Cara Mendapatkan 2 Pin BB Satu Smartphone Android
February 14, 2015
Tutorial Cara Aman Selamatkan Android dari Virus Nakal
February 23, 2015

Aplikasi Android Aksara Jawa Hanacaraka

Aplikasi Android Aksara Jawa Hanacaraka. Demi melestarikan aksara Jawa, seorang guru di kabupaten Bantul, menciptakan sebuah aplikasi aksara Jawa untuk ponsel pintar berbasis sistem operasi Android. Aplikasi aksara Jawa ini dapat digunakan untuk percakapan di beberapa aplikasi Android seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger, dan SMS.

Aplikasi Android Aksara Jawa Hanacaraka ini d kembangkan oleh seorang guru bernama Setyo Amrih Prasojo. Guru inovatif ini hanya berniat melestarikan aksara Jawa yang kian hari mulai tak diminati generasi muda. Dengan menggunakan aplikasi itu, nantinya pelajar SD, SMP maupun SMA bisa belajar aksara Jawa sekaligus melestarikannya.

Aplikasi Android Aksara Jawa Hanacaraka

Aplikasi Android Aksara Jawa Hanacaraka

Aplikasi aksara Jawa untuk sistem operesi di komputer memang sudah berkembang akan tetapi tak ada yang mencobanya di ponsel pintar yang menggunakan sistem Android.

Di era IT sekarang ini pelajar sudah begitu dekat dengan aneka perangkat teknologi, termasuk berbagai jejaring sosial maupun aplikasi messenger yang ada di operating system Android. Sebab itulah, pak guru Amrih ini mulai berpikir untuk mengembangkan huruf “Ha Na Ca Ra Ka” ke dalam Android.

Guru inovatif ini menerapkan pembelajaran aksara Jawa kepada para siswanya di SMA Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau dibantu oleh puluhan guru mata pelajaran bahasa Jawa di kabupaten Bantul dan hasilnya, kata dia, banyak siswa yang tertarik untuk belajar dengan aplikasi itu.

Menurut pak Amrih aplikasi tersebut sebagai media pembelajaran saja. Dan walhasil kini anak-anak menjadi lebih tertarik dalam belajar bahasa Jawa.

Para siswa bisa belajar aksara Jawa Hanacaraka di mana dan kapan saja melalui media komputer dan jaringan internet. Atau bisa mempelajarinya via social media seperti Facebook atau melalui smartphone Android dengan mengunduh aplikasinya di web pribadi milik beliau.

Agar dapat menggunakan aplikasi ini pengguna harus sudah memiliki sistem operasi Android minimal dan harus memiliki ICS versi Kitkat. Kemudian disertakan proses root menggunakan Android Framaroot yang dapat diunduh di Playstore.

Bila tidak berhasil kata pak Amrih, dapat menggunakan komputer dengan menggunakan applikasi Kingo Root. Beliau memaparkan apabila jika sudah di-root, kemudian silahkan kembali ke playstore untuk mendownload font dan setingan keyboard multi bahasa. Jika proses instal telah selesai, maka hanya tinggal mendownload saja font Bahasa Jawa yang ada.

Para pengguna bisa menulis kalimat apa pun seperti biasa. Akan tetapi uniknya yang tampil di layar adalah huruf hanacaraka atau aksara Jawa. Kemudian Pengguna juga dapat mengetikan huruf Jawa ketika mengirimkan pesan singkat(SMS) atau posting teks melalui Facebook.

Kata pak Amrih, pada dasarnya aplikasi aksara Jawa di komputer dan Android adalah hasil kreasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, Arief Budiyanto. Akan tetapi kemudian pada perjalanannya aplikasi bahasa itu dikembangkan oleh para guru bahasa Jawa tingkat SMA di Bantul. Mereka para guru yakin bahwa jika dengan menggunakan teknologi itu, para siswa akan semakin bersemangat belajar membaca dan menulis aksara Jawa.

Walau aplikasi aksara Jawa sudah dapat didownload di smartphone dapat digunakan untuk percakapan di WhatsApp, BBM, dan sosmed lainya. Hingga kini, pak Amrih belum berniat menyebar-luaskan aplikasinya itu. Padahal jika disebarkan maka akan banyak para guru bahasa Jawa yang bisa turut serta dalam penyebaran font ini.

Demikianlah info seputar Aplikasi Android Aksara Jawa Hanacaraka. Sumber: liputan6 dan tribunjogja.