Kopi Murahan Trik Promosi Beli Dua Gratis Satu
September 5, 2012
9 Alasan Mengapa Sambel Pecel Ibu Sartinah Semarang Sangat Lezat
9 Alasan Mengapa Sambel Pecel Ibu Sartinah Semarang Sangat Lezat
December 6, 2016

Ayam Cemani Goreng

Ayam cemani goreng

Ingin tahu bagaimana lezatnya ayam cemani goreng? Beli ayam cemani, lalu masak sesuai selera. Bagi Anda yang belum tahu apa itu ayam cemani, ayam cemani adalah ayam dengan warna hitam pada hampir semua tubuhnya, bulunya, warna jenggernya, warna kulitnya, warna paruhnya, retina matanya, bahkan darah lebih merah pekat gelap dan daginnya juga agak kehitam-hitaman. Lebih lengkap coba tengok di mari: Ayam Cemani di Wikipedia.

Bagi sebagian orang, ayam cemani memiliki kelebihan dari kacamata mistik. Mungkin Anda bisa googling dan akan banyak menemukan ayam cemani digunakan untuk ritual tertentu. Sebagian orang menyukai ayam cemani karena nilai estetika serba hitam yang memang benar-benar unik.

Bagaimana rasanya ayam Cemani goreng

Nah, mungkin aneh ketika banyak orang menganggap ayam cemani bukanlah masuk ke dalam kategori konsumsi sehari-hari mengingat nilai “lainnya” itu, maka tidak dengan saya.

Memotong ayam cemani bisa saja dengan memotong domba garut kelas aduan, atau memotong burung perkutut untuk disayur.

Ayam cemani goreng yang akan saya bagikan ceritanya ini memang benar-benar nyata. Kenapa sampai saya jadikan bahan tulisan di blog ini, juga karena kejadian yang unik.

Apa ya yang tepat untuk membuat artikel ini? Ayam cemani goreng, ayam goreng cemani atau cemani fried chicken? Terserah. Yang jelas beberapa waktu lalu, istri saya yang biasanya membeli ayam kampung dari pedang keliling yang biasanya lewat di kompleks saya, dibelilah seekor ayam.

Dimasaklah itu ayam sebagai mana biasanya. Perlu anda ketahui, masakah istri saya, menurut lidah saya memang benar-benar sesuai dengan selera saya. Ini bukan sedang “berbohong yang diperbolehkan” ketika memuji masakan istri. Dalam arti sebenarnya, memang masakan istri saya enak, meski ibu saya jika membuat masakan apa saja, masih lebih enak.

Sore harinya, sesampai saya di rumah, terhidanglah daging ayam. Sambil bercerita tentang ayam yang dibelinya kok warnanya agak gelap dan tetanggga yang ngomong jika itu ayam adalah ayam mahal, saya hanya heran, kok dijual seharga ayam kampung?

Ternyata penjualnya juga tidak tahu dan istri saya menang berniat membeli ayam kampung saja. Dan jadilah ayam cemani goreng.

Rasanya luar biasa. Tidak perlulah dibeberkan bumbu dan cara memasaknya. Bahan berkualitas, sesederhana apapun cara masaknya, pasti rasanya tetap enak, apalagi yang masak memang tahu cara masak ayam goreng. Saya jadi inget jaman masih lajang dulu dan ada teman yang berkunjung membawa sekantong kresek besar udang laut dari muara gembong. Hanya direbus dan dimakan dengan garam, rasanya sedap betul.

Berikut ini penampakannya, ayam goreng cemani ala istri saya.

Ayam cemani goreng

Bagaimana rasa hidangan daging ayam cemani goreng? Lebih gurih, tekstur daginya, seratnya, tinggi. Yang jelas lebih enak dari ayam kampung biasa. Kapan lagi bisa makan ayam cemani goreng?

Ayam cemani goreng

Semoga saja masih ada yang menjual ayam cemani dengan harga bukan sebagai ayam klenik mistik khusus ritual tertentu.

Ayam cemani goreng