yang logis.

9. Memilih warna yang sedang trend

Sesuatu yang sedang tren memang dapat menjadi inspirasi, tetapi mengabaikan preferensi juga sebuah kesalahan. Sebab menempatkan tren di atas selera pribadi adalah sebuah bencana besar. Meski tren menyenangkan dan berguna dalam mengarahkan warna baru, tapi jika Anda menemukan warna abu-abu yang menghilangkan semangat, maka jangan cat rumah Anda dengan warna tersebut. Sembilan informasi di atas dapat Anda hindari ketika mengubah desain interior rumah Anda. Jadi kapan Anda akan segarkan desain interior rumah?

Demikianlah kurang lebihnya 9 kesalahan memilih warna cat interior rumah. Untuk itu berikut ini adalah 8 ide warna cat netral untuk ruangan rumah Anda. Contoh 8 pemilihan warna cat netral untuk ruangan ini bersumber dari: https://www.huffingtonpost.com/2015/05/19/8-best-neutral-paint-colors_n_4661574.html

1. Accessible Beige by Sherwin-Williams

Accessible Beige by Sherwin-Williams

2. Alexandra Beige by Benjamin Moore

Alexandra Beige by Benjamin Moore

3. Backdrop by Sherwin-Williams

Backdrop by Sherwin-Williams

4. Caviar and Manhattan Mist

Caviar and Manhattan Mist

5. French Grey by Behr

French Grey by Behr

6. Montpelier Ashlar Gray by Valspar

Montpelier Ashlar Gray by Valspar

7. Shale by Benjamin Moore

Shale by Benjamin Moore

8. Storm by Benjamin Moore

Storm by Benjamin Moore