10 Pengembang Top Aplikasi Android
May 16, 2014
Microsoft Next untuk Android
February 10, 2015

Aplikasi Android Kamus Bahasa Banyuwangi

Aplikasi global untuk kearifan lokal. Mungkin kata yg cocok untuk sebuah karya anak bangsa yang kembali berkarya di dunia Teknologi. Kali ini tiim peneliti dari fakultas Teknik Informatika Poliwangi Banyuwangi telah berhasil membuat aplikasi kamus digital bahasa lokal. Aplikasi Android Kamus Bahasa Banyuwangi. Using itulah nama yang diberikan pada aplikasi kamus digital. Aplikasi Using bisa diakses melalui web dan OS Android.

Aplikasi Android Kamus Bahasa Banyuwangi

Aplikasi Android Kamus Bahasa Banyuwangi

Ketua tim peneliti I Eka Mistiko Rini, mengkatakan  aplikasi ini sengaja dibuat untuk mempermudah Generasi  muda mempelajari bahasa Using sebagai bahasa asli kabupaten Banyuwangi.

“Saya yakin banyak anak muda Banyuwangi yang melek TI. Mereka tentunya akan bangga jika menemukan bahasa daerah mereka di aplikasi Android atau website. Dan ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan bahasa lokal di Kabupaten Banyuwangi,” ungkap Eka kepada Kompas.com.

Dalam ekpedisi ini , tim peneliti tersebut juga melibatkan dua dosen jurusan Tekhnik Informatika Poliwangi Banyuwangi, ialah Muhammad Fuad Al Haris dan Devit Suwardiyanto. Proyek tersebut juga melibatkan mahasiswa untuk memasukkan data.

“Dalam tim kerja  ini melibatkan sekitar 120 mahasiswa karena inline dengan mata kuliah yang ada. Setiap mahasiswa memasukkan sekitar 50 kata bahasa Using ,” imbuhnya .

Untuk saat ini sudah ada 25.000 kosa kata dalam bahasa Using yang masuk dalam kamus digital.  Sementara itu, menurut Eka kamus tersebut masih dari Bahasa Using ke Bahasa Indonesia belum ke bahasa internasional .

“Kami akan kembangkan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Using. Termasuk juga menambah kosata kata baru yang ada,” jelasnya.

Untuk kosa kata dalam kamus digital tersebut di dapatkan dari Kamus Bahasa Using – Banyuwangi karya Hasan Ali dalam bentuk soft copy yang di adopsi dari salah satu budayawan Banyuwangi, Hasan Basri.

Muhammad Fuad Al Haris, salah satu anggota tim mengungkapkan pihaknya juga mendiskusikan dengan ahli bahasa Using sebab dalam kamus tersebut bukan hanya sekadar mengartikan bahasa Using ke bahasa Indonesia akan tetapi juga bagaimana menuliskan dan pengucapannya.

“Pengembangannya nanti jika klik bisa langsung mengeluarkan voice. Jadi bukan hanya teksnya saja karena tulisan dan pengucapannya berbeda.” katanya.

Untuk web berdomain, pihaknya mengeluarkan biaya sebesar Rp 500.000 sedangkan untuk hosting menggunakan fasilitas kampus Poliwangi. “Untuk server tidak berbatas karena menggunakan milik kampus. Jadi mau ditambah berapa banyak kosa kata pun masih sangat mampu,” katanya .

Beliau mengakui bahwa timnya membutuhkan waktu sekitar empat bulan untuk menyelesaikan kamus digital Bahasa Using tersebut dan waktu terbanyak digunakan untuk observasi dan memasukkan data kata per kata untuk di terjemahkan .

Sudah  ratusan orang yang mengunduh aplikasi tersebut melalui smartphone Android. Untuk pengguna Android yang menginginkan aplikasi Using tinggal download di Google Play dengan kata kunci ‘banyuwangi’ atau ‘poliwangi’.

Akan tetapi ketika admin dari kompas tekno mencoba mengunduh aplikasi tersebut dari Google Play, ternyata masih ada kendala error.

Meski demikian pengguna Android masih bisa menikmati aplikasi bahasa digital ini dalam versi web. Aplikasi  digunakan secara gratis pengguna dapat mengunjungi laman https://kamus.using.id.

Sumber: tekno.kompas.com/