Cara Mudah Menggunakan BBM di Android
December 28, 2015
Google Project Shield
Google Project Shield Upaya Melindungi Website Berita dari Serangan DDoS
February 26, 2016

Accelerated Mobile Pages Projects Bikin Internet Mobile Lebih Cepat

Accelerated Mobile Pages Projects disingkat AMP adalah sebuah proyek keroyokan pelaku industri internet termasuk Google di dalamnya guna menciptakan teknologi yang mempermudah dan mempercepat akses internet melalui perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan semacamnya. Kini proyek tersebut mulai dijalankan, konon sudah bisa dirasakan dampaknya, benarkah?

Accelerated Mobile Pages Projects

Logo web proyek AMP

Accelerated Mobile Pages Projects

Mengutip sebuah artikel di blog resmi Google di https://googleblog.blogspot.co.id/2016/02/amping-up-in-mobile-search.html, Google menyatakan bahwa misi utama mereka adalah akses informasi. Saat ini adalah eranya smarthone dan mobile internet. Sayangnya kecepatan adalah kendala utama ketika website diakses melalui perangkat mobile. Adalah fakta sebuah web lambat dalam 3 detik pertama, orang akan meninggalkannya. Tentu hal tersebut buruk baik pengguna internet mobile dan buruk baik pembuat konten. Karena itu Google di akhir bulan Oktober 2015 bergabung dalam proyek AMP (Accelerated Mobile Pages Project). Proyek tersebut adalah semacam inisiasi terbuka guna mempercepat website mobile semaksimal mungkin.

Accelerated Mobile Pages Projects

Empat bulan kemudian proyek AMP diminati ratusan publisher. Bahkan banyak perusahaan teknologi dan perusahaan iklan yang berfokus teknologi turut serta mengambil bagian. Mereka semua dalam proyek ini berupaya untuk memperbaiki akses internet secara mobile. Mulai kapan pengguna internet mobile bisa merasakan entengnya berselancar? Google mengklaim mulai sekarang mereka akan memudahkan pengguna internet untuk mendapatkan website-wesite yang berbasis AMP. Di mana? Di hasil pencarian mobile.

Video about Accelerated Mobile Pages Projects

Kini ketika Anda mencari sebuah topik informasi di Google melalui perangkat mobile Anda, website yang relevan yang dibangun menggunakan AMP akan muncul di bagian Top Stories di halaman pencarian. Info apapun yang Anda pilih akan muncul dengan sekejap tanpa lagi menunggu loading yang lama.

Teknologi AMP sangat baik untuk browsing menggunakan perangkat mobile; smartphone atau tablet. Mengapa? itu karena halaman website yang dibangun dengan AMP akan loading 4 kali lebih cepat. AMP juga mengurangi data yang hilang hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan website tanpa AMP. AMP menjadikan loading instant dan membaca di perangkat bergerak lebih menyenangkan.

Accelerated Mobile Pages Projects

Tertarik untuk bergabung? Membantu orang menemukan kontent berbasis AMP melalui Google Search adalah langkah signifikan, menurut Google.

Masih terbuka peluang sangat lebar bagi siapun Anda untuk bergabung di proyek open source AMP. Bahasa HTML khusus AMP harus dikuasai dalam hal ini.

Tentang proyek AMP

Bagaimana memulaikan diri di proyek AMP ini? Pada bagian pengenalan teknis, AMP HTML akan diperkenal terhadap mereka yang baru bergabung. Tersedia bagian Technical Introduction, sebuah tempat yang bagus untuk memulai pembelajaran. Di sana terdapat banyak informasi mendasar tentang proyek AMP serta seperti apa cara kerja AMP HTML. Kunjungi halaman ini: https://www.ampproject.org/docs/get_started/about-amp.html

Tutorial HTML AMP

Membutuhkan tutorial tentang AMP HTML dan bagaimana cara membuat file AMP? Ada banyak tutorial yang akan mengajari Anda membuat sebuah halaman AMP paling dasar sekali. Anda di sana akan bisa mencobanya, melakukan test dan bersiap untuk melakukan publikasi. Kunjungi halaman ini: https://www.ampproject.org/docs/get_started/create_page.html

Accelerated Mobile Pages Projects

Ingin lebih tahu mendalam soal HTML AMP? Kunjungi bagian ini: https://www.github.com/ampproject/amphtml. Di halaman tersebut Anda akan banyak menemui kode sumber atau source code, contoh-contoh kode HTML AMP, tulisan-tulisan yang mendetail, dan sebagainya.

Kesimpulan tentang Accelerated Mobile Pages Projects

Masih belum jelas tentang proyek AMP ini? Baiklah ini kesimpulannya.

Banyak orang frustasi karena lambatnya akses internet dari perangkat mobile. Proyek Accelerated Mobile Pages (AMP) ini adalah sebuah inisiatif yang terbuka, siapa saja boleh bergabung guna melahirkan teknologi yang mempercepat akses internet dari semua perangkat mobile.

Informasi lebih lanjut tentang proyek Accelerated Mobile Pages (AMP) ini, silahkan menuju ke sini: https://www.ampproject.org/

AMP membuat akses internet menjadi instan dari mana saja, demikian slogan dari proyek tersebut.

Referensi:

  1. https://googleblog.blogspot.co.id
  2. https://www.ampproject.org/
  3. https://en.wikipedia.org