Aplikasi Cat Epoxy Coating Lantai dan Cara Menentukan Ketebalannya

Cara Mengaplikasikan Epoxy Lantai atau Epoxy Flooring
Cara Mengaplikasikan Epoxy Lantai atau Epoxy Flooring Bagaimanakah?
July 27, 2016
Mengapa Epoxy Lantai Mahal
Mengapa Epoxy Lantai Mahal Inilah Penyebabnya
August 23, 2016

Bagaimana Aplikasi Cat Epoxy Coating Lantai dan cara menentukan ketebalannya? Bagaimana cara menentukan ketebalan Epoxy? Sebelum mengaplikasikan epoxy pada lantai, sebaiknya Anda mengetahui ketentuan ketebalan cat epoxy lantai.

Pahamilah jenis-jenis cat epoxy, warna, produk dan sebagainya. Inilah cara menentukan ketebalan epoxy lantai. Dalam menentukan ketebalan pelapisan epoxy, terutama epoxy lantai, Anda harus mengetahui perbedaan area-area dari tingkat lalu lintas / trafficnya. Beda area atau beda lantai pada suatu ruangan, berbeda pula tingkat ketebalan aplikasi epoxy coatingnya.

Aplikasi Cat Epoxy Coating Lantai dan Cara Menentukan Ketebalannya

Inilah 4 jenis area dilihat dari jumlah lalu lintas beban yang melaluinya serta berapa ketebalan pelapisan epoxy yang secara standar harus diaplikasikan.

1. Area Low Traffic

Area low traffic adalah lantai dengan lalu lintas rendah. Pada lantai ini jarang sekali dilalui orang ataupun kendaraan. Ketebalan lapisan epoxy pada area low traffic adalah 300 s/d 350 micron. Area low traffic biasanya lantai pada ruangan panel, ruangan gender, plavon, wall coating, are produksi pabrik, dan lain sebagainya.

2. Area Medium Traffic

Are poxy medium traffi atau area dengan lalu lintas sedang adalah area untuk pejalan kaki dan kendaraan kecil. Pada area ini aplikasi epoxynya adalah 500 micron.

Tempat-tempat dengan medium traffic biasanya adalah lantai pada ruangan produksi, lantai laboratorium, lantai showroom, bengkel, supermarket, rumah sakit, area pedestrian di pabrik, lantai rumah tinggal, area dapur, kantor, meeting room, laundry dan garasi rumah pribadi.

3. Area High Traffic

Pada area ini aplikasi epoxy adalah dengan ketebalan 1000 micron mengingat lalu lintas berat yang melalui area ini adalah pejalan kaki dengan jumlah dan frekuensi yang tinggi, kendaraan kecil maupun besar.

Area high traffic yang menghendaki ketebalan aplikasi epoxy hingga 1000 micron di antaranya adalah koridor, perkantoran, lantai kolam renang, gudang kimia, ruang gudang farmasi dan obat, ruang operasi, freezer, aula, ballroom, basement parkir, gudang dan lantai pabrik, dan sebagainya.

4. Area Full Traffic

2000 hingga 3000 micron ketebalan pelapisan epoxy sangat dibutuhkan pada area-area dengan lalu lintas sangat berat seperti kendaraan berat, dan sebagainya. Area ini misalnya gudang dan pabrik.

Jenis dan Kategori Epoxy

Setelah Anda mengetahui aplikasi Cat Epoxy coating lantai dan cara menentukan ketebalannya, maka inilah kategori dan jenis pelapisan epoxy

  1. Epoxy Coating dengan ketebalan Aplikasi 300 hingga 500 micron.

  2. Eoxy Lantai Self Levelling berketebalan 1000 s/d 3000 micron lebih.

  3. Epoxy Mortar dengan ketebalan 2 hingga 5 mili meter atau lebih.

  4. Epoxy Multilayer, untuk 1 hingga 3 layer maka dibtuhkan 3 hingga 5 mm lapisan epoxy

  5. Epoxy Injection. Epoxy Injection dihitung dari tingkat keretakkan setiap titik areanya.

  6. Grouting Semen Base.

  7. Fyuretan Coating atau pelapis epoxy yang dipasang untuk mengurangi goresan dari benda tajam, pasir, debu dan kontaminasi zat kimia.

  8. Fibermeet atau Epoxy Water Proofing yang merupakan pelapisan epoxy yang terdiri atas resin epoxy, hardener, thinner dan fibermeet.

  9. Epoxy Seal Coating, Aplikasi Epoxy ini biasanya membutuhkan ketebalan hingga 500 micron. Area Epoxy Seal Coating biasanya outdoor seperti lapangan tennis, futsal, voli, dan badminton.

Apakah Anda sedang merencanakan aplikasi coating untuk area Anda? Anda tidak menemukan area Anda pada daftar di atas?

Silahkan menghubungi PT Nikifour, kontraktor pengerjaan epoxy lantai dan epoxy coating. Nikifour akan membantu menentukan ketebalan aplikasi yang sesuai untuk area Anda. Konsultasikan kebutuhan epoxy coating Anda dengan Nikifour Karawang.

Demikianlah bagaimana cara aplikasi cat Epoxy Coating lantai dan cara menentukan ketebalannya. Jangan salah dalam menentukan ketebalan penggunaan epoxy coating. Kesalahan penentuan ketebalan lapisan epoxy coating akan menyebabkan keawetan yang kurang, umur dan daya tahan.

Epoxy Lantai atau Epoxy Flooring terbaik di kelas projectnya? hubungi Nikifour Karawang. Nikifour adalah perusahaan dengan badan hukum PT sebagai kontraktor epoxy coating Karawang Suryacipta KIIC Galuh Mas hingga Jababeka di Bekasi.

PT Nikifour Karawang berpengalaman dalam mengerjakan dan mengaplikasikan Epoxy Flooring atau Epoxy Lantai sesuai kebutuhan Anda. Hubungi telpon: (0267) 8632104 – 8632105 atau faksimile: (0267) 8451587. Kunjungi website Nikifour: https://nikifour.co.id.