Perbedaan Hasil Pencarian Organik dan Berbayar
Perbedaan Hasil Pencarian Organik dan Berbayar
April 6, 2016
Facebook Mengalahkan Twitter Di Pertumbuhan
Kini Facebook Mengalahkan Twitter Di Pertumbuhan Pengguna dan Pendapatan
July 28, 2016

Bagaimana Cara Mesin Pencari Mengolah Data

Bagaimana Cara Mesin Pencari Mengolah Data

Apakah Anda ingin mengetahui bagaimana caranya mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Ask.com, dan Bing mengumpulkan dan meng-organisasi data mereka dengan begitu cepat? Itulah keajaiban teknologi. Yuk kita simak penjelasan singkat berikut.

Pertama-tama, mesin pencari perlu mengumpulkan data. Proses otomatis tersebut dikenal dengan istilah spidering. Mesin pencari kemudian merayapi Internet, mengumpulkan data-data berupa halaman-halaman website lallu meng-unggah-nya ke server mereka. Google menyebut laba-laba mereka sebagai Googlebot; Anda bisa menyebutnya sebagai laba-laba, robot, bot, atau crawler. Apapun nama prosesnya, robot Google berfungsi menambang sebanyak mungkin data-data mentah-mentah dan melakukannya terus menerus. Inilah sebabnya mengapa perubahan dari situs Web Anda dapat dilihat dalam satu hari di mesin pencari. Pun bisa juga perubahan web Anda bisa terlihat di hasil pencarian dalam beberapa hari hingga berminggu-minggu. Itu tergantung hasil crawling mesin pencari.

Bagaimana Cara Mesin Pencari Mengolah Data

Gambar dari: https://olmaweblinkdirectory.com/

Pada langkah kedua, mesin pencari harus meng-indeks data untuk membuatnya dapat digunakan. Untuk setiap permintaan yang dilakukan oleh pengguna, mesin pencari menerapkan algoritma untuk menentukan daftar hasil pencarian yang akan ditampilkan. Algoritma yang digunakan sebuah mesin pencari mungkin sederhana, tapi bisa juga berlapis-lapis dan rumit.

Di sebuah konferensi industri, perwakilan Google pernah mengatakan bahwa algoritma mereka menganalisis lebih dari 200 variabel. Variabel itu digunakan dalam membuat peringkat pencarian untuk query yang diketik pengguna.

Anda mungkin ingin tahu variabel apa sajakah yang digunakan Google. Tentu saja itu adalah resep rahasia Google dan Google tidak akan membeberkan-nya secara langsung. Karena itulah, menerka-nerka resep teknologi pencarian Google adalah salah satu tantangan dalam SEO (Search Engine Optimization). Akan tetapi, dengan bermacam faktor, Anda bisa melakukan perhitungan tertentu terhadap Algoritma Google, dan juga algoritma mesin pencari lain seperti Yahoo!, Bing, dan sebagainya.

Anda bisa mendesain dan merancang sebuah situs Web agar mendapat perhatian dari semua mesin pencari. Tidak perlu ambil pusing terhadap Algoritma yang mana dan mesin pencari yang mana.

Jika SEO di-ibaratkan sebuah mesin, maka mengetahui Algoritma mesin-mesin pencari adalah seperti pasangan mur dan baut yang mengaitkan dan mengencangkan setiap bagian dari mesin tersebut.

Demikianlah gambaran singkat mengenai cara mesin pencari mengolah data. Mempunyai website saja tidak cukup. Web Anda harus dirancang agar spider bot sempurna mengindeks. Itu adalah teknik SEO. Butuh jasa SEO untuk bisnis dan perusahaan Anda? Hubungi penulis artikel ini.

Sumber informasi lebih banyak tentang bagaimana cara mesin pencari mengolah data, silahkan lihat web-web beriktu ini: