Bagaimana Epoxy Lantai Bisa Memperindah Lantai Bangunan?

Rumah Hunian Minimalis Menggunakan Konstruksi Atap Datar
Bagaimana Rumah Hunian Minimalis Menggunakan Konstruksi Atap Datar
December 9, 2016
Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016
15 Hasil Jepretan Finalis Penghargaan Fotografer Seni Bangunan 2016
December 24, 2016

Bagaimana Epoxy Lantai Bisa Memperindah Lantai Bangunan?

Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan

Bagaimana epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan? Inilah penjabaran lengkap dari PT Nikifour sebagai kontraktor epoxy lantai Karawang. Epoxy lantai merupakan sebutan untuk lantai yang diaplikasikan cat lantai atau yang biasa dikenal juga dengan epoxy floor coating. Epoxy lantai atau epoxy floor adalah kombinasi dari resin yang kemudian direaksikan dengan pengeras zat kimia yang kuat dan menempel erat pada lantai beton, kayu, keramik, atau metal. Cara ini dapat diaplikasikan pada lantai kantor, pabrik, industri makanan, rumah sakit, industri farmasi, industri kosmetik, supermarket, dan industri – industri yang lainnya.

Lantai yang menggunakan epoxy floor coating akan terlihat lebih bersih, dan tidak ada garis sambungan seperti pada lantai keramik, sehingga terlihat lebih indah, kokoh, dan jug cantik. Epoxy floor coating merupakan salah satu standar dari suatu perusahaan yang bergerak dalam industri – industri agar mendapatkan kualitas dari lantai yang bersih, higienis, bebas dari bakteri, dan juga steril. Pada umumnya epoxy floor coating digunakan untuk industri – industri makanan, farmasi, rumah sakit, dan lainnya. Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan.

Keuntungan Menggunakan Epoxy Lantai Coating

Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan

Epoxy lantai coating mempunyai sifat fisik yang keras, tahan lama pada berbagai pemakaian baik untuk kebutuhan industri maupun komersial. Coating lantai atau pelapis lantai ini bida diaplikasikan pada berbagai permukaan yang berbeda – beda, akan tetapi pengecatan epoxy lantai coating pada lantai beton akan lebih memberikan kualitas yang lebih tinggi dan membuat permukaan lantai lebih menarik. Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan.

Dalam menggunakan epoxy lantai coating akan memberikan berbagai keuntungan pada lantai beton anda. Salah satu keuntungan yang akan anda dapatkan adalah dengan menggunakan epoxy lantai coating akan memberikan tampilan lantai yang mengkilap dan dengan kualitas gloss yang tinggi tentunya, selain itu dari fisiknya yang kuat dan juga mempunyai sifat anti gores yang sangat baik, permukaan lantainya yang tahan lama, dan juga sangat kuat untuk bisa menahan beban yang berat. Keuntungan lainnya yang dapat anda dapatkan adalah dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan.

Nikifour: Our Office and Workshop

Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01/06,  Kel. Tunggak- Jati. Kec. Karawang Barat, Karawang – Jawa Barat, Indonesia 41351. Telp : (0267) 8401784, (0267) 8632104, (0267) 8632105, – Fax: (0267) 8451587

Untuk proses aplikasi dari epoxy lantai coating ini sangat cepat dan tidak memerlukan waktu lama, namun hasil yang didapatkan akan tahan lama dan mudah dibersihkan. Sebab keuntungan – keuntungan yang didapatkan dari penggunaan epoxy lantai coating ini sangat banyak, sehingga penggunaan epoxy lantai coating dapat dijadikan solusi yang sangat tepat untuk bisa memenuhi kebutuhan untuk pelapisan lantai dalam berbagai situasi.

Epoxy Lantai Bisa Memperindah Lantai Bangunan

Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan

Lantai yang sudah dilapisi dengan cat epoxy lantai akan memberikan tingkat ketahanan yang lebih pada lantai anda, seperti ketahanan pada zat – zat kimia yang ada pada pabrik – pabrik, gudang, atau industri lainnya. Epoxy lantai coating juga memberikan tingkat keselamatan pada permukaan yang notabene sering dilalui oleh orang – orang, hal ini dikarenakan epoxy lantai coating memiliki jenis anti slip yang sangat baik untuk menjaga keselamatan sebab permukaannya yang tidak licin. Meskipun permukaan lantainya tidak licin, tetap memberikan kesan yang menarik dengan dihadirkan nya berbagai pilihan warna yang menarik. Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan.

Jenis Epoxy Lantai Coating

Epoxy lantai coating ini merupakan pelapis lantai yang tahan lama dan pemasangannya juga sangat fleksibel. Pelapis lantai ini bisa diaplikasikan pada lantai industri karena dapat menutup lantai secara efektif. Dalam memilih epoxy lantai coating sebaiknya menentukan terlebih dahulu keuntungan dan juga kerugian yang diperoleh nantinya. Epoxy lantai coating dikategorikan berdasarkan jenis epoxy yang dicampur dengan cairan. Berikut merupakan 3 jenis epoxy lantai coating:

1. Solvent Borne Epoxy

Solvent borne epoxy merupakan jenis epoxy yang pertama kali digunakan jauh dari epoxy jenis lainnya digunakan, dan epoxy ini merupakan jenis tradisional dan sudah digunakan sejak zaman dahulu. Larutan epoxy akan dicampur dengan senyawa organik yang jumlahnya relatif lebih banyak, dan pada akhirnya akan mengering kemudian menguap. Ketika epoxy akan digunakan akan meninggalkan lapisan yang sangat keras pada lantai. Solven borne epoxy memiliki keuntungan yang sangat banyak, seperti halnya pada kemampuan dalam menerapkan lapisan tipis pada permukaan. Solvent borne epoxy asap dalam penguapan nya bisa meracuni banyak orang yang menghirup asapnya dan juga mudah terbakar, sehingga anda perlu mempertimbangkan dalam menggunakan solvent borne epoxy. Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan.

2. Waterborne Epoxy

Waterborne epoxy ini cara mengaplikasikannya menggunakan media air. Sesuai dengan namanya epoxy jenis ini bisa larut dalam air dan menggunakan media air untuk pembawa utama, bukan menjadi pelarut. Sehingga hal ini memudahkan dalam aplikasi tebal tipis epoxy lantainya. Selain itu untuk membersihkannya cukup menggunakan air. Epoxy jenis ini digunakan terutama pada jenis beton, sebab pada dasarnya epoxy waterproof digunakan untuk epoxy lantai beton. Meskipun menggunakan media air, namun epoxy ini tidak aman digunakan dan tidak baik untuk lingkungan. Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan.

3. 100% Padat Epoxy

Jenis epoxy ini merupakan hasil dari inovasi baru dan sama sekali tidak menggunakan cairan cair di dalamnya dan hanya menggunakan bahan epoxy. Seperti namanya, epoxy 100% padat ini sulit digunakan untuk aplikasi pada lantai jika dibandingkan dengan epoxy yang menggunakan bahan utama cairan. Sebab tidak menggunakan cairan sama sekali dan hanya menggunakan bahan padat, maka dalam pengerjaan nya juga membutuhkan tenaga yang lebih besar. Selain itu juga tidak dapat mengukur tebal dan tipisnya. Sehingga jika anda ingin menggunakan epoxy jenis ini anda harus mencobanya terlebih dahulu.

Manfaat epoxy lantai Coating

Epoxy coating selain untuk lantai ada juga epoxy dinding. Epoxy lantai coating digunakan untuk pengecatan beton dan digunakan pada industri – industri , pabrik, gudang, rumah sakit, dan yang lainnya, bahkan bisa juga untuk hunian atau rumah anda. banyaknya manfaat yang diperoleh dari penggunaan epoxy lantai coating ini membuat banyak orang mulai menggunakannya untuk hunian mereka.

Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan

Nah berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan epoxy coating lantai pada rumah atau bangunan lainnya:

1. Biaya Perawatan Minim

Untuk perawatan lantai yang dilapisi oleh epoxy biaya perawatannya cukup mudah dan murah. Hal ini dikarenakan lantai yang dilapisi epoxy ini mudah untuk dibersihkan dan tidak mudah kotor, sebab epoxy ini sudah dilapisi dengan zat anti kotor. Dengan menggunakan epoxy lantai maka lantai tidak akan mudah terkelupas sehingga lebih awet dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

2. Daya Tahan

Lantai yang dilapisi epoxy akan lebih tahan lama daripada lantai yang tidak dilapisi dengan epoxy. Sehingga hal ini memungkinkan untuk menghemat biaya. Selain itu lantai dengan menggunakan lapisan epoxy tidak akan mudah retak  yang disebabkan oleh pengaruh panas atau pada saat menahan beban yang berat yang dihasilkan oleh alat – alat industri yang notabene besar dan juga berat. Bukan hanya itu saja, lantai yang sudah dilapisi dengan lapisan epoxy juga akan tahan terhadap bahan – bahan kimia seperti asam sulfat, oli, dan lain – lain, dan pada saat bahan kimia itu tumpah ke lantai akan mudah dibersihkan dan tidak akan merembes ke lapisan bawah lantai dan tidak menimbulkan noda pada lantai.

3. Keselamatan

Lantai yang sudah dilapisi dengan epoxy lantai akan menjadi kuat, kesat, dan tidak licin. Sehingga dapat menjaga keselamatan terutama pada sebuah pabrik atau tempat industri yang notabene memiliki banyak karyawan atau pekerja. Dengan lantai yang sudah dilapisi epoxy lantai akan tahan terhadap genangan air maupun zat kimia yang tumpah ke lantai. Hal ini memungkinkan pekerjaan pada pabrik atau industri akan tetap berjalan lancar.

4. Menyerap Cahaya

Dengan menggunakan epoxy lantai coating, maka lantai akan lebih mengkilap. Hal ini dikarenakan epoxy lantai memiliki jenis yang glossy, dan tingkat glossy nya sangat tinggi. Lantai yang dilapisi dengan cat epoxy bisa menyerap cahaya lebih banyak sebab memiliki bahan dasar berupa minyak resin dan memiliki daya refleksi yang tinggi, sehingga dapat menangkap cahaya lebih banyak dan dapat menerangi ruangan. Dengan demikian maka akan menciptakan suasana tempat kerja yang lebih nyaman dan sangat cerah, dan memungkinkan para karyawan mendapatkan tempat kerja yang baik. Selain itu juga akan menurunkan kebutuhan terhadap penerangan, sehingga membuat tagihan listrik menjadi lebih hemat.

5. Kekuatan

Lantai yang dilapisi dengan epoxy akan lebih kuat jika dibandingkan dengan lantai yang tidak dilapisi dengan epoxy. Lantai dengan epoxy tidak akan mudah retak dan juga mampu menahan beban berat dari alat – alat industri atau pabrik yang notabene besar – besar dan sangat berat. Alat – alat pabrik tersebut sudah pasti membuat lantai retak dan bahkan rusak. Akan tetapi dengan menggunakan lapisan epoxy akan lebih kuat dan tahan terhadap benda – benda berat.

6. Mudah Dibersihkan

Lantai yang sudah dilapisi dengan cat epoxy akan mudah dibersihkan jika terkena noda ataupun kotoran yang lainnya. Hal ini dikarenakan setelah melalui pengecatan dengan lapisan epoxy maka pori – pori pada lantai beton akan tertutup sempurna sehingga membuat kotoran atau jenis noda lainnya tidak akan merembes dan menyebabkan bekas noda pada lantai.

7. Efisiensi Waktu

Dengan menggunakan epoxy lantai, maka proses aplikasinya akan lebih singkat dan lebih cepat. hal ini dikarenakan proses aplikasi tidak memakan waktu lama dan proses keringnya cat juga lebih cepat jika dibandingkan menggunakan keramik yang harus ditata satu persatu dan memerlukan waktu pengerjaan yang sangat lama.

8. Nilai Estetika

Cat epoxy lantai ini tersedia dengan berbagai macam warna yang cerah dan juga pola – pola yang menarik, hal ini membuat lantai akan lebih menarik dan cantik. Sehingga tidak membuat bosan yang berada di dalam ruangan tersebut, dan membuat orang yang ada di ruangan tersebut menjadi betah dan nyaman.

9. Tahan Zat Kimia

Lantai yang sudah menggunakan epoxy coating akan tahan terhadap zat kimia yang notabene kuat dan dapat merusak lantai serta menimbulkan noda. Sebab daya tahan terhadap zat kimia sangat tinggi, maka penggunaan lapisan epoxy ini sangat tepat jika digunakan untuk lantai pada pabrik – pabrik atau tempat industri lainnya yang notabene banyak pabrik maupun tempat industri yang menggunakan bahan – bahan kimia yang sangat kuat, selain itu juga minyak dan oli juga biasa digunakan pada pabrik – pabrik atau industri lainnya.

Hal Dasar Tentang Epoxy Lantai dan Epoxy Coating

Epoxy lantai merupakan salah satu solusi untuk memperindah dan memperkuat lantai. Epoxy lantai dan juga epoxy coating memiliki kegunaan yang sangat banyak dan penerapannya pun berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan dari masing – masing.

Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan

Diperlukan persiapan dan juga perencanaan yang matang untuk dapat menghasilkan epoxy lantai yang efektif. Berikut merupakan hal – hal dasar yang perlu diketahui untuk melakukan epoxy lantai dan epoxy coating:

Beda Epoxy Lantai dan Epoxy Coating

Pada epoxy lantai mempunyai ketebalannya 2 mm, sedangkan epoxy coating ketebalannya kurang dari 2 mm. Epoxy lantai menambahkan struktur lantai dan menjadi bagian dari lantai tersebut, sedangkan pada epoxy coating hanya membuat lapisan pelindung pada lantai.

Persiapan Permukaan

Sebelum melakukan epoxy lantai dan epoxy coating, maka harus mempersiapkan terlebih dahulu permukaan lantai. Sehingga apabila persiapan pada permukaan kurang baik maka hasilnya akan kurang baik dan bahkan bisa menyebabkan kegagalan. Hal ini disebabkan karena penguapan lantai yang nantinya akan membuat daya rekat tidak kuat. Dengan kurang baiknya dalam mempersiapkan permukaan lantai sebelum di epoxy akan membuat penguapan tinggi.  Sehingga persiapan permukaan sangat penting untuk dilakukan dengan benar.

Dapat Diterapkan Pada Bidang Keras

Epoxy lantai dan epoxy coating dapat diterapkan di segala bidang keras baik baja, keramik, beton, maupun vinyl. Hal ini disebabkan epoxy dapat mempunyai fungsi sebagai pelapis pelindung pada semua permukaan yang keras.

Epoxy Fleksibel Bisa Menjadi Lebih Kuat

Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan

Epoxy dengan jenis yang fleksibel akan lebih kuat jika dibandingkan dengan epoxy yang memiliki jenis yang kaku. Dalam hal ini yang dimaksud kuat adalah kuat terhadap abrasi.

Mempercantik Lantai

Epoxy lantai yang digunakan pada industri atau pabrik tidak akan mementingkan nilai estetikanya, melainkan lebih memperhatikan nilai kegunaannya yang notabene akan lebih kuat dan bisa menahan beban – beban berat. Akan tetapi berbeda halnya dengan epoxy lantai yang digunakan pada gedung perkantoran atau rumah – rumah yang lebih memperhatikan nilai estetika.  Hal ini dikarenakan epoxy lantai dapat dikombinasikan dengan berbagai warna dan juga efek yang dapat mempercantik lantai.

Bukan hanya itu saja, epoxy lantai juga bisa digunakan untuk desain 3D yang berfungsi untuk menghasilkan efek yang lebih nyata.

Dapat Dikombinasikan

Dengan menggunakan epoxy tidak ada batasannya. Epoxy bisa dikombinasikan juga dengan produk – produk yang lainnya. Seperti halnya pada lapisan anti licin yang bisa ditambahkan pada epoxy dan juga ditambah dengan butiran kuarsa. Sedangkan lapisan atas atau top coat dengan bahan urethane dapat dijadikan bagian penutup untuk menghasilkan permukaan yang lebih awet lagi.

Bisa Digunakan Untuk Outdoor

Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan. Epoxy lantai bukan hanya digunakan pada bagian dalam bangunan saja, akan tetapi bisa juga diaplikasikan diluar ruangan. Seperti halnya pada epoxy yang dikombinasikan dengan material kerikil akan membuat permukaan di luar rumah lebih awet dan juga menarik serta cantik.

Lebih Cepat Kering

Menggunakan lapisan epoxy untuk lantai tentunya tidak akan memakan waktu yang lama, mengingat cat epoxy akan lebih cepat kering jika dibandingkan dengan yang lainnya. Akan tetapi meskipun sudah kering dan terlihat keras diluar, lantai yang sudah dicat epoxy tidak bisa langsung digunakan, dan perlu menunggu selama 18 hingga 24 jam untuk bisa digunakan. Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan.

Untuk membuktikan epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan Anda, anda bisa mengandalkan pada jasa layanan kontraktor yang terpercaya. Epoxy lantai merupakan pengecatan lantai agar lebih menarik. Nikifour kontraktor epoxy lantai Karawangmenyediakan layanan epoxy lantai dengan berbagai merek, dari mulai pendempulan, pelapisan mortar, pelapisan awal cat, dan finishing baik itu coating atau SL. Apabila anda membutuhkan jasa epoxy lantai baik mulai awal atau perbaikan, anda bisa menghubungi nikifour kontraktor.

Save

Save

Save