Anak-anak perempuan mengerjakan tugas rumahan 160 juta jam lebih banyak

Anak-anak perempuan mengerjakan tugas rumahan 160 juta jam lebih banyak

Ternyata anak-anak perempuan mengerjakan tugas rumahan 160 juta jam lebih banyak. Itu artinya 40 persen lebih banyak pekerjaan rumahan yang harus ditanggung anak-anak perempuan di banding anak-anak laki-laki. Fakta ini mungkin sedikit mengejutkan.  Pekerjaan rumahan yang dimaksud adalah bukan pekerjaan komersil. 

Angka 40 persen itu setara dengan 160 juta jam atau bahkan lebih lama bagi banyak anak-anak perempuan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumahan mereka. Di beberapa negara angka tersebut bisa jadi lebih tinggi lagi.

Sebuah laporan terbaru dari UNICEF, sebuah badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk masalah anak-anak menyoroti disparitas / kesenjangan tersebut.

Anju Malhotra dari UNICEF menyebutkan bahwa banyak anak-anak perempuan yang harus meninggalkan kesempatan berharga mereka untuk belajar, tumbuh dewasa, dan menikmati masa kanak-kanak. Lebih lanjut Malhotra menambahkan bahwa ketimpangan pembagian tugas di antara anak-anak ini juga melanggengkan stereotip gender dan melipatkan-gandakan beban pada wanita dan anak-anak dari generasi ke generasi.

Kebanyakan pekerjaan yang dilakukan oleh anak-anak perempuan adalah pekerjaan yang bersifat kasar dan menuntut fisik. Dua pertiga dari anak-anak perempuan melakukan pekerjaan memasak dan bersih-bersih rumah, sementara itu separuh dari anak-anak perempuan mengumpulkan kayu bakar dan mencari air. Mereka juga menghabiskan banyak waktu untuk mengurus anak-anak yang lebih kecil juga mengurus anggota keluarga yang sudah lanjut usia.

Negara dengan anak-anak perempuan mengerjakan pekerjaan rumahan terlama adalah Somalia. Di Somalia anak-anak perempuan berumur 10 hingga 14 tahun menghabiskan 26 jam dalam sepekan untuk mengerjakan pekerjaan rumahan.

Laporan yang dirilis oleh UNICEF ini bertepatan dengan hari Anak Perempuan Internasional yang diselenggarakan oleh PBB yang jatuh pada tanggal 11 Oktober.

UNICEF mengatakan bahwa mengukur tantangan yang dihadapi perempuan dan menjadikan pekerjaan dan tantangan bagi mereka lebih berkualitas adalah langkah penting pertama menuju pemenuhan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada kesetaraan gender dan agar menghilangkan permasalahan yang menghadang pada masa depan 1,1 milyar perempuan di dunia. Selengkapnya silahkan mengunjungi: https://www.dayofthegirl.org.

Informasi Anak-anak perempuan mengerjakan tugas rumahan 160 juta jam lebih banyak di atas bersumber dari:

One Comment

  1. Angela Pearce

    Sangat menghawatirkan, seharusnya anak kecil belajar dan bermain namun kenyataan sebaliknya

Leave a Reply

Butuh bantuan Download dan Info Lengkap?